Running A Business

10 Langkah Meningkatkan Konversi Penjualan Toko Online Anda

 

   

Konversi penjualan (conversion rate) menunjukkan berapa di antara jumlah total pengunjung website Anda (lead generation) yang bersedia melakukan pembelian. Skalanya berbeda-beda. Bisa saja toko online Anda mendatangkan 1000 lead generation. Namun jika conversion rate Anda kecil, misalnya cuma 1 atau 2 yang bersedia jadi pembeli, maka ada hal yang harus Anda perbaiki.

conversion-rate

Berikut adalah 10 langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan conversion rate Anda:

1. Usability testing

Tujuan Usability Testing adalah mengamati mereka yang berkunjung ke website Anda untuk menemukan celah perbaikan di dalamnya. Di antaranya: Semudah apa proses order Anda (Efficiency), Apakah pengunjung masuk ke halaman yang sesuai dengan apa yang dicarinya (Accuracy), Berapa banyak mereka yang kembali ke website Anda (Recall), dan Feedback apa yang mereka tunjukkan setelah berkunjung di website Anda (Emotional Response). Semuanya bisa dilacak dengan Software Analytic.

2. Software analytic

Tidak perlu diragukan lagi Software Analytic seperti Google Analytic, Slimstat, dlsb adalah sahabat terbaik bagi pemilik toko online. Dari sini, Anda dapat menyelidiki behaviour pengunjung. Anda dapat memperoleh data-data berharga seperti aktivitas pengunjung di website Anda, waktu rata-rata yang mereka habiskan, Bounce Rate, kata kunci yang membawa mereka ke website Anda, halaman yang paling banyak dikunjungi, dan lain sebagainya. Ketika develop toko online, jangan sampai Anda hanya meraba seperti orang buta yang kehilangan tongkat. Anda harus tahu apa yang Anda lakukan.

3. Dapatkan feedback

Feedback dari berbagai pengguna mencerminkan pandangan mereka tentang website dan pelayanan Anda. Dari sini, Anda akan tahu apa yang mereka harapkan dan apa yang sudah mereka terima dari website Anda. Maka, bersikaplah terbuka dan menghargai setiap masukan yang masuk. Karena tidak setiap saat ada user yang benar-benar care dengan bisnis Anda.

4. Ads yang lebih baik

Memasang Ads di sebuah website populer dapat mendatangkan Lead Generation dengan lebih mudah. Namun karena sifatnya berbayar, maka agar lebih maksimal, ads Anda harus sering di-update dengan desain yang lebih baru, lebih baik, dan lebih ringan. Salah satu trik mendasarnya adalah gunakan warna yang mencolok agar mata pengunjung tertuju pada ads Anda. Kemudian lengkapi dengan kalimat proposition yang menarik.

5. Perubahan layout

Jaga desain halaman Anda agar tetap layak untuk dikunjungi. Jangan pernah pula mengecewakan pengunjung dengan konten yang tidak relevan akibat memasang keyword yang nyasar. Bagaimana Anda bisa tahu? Besaran nilai Bounce Rate pada Google Analytic Anda sudah cukup banyak menunjukkan apakah halaman Anda tepat sasaran atau justru salah kaprah.

6. Konten berformat

The content must be written in easy to understand language. Prefer using bullets or numbering to make it easy for the users to understand everything rather than blocks of texts.

Konten yang berformat adalah konten yang ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Misalnya gunakan bullet & numbering untuk memudahkan readability teks artikel Anda.

7. Desain form dan button

Buat desain dari tombol dan teks Anda agar jadi click-catching dan semenarik mungkin. Jaga pula agar form yang harus diisi user tidak terlalu banyak ketika mereka melakukan submit apapun karena kebanyakan orang enggan apabila mereka diharuskan mengisi terlalu banyak identitas untuk mendapatkan apa yang mereka cari.

8. Navigasi

Hindari navigasi yang kompleks dan Buat pengunjung lebih mudah membuka seluruh halaman website Anda. Hapus kelebihan navigasi. Keep it simple.

9. Berani mencoba

Lakukan berbagai jenis eksperimen dengan layout, button, ads atau desain lainnya yang muncul pada halaman Anda. Cari tahu mana yang terbaik untuk website Anda.

10. Inovasi

Awasi website kompetitor Anda. Cari tahu hal-hal baru yang belum pernah Anda ketahui. Siapa tahu dari sini Anda dapat menemukan ide untuk meningkatkan conversion rate.

Anda punya rekomendasi lain? Mari bagikan cerita Anda di sini.

Baca juga:

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *