Start A Business

10 Hal yang Harus Anda Lakukan untuk Mewujudkan Sebuah Ide Menjadi The Next Big Thing

 
  • 6
    Shares

   

Sebuah ide akan tetap jadi ide tanpa diwujudkan. Sayangnya sebuah ide cepat atau lambat akan dieksekusi duluan oleh orang lain ketika anda mendiamkannya beberapa lama. Karena di antara milyaran manusia di muka bumi ini, ada satu dua orang yang mungkin memikirkan hal yang sama dengan apa yang anda pikirkan. Jadi tunggu apa lagi, mari realisasikan ide anda menjadi the next big thing. Apa saja yang harus anda lakukan?

Percaya diri dan lakukan

Setelah orang – orang mendapat ide di otak mereka, maka segera akan muncul pertanyaan, “apakah saya sanggup?” jika mereka pikir mereka tidak mampu, maka segera saja mereka akan meninggalkan ide tersebut begitu saja. Jika merasa mampu, maka mereka akan kerjakan. Hal-hal situasional seperti inilah yang justru membuat sebuah ide dijalankan setengah-setengah. Setelah di tengah jalan ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang mereka pikirkan, maka mereka akan melarikan diri. Mereka tidak mau melihat hasil akhirnya. Padahal jika sejak awal kita bisa optimis dan mencoba untuk sedikit bertahan lebih lama, maka sedikit lagi mereka akan melihat yang menyenangkan.

Pemikiran

Manusia adalah makhluk social, namun memiliki pemikiran sendiri-sendiri. Jangan sampai anda menganggap anda adalah yang paling benar, atau yang paling salah sehingga harus meniru semua yang dilakukan orang lain tanpa menyaringnya. Orang yang sukses bukan sebatas orang yang diikuti oleh banyak orang atau mengikuti orang tertentu. Mereka memperbaiki apa yang salah pada dirinya melalui serangkaian introspeksi yang mendalam.

Resiko adalah teman

Setiap ide selalu memiliki resiko. Namun jangan sampai anda terintimidasi terhadap resiko yang akan anda hadapi. Lalu, bagaimana ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan? Tetaplah fokus pada misi yang anda buat dan jangan biarkan gangguan membuat anda mundur.

Kaitkan ide-ide liar Anda

Setiap ide mempunyai koneksi satu sama lain untuk berkembang. Dari satu titik ke titik lain memerlukan cara tersendiri untuk bisa terhubung. Cara inilah yang harus anda cari untuk membuat ide anda menjadi semakin besar.

Lakukan dengan ikhlas dan senang

Setelah mendapat ide, maka akan terdapat langkah yang harus anda lakukan untuk mewujudkan ide tersebut. Memang ada pepatah yang menyatakan kalau anda harus melalui jalan terjal sebelum merasakan oase yang nyaman. Namun jika jalan yang nyaman bisa menuntun anda, kenapa tidak memilihnya? Artinya, pilih metode eksekusi yang tidak memberatkan anda. Maka dia akan membuat anda bekerja semakin cepat.

Punya tujuan, makna, dan partner

Setelah anda memiliki tujuan dan makna dari ide anda, carilah partner. Kemudian komunikasikan tujuan dan makna dari ide anda dengan jelas agar partner anda sepaham dengan anda dan bisa berjalan beriringan untuk mewujudkan visi anda. Kepercayaan terbangun dari visi yang jelas dan komunikasi yang baik.

Tidak berhenti begitu saja

Setiap manusia tidak pernah berhenti di satu tempat saja. Jika anda melihat peluang untuk mengembangkan ide anda maka tantanglah diri anda sendiri untuk membuat ide – ide anda menjadi lebih baik lagi.

Menyeimbangkan diri

Meskipun anda pintar, bersemangat, dan selalu fokus, jika anda tidak dapat menyeimbangkan kehidupan anda, maka anda akan kelelahan. Luangkan waktu anda untuk mengatur kehidupan anda. Hal ini dapat membatu anda berpikir lebih jernih lagi dan melanjutkan keesokan harinya menjadi lebih baik lagi.

Buat To-do list

Buat to do list yang berisi 10 langkah yang akan anda lakukan dan katakan pada diri anda bahwa anda akan berusaha untuk mewujudkannya. Terkadang hal ini ampuh untuk membantu seseorang agar tetap pada pendiriannya dan tidak plin plan.

Santai dan produktif

Mewujudkan sebuah ide menjadi kenyataan dapat digambarkan seperti maraton, bukan sprint. Anda harus menyambungkan titik ke titik dengan cara yang tidak sembarangan dan dengan penuh kreativitas.

Semoga sukses ;-)

sumber: forbes.com
editor: Taufik M. Aditama

  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *