Technology

10 Kesalahan Umum yang Sering Terjadi pada Pembuatan Desain Website

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 14
    Shares

   

Membuat website bukan hal yang sulit bagi seorang desainer web dan developer website. Kolaborasi diantara keduanya harus mampu tercipta dengan baik. Karena selain sistem yang berfungsi dengan baik, desain websitepun menjadi bagian yang tidak bisa ditinggal dalam membangun sebuah website profesional. Namun adakalanya seorang desainer dan developer melakukan kesalahan dalam mendesain website mereka. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Mematikan tombol kembali

Betapa pentingnya sebuah tombol kembali untuk setiap pengunjung situs. Namun tidak jarang kita menemukan ada suatu situs yang tega menonaktifkan tombol kembali pada website yang mereka bangun. Mereka akan menredirect langsung ke lokasi yang diinginkan oleh pengunjung, tanpa menutup halaman yang saat itu dibuka oleh pengunjung. Dan ini tentu saja membuat pengunjung tidak nyaman saat mengunjungi situs Anda.

2. Menggunakan menu “Open New Windows”

Sekali waktu kita boleh membuat sebuah fitur di website kita dengan membuka sebuah halaman atau frame baru. Tapi jangan lakukan itu terlalu sering. Pengunjungpun akan malas ketika mereka memilih satu menu dan ternyata menu tersebut muncul pada halaman baru. Benar Anda akan mengurangi tingkatan bounce rate pada website, tapi tidak meningkatkan jumlah pengunjung karena mereka enggan mengunjungi situs Anda lagi. Berikan pengunjung kuasa untuk melakukan Open New Tab sesuai keinginan mereka.

3. Gagal mencantumkan contact person

Terlalu fokus menciptakan sebuah tampilan yang menarik dan interaktif, jangan sampai membuat Anda melupakan hal penting dalam mencantumkan informasi kontak siapa Anda dan bagaimana pengunjung dapat menjumpai Anda. Ini penting terlebih saat Anda membangun website untuk sebuah toko online atau website perusahaan. Saat pengunjung berharap menemukan kontak person Anda di website, namun mereka tidak menemukannya, itu akan membuat mereka kecewa. Bangun sebauh desain dan sistem yang memudahkan pengunjung untuk mengakses informasi ini.

4. Broken link

Tidak jarang kita akan menemukan sebuah halaman yang bertuliskan “404 error pages” dan itu tentu sangat mengganggu untuk website Anda. Anda harus benar – benar yakin bahwa semua fungsi dari website Anda berjalan dengan baik. Dan jika memang ada fungsi yang tidak berjalan, sertakan tampilan halaman Broken Link yang menarik dan membuat pengunjung bukan meninggalkan website Anda melainkan malah segera menghubungi Anda untuk memperbaikinya.

5. Desain yang membuat akses lambat

Desain sebuah website memang harus dibuat semenarik mungkin. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian dan membuat magnet besar bagi pengunjung setia website Anda. Tidak jarang para desainer dan developer akan mencantumkan sebuah desain atau visualisasi yang menarik seperti animasi gambar atau suara. Namun penting bagi kita untuk tetap mementingkan kenyamanan pengunjung dalam mengakses website kita. Jangan biarkan animasi indah Anda membuat akses website menjadi lemot atau bahkan tidak bisa diakses. Pengunjung akan malas untuk meneruskan mengakses website Anda. Minimalisasi penggunaan Flash dan animasi berat lainnya.

6. Tidak “up to date”

Semakin berkembangannya dunia teknologi, bentuk dan macam desain juga akan terus berkembang. Itu sebabnya desainer website harus mampu terus update terhadap perkembangan desain website, dan kemudian mengaplikasikannya ke website yang sedang dibangun. Jangan buat pengunjung bosan dengan desain Anda yang itu itu saja.

7. Sulit menemukan navigasi

Website merupakan sarana penyampai informasi yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Kemudahan mendapatkan informasi didukung dari bagaimana sebuah website dapat menampilkan menu untuk mengakses informasi tersebut. Navigasi yang dibutuhkan oleh setiap jenis website harus didesain secara menarik dan mudah untuk digunakan. Tidak ada pengunjung yang betah berlama – lama ketika website yang mereka lihat hanya berupa website tampilan tapi tidak memudahkan untuk mengakses menu lainnya.

8. Terlalu banyak menggunakan gaya font dan warna

Menarik memang dibutuhkan untuk sebuah desain website. Tapi tidak ada yang lebih menarik saat ini selain kesederhanaan dan gaya minimalis. Itu artinya tidak ada lagi penggunaan model font dan penggunaan warna yang berlebihan. Itu akan membuat pengunjung website Anda resah dan malas meneruskan aktifitas mereka di website Anda.

9. Sulit kembali ke home

Salah satu fitur yang paling penting adalah sebuah navigasi yang memungkinkan Anda untuk bisa kembali ke halaman home. Ini akan sangat dibutuhkan ketika pengunjung membutuhkan sebuah halaman home untuk mencari informasi umum seputar website Anda. Jangan hilangkan fitur ini pada website Anda. Karena jika tidak, pengunjung akan langsung menutup akses website Anda.

10. Tidak ada sharing sosial media

Yang terakhir tentu saja yang mendukung aktifitas sharing pengunjung dengan sosial media mereka. Libatkan dan gunakan kesempatan untuk bisa membagikan konten Anda dengan pengunjung lainnya melalui menu sharing sosial media. Jangan sampai menu ini hilang, sekalipun bentuk dan desainnya yang mini. Anda bisa membuat tampilannya lebih menarik dari sekedar tombol yang meng-copy paste dari situs lain.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

6 Langkah Meningkatkan Website Bisnis Anda Melalui Mesin Pencari Google

7 Tren Desain Website yang Akan Hilang di Tahun 2014

Mobile website atau Responsive Website

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 14
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *