Leadership

10 Cara Ini Membantu Anda untuk Meningkatkan Konsentrasi

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Saat kita belajar, bekerja atau melakukan aktivitas lainnya maka konsentrasi harus selalu dimiliki. Setiap orang memiliki tingkat konsentrasi masing – masing. Ada yang memang harus bekerja di ruang sepi atau sunyi untuk mendapatkan konsentrasi, ada pula yang tidak terusik sedikitpun saat berada di tengah – tengah keramaian. Ini memang bergantung dari setiap individu itu sendiri. Konsentrasi dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah pola hidup sehat yang kita miliki. Ketika tubuh sudah merasa sehat maka secara otomatis konsentrasi atau fokus fikiran kita juga akan meningkat. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda:

Memiliki pola hidup yang sehat

Memiliki pola hidup sehat adalah kewajiban dari setiap orang. Terlebih bagi mereka yang memang memiliki aktivitas cukup padat. Menjaga kesehatan harus selalu dilakukan. Menjaga asupan makanan, olahraga secara teratur, istirahat yang cukup dan mengurangi setiap aktivitas yang dirasa tidak berguna adalah kewajiban bagi setiap orang yang memiliki jadwal cukup padat. Sarapan pagi, jogging dan mengkonsumsi buah – buahan juga dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh kita. Konsentrasi tumbuh saat kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita, karena ketika kita sudah merasa tidak fit, maka setiap yang kita lakukan tidak akan bisa maksimal.

Buatlah sebuah jurnal

Bisa dikatakan jurnal itu sangat penting untuk setiap karyawan, bukan hanya pelajar. Ada beberapa dari kita yang bisa memulai pekerjaan saat sudah menuliskan dan melihat jurnal. Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya. Sekalipun dirasa kuno tapi cara ini sangat cocok untuk membantu kita meningkatkan konsentrasi dalam bekerja.

Cobalah untuk tidak menjadi Multitasking

Ingatlah setiap orang memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda dan kemampuan mengelola yang berbeda pula. Ketika kita ingin lebih berkonsentrasi saat bekerja, cobalah untuk mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu sampai pekerjaan itu selesai. Caranya adalah dengan mendahulukan pekerjaan yang menurut kita mudah dan cepat untuk diselesaikan. Dengan begitu kita tidak akan kehilangan banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Menjadi multitasking tidak selamanya baik untuk kita dan hasil kerja yang kita berikan. Jadi berkonsentrasilah untuk memberikan yang terbaik pada 1 jenis pekerjaan baru kemudian mengerjakan pekerjaan yang lainnya.

Istirahatlah secara berkala

Kelelahan juga bisa menyebabkan konsentrasi kita menurun. Kita tidak bisa menjamin saat kita bekerja tanpa henti maka pekerjaan kita selesai dengan hasil yang baik. Ambillah waktu isitirahat secara berkala dan gunakan semaksimal mungkin. Gunakan waktu makan siang dan coffee break Anda dengan maksimal. Jangan mengabaikan waktu istirahat Anda dan memaksa melanjutkan pekerjaan. Waktu luang ini juga bisa digunakan untuk melatih konsentrasi Anda dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan bermain sebuah game yang mengasah konsentrasi Anda secara ringan.

Kerjakan sesuatu di atas meja kerja jangan di tempat tidur

Tanpa kita sadari inilah yang sering kita lakukan. Karena ingin merasa lebih santai sering kita membawa pekerjaan di atas tempat tidur. Tapi ini malah membuat kita tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Jelas, karena ada rasa ingin tidur dan malas untuk kembali melanjutkan pekerjaan. Maka cobalah tertib menyelesaikan pekerjaan di atas meja kerja Anda. Dan buatlah meja kerja Anda sekondisional mungkin, sehingga dapat membantu meningkatkan produktifitas kerja Anda.

Hilangkan segala beban pikiran saat Anda hendak bekerja

Setiap orang pasti memiliki masalah, tapi tidak untuk terus dibawa dan dijadikan beban. Saat Anda bekerja, cobalah untuk menghilangkan segala fikiran yang membebani Anda. Usahakan untuk pergi ke kantor dengan hati yang senang dan tenang. Ini akan sangat membantu mood Anda selama seharian bekerja. Bayangkan saja, ketika di pagi hari Anda tidak senang dan merasa terbebani oleh satu masalah, maka itu akan dengan sendirinya terbawa hingga mengganggu pekerjaan Anda di kantor.

Belajar sesuatu yang baru

Ada banyak cara yang bisa membantu Anda meningkatkan konsentrasi saat hendak bekerja. Anda bisa banyak belajar hal – hal baru di sekitar Anda. Seperti belajar materi atau pengetahuan baru, bahasa baru bahkan belajar memainkan alat musik. Lakukan ini sedikit saja setiap harinya tapi dengan jarak belajar yang rutin dilakukan. Anda akan terbiasa belajar hal – hal kecil dan ini membuat Anda menjadi lebih berkonsentrasi untuk belajar hal yang besar.

Gunakan teknik laba – laba

Kenapa laba – laba? Pernahkan Anda tahu saat seekor laba – laba membuat sarang dengan benang tipis yang ia miliki, ia tidak akan mudah terusik ketika ada gangguan di sekitarnya. Ia akan terus melanjutkan aktivitas membuat sarangnya tanpa memperdulikan suara kecil yang mengganggunya. Cobalah untuk mengikuti cara ini, yaitu dengan tidak banyak menghiraukan gangguan – gangguan kecil yang muncul di sekitar kita. Seperti saat ada orang berlalu – lalang, suara musik yang terdengar dari kejauhan, suara pintu yang terbuka dan lain sebagainya. Abaikan saja gangguan kecil seperti ini, kecuali memang ada seseorang yang memanggil Anda.

Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Jika Anda merasa nyaman bekerja dengan mendengarkan musik, maka lakukanlah. Jika Anda ingin bekerja di luar ruangan kerja Anda, maka lakukanlah. Lakukan aktivitas yang dapat membantu Anda bekerja dengan maksimal. Aktivitas yang menyenangkan akan membuat mood Anda baik dan tentu juga akan berefek pada kegiatan kerja Anda. Anda juga bisa mengambil waktu libur dan pergi mengunjungi tempat yang benar  – benar merelaksasikan fikiran Anda. Abaikan segala beban fikiran saat Anda sedang berlibur. Ini akan membuat Anda mendapatkan semangat dan mood yang baik.

Jadikan setiap ativitas sebagai sebuah kebiasaan

Jika Anda terbiasa melakukan suatu aktivitas secara terus – menerus atau secara berkala, maka akurasi waktu Anda dalam mengerjakan sesuatu akan semakin tinggi. Akibatnya konsentrasi yang dibutuhkan untuk mengerjakan aktivitas tersebut tidak akan setinggi sebelum Anda terbiasa mengerjakannya. Dan hasilnya pekerjaan itu akan memberikan hasil yang Anda inginkan tanpa terlalu melelahkan bagi otak Anda.

“Practise Makes Perfect” Itulah yang menjadi dasar dari tips terakhir ini. Lakukan setiap pekerjaan itu berulang – ulang, maka Anda akan terbiasa dan tidak sulit untuk berkonsentrasi memberikan hasil yang diharapkan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Ketahui Alasan Kenapa Orang Ingin Bekerja dari Rumah

10 Tips Bekerja yang Menyenangkan

5 Tips Bekerja Pintar Tanpa Harus Jadi Workaholic

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

1 komentar

  • 21 November 2014 - pukul 12:32

    poin pertama sdh sering diterapkan, hanya saja poin2 dibawahnya masih suka bolong. :D nice info.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *