Technology

10 Aplikasi Gratis untuk Kemampuan Menggambar Anda

 
  • 48
    Shares

   

Menggambar atau membuat suatu sketsa biasanya memerlukan secarik kertas dan sebuah pensil. Namun saat ini sudah ada aplikasi secara online ataupun offline yang digunakan untuk membuat atau menciptakan suatu gambar yang indah. Jika offline kita sudah mengenal yang namanya Adobe Photoshop. Berikut ini 10 aplikasi online gratis yang berfungsi untuk membuat gambar terbaik :

1. Sketchpad

1

Sketchpad adalah aplikasi gambar berbasis web dan dibangun dengan HTML5. Sketchpad menggabungkan efek WebGL dengan editing vektor. Sketchpad bisa dikatakan sangat lengkap, karena aplikasi ini dapat membuat hampir semua gambar yang anda inginkan. Untuk mengaplikasikannya juga sangat sederhana, anda tinggal memilih icon – iconnya dibagian kanan atas, dan program akan menampilkan gambar anda dalam bentuk .PNG yang kemudian dapat disimpan.

Alat gambar termasuk teks, kuas, shape, pensil, warna, spirograph, penghapus, dan lain sebagainya sudah tersedia di sini. Sketchpad juga mendukung pembentukan gradien dan palet history memungkinkan anda untuk meninjau revisi sebelumnya. Anda bisa mengunjungi mudcu.be/sketchpad untuk mencoba aplikasi ini.

2. PencilApp

2

PencilApp adalah aplikasi menggambar yang baru saja dirillis. Aplikasi ini sangatlah sederhana, aplikasi pensil ini berbasis web yang memiliki kemampuan untuk membuat sketsa dengan mudah dan cepat. Fitur yang disediakan sangatlah minimalis, hanya ada pensil, penghapus dan teks. Anda bisa mengubah ukuran teks dan memilih salah satu dari lima warna yang telah ditentukan.

Meskipun tidak ada perintah untuk pembatalan atau undo, namun anda dapat memilih alat penghapus dan mengedit sesuatu yang telah anda buat. Fungsi penyimpanan memungkinkan anda untuk menyimpan gambar yang telah anda buat. PencilApp dibangun dengan menggunakan HTML5, CSS3 dan Jquery (Plugin jqScribble).

3. AWW

3

AWW (A Whiteboard Web) adalah aplikasi browser yang digunakan untuk menggambar. Tampilannya sama seperti sebuah papan tulis, namun yang ini secara online. Aplikais ini memungkinkan untuk berkolaborasi dengan sekelompok orang yang menggunakan berbagai perangkat. Aplikasi ini sangat sederhana dari interface dan kontrolnya.

Ada fitur yang menyediakan 7 pilihan warna, 3 ukuran pensil, penghapus dan teks. Untuk mengundang orang lain berkolaborasi, aplikasi ini hanya tinggal mengirim mereka link yang menuju papan gambar anda dan mereka dapat bergabung dalam gambar anda. Anda dapat menyimpan hasil gambar anda dalam bentuk .PNG dan menguploadnya. Anda dapat menanamkan aplikasi AWW ini dalam website atau situs anda sendiri dengan menggunakan plugin atau API. Untuk mencoba aplikasi ini, anda bisa mengunjungi awwapp.com/draw.html.

4. Sumopaint

4

Sumopaint adalah aplikasi untuk editing gambar dan lukisan yang memiliki fitur lengkap. Sekilas aplikasi ini nampak seperti aplikasi Adobe Photoshop versi web. Anda dapat mengedit gambar yang ada atau memulai membuat sebuah gambar baru, dengan dilengkapi fitur – fitur yang canggih, seperti layering, blending mode, blur dan lain sebagainya.

Sumopaint juga menyediakan pilihan untuk pengaturan kontras, keseimbangan warna, kecerahan gambar dan masih banyak lagi. Setelah anda selesai berkreasi dengan gambar anda, anda bisa menyimpannya dalam format PNG atau JPG atau bisa juga dalam bentuk file sumo yang nantinya bisa anda edit. Anda bisa mengakses situs www.sumopaint.com/app untuk mencoba aplikasi ini.

5. Queeky Paint

5

Queeky Paint adalah alat menggambar online yang unik, karena aplikasi ini memungkinkan anda membuat sebuah video dari pekerjaan anda saat anda sedang melukis. Anda bisa membuat karya seni anda sendiri atau anda bisa juga melihat proses penciptaan seniman lain di galery. Queeky Paint menawarkan kemampuan untuk mengedit foto, mempublikasikan karya seni anda dan berkolaborasi dalam suatu project tertentu, dan bertemu dengan seniman yang memiliki kesamaan minat. Anda bahkan dapat membuat grup anda sendiri dan mengundang orang lain untuk bergabung.

Simpan karya seni anda ke desktop atau akun Queeky anda. Anda juga bisa menyimpannya dalam format JPG, GIF atau PNG. Anda dapat mengedit gambar dengan menggunakan seperangkat alat yang disediakan. Untuk mencoba aplikasi ini, anda bisa mengakses situs www.queeky.com/app

6. Pencil Madness

6

Pencil Madness adalah aplikasi yang memungkinkan anda untuk menggambar dan mempublikasikan gambar ke galery Pencil Madness. Anda dapat menyimpan gambar ke desktop anda dalam bentuk JPG atau SVG setelah gambar anda selesai. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, seperti kuas, dan efek kuasnya bersama beberapa warna. Anda dapat mengubah ukuran dan opacity kuas tersebut. Menggunakan penghapus, memperbesar, memperkecil, dan bahkan membatalkan dan mengulang tindakan anda bisa lakukan di aplikasi ini. Anda juga bisa mengekstrak warna dari sebuah gambar untuk menciptakan palet warna yang digunakan dalam gambar anda. Aplikasi ini tersedia di Amazon App untuk anda yang menggunakan android. Untuk mencoba menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengakses situs pencilmadness.com.

7. Sketch.io

7

Sketcpad memang merupakan aplikasi yang menyenangkan. Aplikasi gambar dengan kaya fitur dan berbasis HTML5. Aplikasi ini tidak hanya membatasi anda untuk menggambar atau membuat sketsa. Anda bahkan juga bisa memasukkan sebuah file PDF. Anda juga bisa mengekspor hasil gambar anda ke desktop dan ini jauh lebih efisien daripada anda harus mendownloadnya, mencetak, mengisi, scanning dan sebagainya. Fitur yang ada didalamnya yaitu bisa di drag and drop antarmuka, yang tentu saja memudahakn untuk menggunakan banyak alat, termasuk teks, kuas, pensil, kaligrafi, cap spirograph, krayon, dan masih banyak lagi. Anda dapat juga membatalkan kegiatan anda, Redo dan menghapus setiap bagian dari kreasi anda. dan bahkan mengambil gambar menggunakan camera di komputer anda. Untuk mencoba Sketch.io ini bisa diakses di sketch.io/sketchpad.

8. Sketch and paint

8

Sketch and paint memungkinkan anda untuk lebih kreatif dan bisa memulai semua dengan cepat. Disini sudah disediakan alat – alat yang dibutuhkan untuk menggambar, seperti alat sketsa, kuas, warna, menu zoom, penghapus dan opacity. Anda juga dapat mengatur dimensi kanvas, mengatur warna dan sifat kuas seperti ukuran, tekanan, difusi, dan lain sebagainya. Multi level undo dan redo juga sudah disediakan.

Fungsi keyboard shortcut yang disediakan dapat membuat pekerjaan anda menjadi mudah, karena mudah untuk memilih dan menyesuaikan dengan alat dan pengaturannya. Untuk mencoba aplikasi ini bisa dilihat di www.onemotion.com/flash/sketch-paint.

9. Draw Island

9

Draw Island adalah sebuah alat berbasis web yang cocok untuk membuat gambar dan animasi GIF. Dengan pilihan berbagai ukuran kanvas dan menampilkan pensil serta kuas. Anda dapat meningkatkan ukuran kuas dan opacity atau memilih bentuk diantara bentuk yang sudah tersedia. Ada fungsi undo dan redo, serta penghapus untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan. Anda dapat memilih warna melalui roda warna yang sudah ada, atau juga bisa dengan memasukkan kode Hex anda sendiri.

Anda dapat mengimport gambar, dan dapat membuat animasi GIF dengan mudah. Anda dapat mengontrol delay animasi dan menambahkan teks pada gambar. Untuk Draw Island anda bisa mencobanya di drawisland.com.

10. Slimber

10

Slimber adalah aplikasi berbasis browser yang memungkinkan anda untuk menggambar, replay dan menyimpan hasil karya anda sendiri. Sangat mudah untuk memulai membuat gambar dengan slimber, cukup hanya dengan memilih dimensi kanvas anda dan mulai membuat. Beberapa fitur sudah disediakan seprti pensil, kuas, garis, shape, cat, penghapus dan warna. Anda dapat memilih ukuran, spasi, shape, overlay dan aliran kuas anda. Anda juga dapat menentukan warna RGB yang anda inginkan.

Setelah anda selesai, anda dapat mengklik tombol “play” dan itu akan menjalankan kembali proses anda tadi. Kemudian anda dapat menyimpannya dan menulis deskripsi karya anda. kirim karya anda ke galeri untuk melihat kreasi anda dan menerima alamat URL arau kode embed untuk berbagi. Anda bisa mencoba aplikasi ini di situs slimber.com.


  • 48
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 25 March 2014 - pukul 20:09

    register

  • 12 March 2018 - pukul 13:43

    Gan kalau gambarnya di gambar secara manual trus di scan , diedit di PC nya pake aplikasi apa gan??

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *