Running A Business

5 Tips Mendapatkan Foto Produk Terbaik untuk Toko Online

 

   

Salah satu komponen terpenting dari kesuksesan toko online adalah adanya foto produk pada website toko online. Foto produk yang akan pertama kali dilihat oleh pengunjung sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk di toko online Anda. Ketika mereka menyukai foto produk yang dipajang, dan sudah diyakinkan dengan deskripsi produk yang jelas, maka mereka tidak akan lama berfikir untuk membeli produk Anda. Untuk itu foto produk sekalipun terlihat sangat sederhana, namun memiliki peranan yang sangat penting untuk suatu bisnis online. Dan berikut ini adalah 5 tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan foto produk terbaik bagi toko online.

1. Perhatikan pencahayaan

Untuk membuat sebuah tampilan produk yang menarik dan terlihat nyata salah satu caranya adanya dengan mengatur setiap pencahayaan yang digunakan. Pemotretan produk memang terlihat mudah, tapi saat hal kecil seperti pencahayaan diabaikan, maka kita tidak akan mendapatkan foto produk yang bagus. Pencahaan akan membantu kita menunjukkan banyak sisi dari produk dengan lebih jelas. Pengunjung website Anda juga akan lebih tertarik saat foto yang mereka lihat memiliki tampilan yang jelas dan resolusi yang bagus juga.

2. Keep it simple

Sekalipun Anda ingin produk Anda di tampilkan dengan cara terbaik, tapi ingat untuk tetap menjaga kesederhanaan dari foto tersebut. Keep it simple untuk setiap foto produk yang dibuat. Ada beberapa toko online yang ingin menampilkan foto produk mereka dengan sederhana tapi tetap elegant. Ini bisa mengkombinasikan antara jenis produk dan teknik fotografinya. Dan kita tahu masyarakat saat ini sedang menyukai hal yang sederhana tapi tetap simple, ada baiknya kita juga mengikuti hal tersebut dan terlebih dahulu mencari referensi bagaimana membuat foto produk yang sederhana tapi tetap elegant.

3. Tambahkan sedikit sentuhan menarik

Sederhana bukan berarti tidak membutuhkan perlengkapan atau tambahan bagi produk yang sedang difoto. Sesuaikan dengan tema jika ingin menambahkan beberapa accessories untuk produk yang hendak difoto. Pastikan tidak terlalu ramai antara jenis produk atau barang dengan warna yang digunakan. Anda bisa menggunakan bahan

4. Buatlah tambahan sendiri

Untuk tambahan atau properti yang Anda butuhkan untuk proses fotografi, Anda bisa membuatnya sendiri. Seperti tempat untuk mengambil gambar sebuah produk yang kecil, Anda bisa membuat sebuah balok berwarna putih dari kertas putih yang sedikit lebih tebal. Ini juga nantinya akan membantu Anda dalam mendapatkan pencahayaan yang baik. Saat Anda membuat tambahan atau properti ini sendiri, Anda bisa bebas berkreasi dan juga menghemat biaya.

5. Editing

Yang terakhir adalah editing. Sebuah foto yang kita lihat baik tentu saja tidak terlepas dari sebuah proses editing dari sang fotografer. Photoshop pun masih menjadi pilihan utama untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan harapan. Namun editing ini jangan dilakukan berlebihan. Editing yang terlalu berlebihan akan membuat keaslian bentuk atau warna produk menjadi hilang. Buatlah se natural mungkin editing foto produk yang Anda miliki. Setelah itu, Anda juga bisa menambahkan bookmark pada setiap foto produk Anda. Ini untuk menandakan bahwa foto tersebut memang asli milik toko online Anda dan tidak ada yang bisa menduplikasinya.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Menentukan Harga untuk Produk di Toko Online

5 Tips Sederhana Memilih Jasa Pembuatan Toko Online

10 Tips Desain Toko Online yang Bisa Menjual

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *