Leadership

10 Cara Membuat Kesan Memorable

 

   

Saat bertemu dengan orang baru dan kita berkenalan, tentu akan ada yang namanya kesan pertama. Kesan ini tidak muncul dengan sendirinya. Ada yang mendorong seseorang untuk menilai kita pada pertemuan pertama tersebut, baik penampilan fisik ataupun percakapannya. Lalu bagaimana bisa menciptakan sebuah kesan yang Memorable bagi masing – masing kita dalam waktu yang singkat?

1. Ajukan pertanyaan yang bijaksana

Saat kita bertemu dengan orang untuk pertama kalinya, baik di acara seminar, konferensi atau acara amal, jangan sampai melewatkan waktu untuk berkenalan dengan banyak orang. Salah satu kunci perkenalan yang berkesan adalah ketika kita mengajukan beberapa pertanyaan yang memang bijaksana. Seperti “Apa yang Anda harapkan dari acara ini?”. Gunakan saja kalimat yang sesuai dengan siapa Anda bicara. Pastikan Anda nyaman dan mereka nyaman berbicara dengan Anda.

2. Dengarkan mereka

Jelas kita inginkan ketika berbicara dengan orang lain adalah di dengarkan. Begitupula mereka. Ketika Anda berkenalan atau sedang bercakap – cakap dengan orang baru, jangan biarkan diri Anda mengabaikan mereka. Dengarkan mereka, setiap kata yang mereka ucapkan akan menjadi penting bagi kita. Jangan tunjukkan jika Anda bosan mendengarkan mereka. Karena sebenarnya ketika Anda memulai sebuah percakapan, itu artinya Anda sudah siap untuk percakapan yang lebih panjang.

3. Tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk membantu

Ketika bertemu dengan seseorang yang baru bagi kita, kita tentu akan penasaran ketika ia sedang melakukan suatu hal. Kita bisa mencari tahu apa yang sedang mereka lakukan dan mencoba untuk menawarkan bantuan kepada mereka. Bukan bermaksud untuk ikut campur, tapi lebih untuk membantu dan mengakrabkan diri dengan orang baru.

4. Beri mereka alasan untuk mengingat kita

Salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan selama lima menit pertama saat bertemu dengan orang baru adalah dengan memberi mereka sesuatu untuk mengingat Anda dengan baik. Karena pada suatu acara tentu kita akan bertemu dengan ratusan orang yang berbeda, tetapi ketika kita dapat membuat sebuah kesan pertama yang kuat, kenalan baru kita akan dengan mudah mengingat dalam jangka waktu yang lama.

5. Fokus pada kualitas, bukan kuantitas

Untuk memberikan kesan dan mendapatkan simpati dari kenalan baru, tentunya kita harus mengasah atau menampilkan minat yang tulus pada proses tersebut. Anda harus memastikan bahwa kualitas perkenalan Anda lebih baik daripada hanya sekedar membagikan banyak kartu nama kepada mereka. Kartu nama Anda hanya digunakan sebagai penguji apakah dalam waktu 24 jam kenalan baru Anda akan menghubungi Anda kembali atau tidak. Melalui kualitas perkenalan yang baik akan membuat kesan kenalan Anda lebih panjang dari yang diperkirakan.

6. Ingatlah nama dan cerita mereka

Penting bagi kita agar terus diingat adalah dengan mengingat siapa orang yang pernah berkenalan atau bercakap – cakap dengan kita. Pastikan kita ingat mereka, baik nama, asal ataupun cerita mereka saat berkenalan dengan kita. Terlebih saat kartu nama telah berhasil dibagikan. Artinya tidak ada alasan untuk kita melupakan mereka.

7. Saling berbagi kisah/cerita

Dalam percakapan singkat itu, kita bisa menjelaskan dari mana asal kita dan apa yang saat ini sedang kita kerjakan. Ajak mereka untuk mau berbagi cerita bersama kita. Saat masing – masing telah membagikan cerita mereka, komunikasi selanjutnya akan terlihat lebih mudah dan lancar.

8. Tersenyum dan melakukan kontak mata

Pastikan hal ini tidak terlupakan oleh setiap jengkal proses perkenalan itu. Tersenyum dan pastikan ada kontak mata di dalamnya. Buatlah masing – masing dari kita merasa nyaman dengan percakapan itu. Jika memang harus, jangan sungkan untuk mengeluarkan guyonan kecil untuk mencairkan suasana. Perkenalan ini membuka jalan Anda untuk hubungan lebih baik. Jadi buatlah kesan pertama yang mengenang bagi masing – masing.

Baca juga: [Tips Menjalin Kontak Mata ketika Berkomunikasi]

9. Sebutlah nama mereka

Beberapa dari mereka akan lebih suka jika Anda memanggil atau menyebutkan nama mereka dalam percakapan. Menyebutkan nama terdengar biasa atau terkesan sangat sederhana. Tapi ini akan lebih menciptakan suasana akrab diantara Anda. Tapi pastikan terlebih dahulu bahwa kenalan Anda tidak keberatan untuk memanggil nama Anda.

10. Pujilah mereka

Terakhir adalah jangan lupa untuk memuji mereka. Perkenalan baru akan memberikan banyak kesan yang berbeda. Tapi alangkah lebih baiknya jika kita baru berkenalan untuk tidak segan memuji mereka. Baik dari penampilan, cara mereka berbicara atau bahkan apa yang mereka ceritakan. Jangan takut dan ragu untuk memuji mereka. Tapi tetap memuji yang tidak berlebihan. Ketika sudah dirasa berlebihan, maka itu akan membuat kita terlihat seperti berpura – pura saja.

Baca juga:

10 Alasan Kontak Mata dalam Public Speaking Sangatlah Penting

5 Tips Membuat First Impression untuk Sebuah Website

7 Tips Meningkatkan Kesan Pertama Anda


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *