Leadership

10 Langkah Sederhana untuk Menciptakan Suasana Homey di Kantor

 

   

Sebuah kantor identik dengan suasana yang dingin dan kaku. Padahal kantor yang nyaman dan homey dapat meningkatkan produktivitas para penghuninya. Berikut adalah cara sederhana untuk menciptakan suasana kantor yang homey.

1. Memilih warna-warna netral untuk dinding ruangan

Jika Anda ingin mengecat dinding , pilihlah warna netral seperti putih, krem??, biru muda, atau bahkan kuning pucat. Anda juga dapat mengecat dinding kantor dengan warna favorit atau tempat favorit untuk pergi (misalnya, pantai = biru, camping = hijau)

2. Memilih di kursi yang nyaman

Kenyamanan adalah salah satu hal yang paling penting di kantor karena dapat mempengaruhi produktivitas Anda secara besar-besaran. Ketika Anda duduk selama lebih dari empat puluh jam seminggu, kursi tidak nyaman dapat menjadi kutukan hidup Anda.

Pastikan Anda menyiapkan kursi yang nyaman dengan desain ergonomis yang akan memungkinkan Anda untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Dan pilihlah kursi dengan harga terjangkau tanpa mengorbankan kenyamanan.

3. Menyesuaikan pencahayaan

Pencahayaan dapat memiliki dampak serius pada suasana hati secara keseluruhan. Anda dapat menciptakan suasana tenang dengan menambahkan lampu watt rendah .

4. Menambahkan papan buletin

Menambahkan hal favorit Anda ke papan buletin adalah pengingat besar bahwa ada kehidupan di luar kantor. Anda dapat menyadingkan hal-hal favorit tersebut dengan to-do list di papan untuk membuat Anda tetap fokus dan produktif.  Sementara mengenang semua kenangan indah pada papan buletin, yang akan membuat mendapatkan melalui hari sedikit lebih mudah.

5. Memasang beberapa gambar yang menyejukkan mata

Dengan memandang sejenak beberapa gambar dengan pemandangan pantai, bunga, atau bahkan landmark nasional, Anda dapat menyegarkan kembali pikiran, memperoleh ispirasi dan energy baru.

tanaman

6. Menambahkan tanaman indoor yang perawatannya mudah

Tanaman dapat membuat kantor lebih berwarna dan mencerahkan hari Anda. Sebagian besar kantor terlihat suram dan tidak menarik, tetapi menambahkan beberapa tanaman akan membuat perbedaan besar. Ini akan meningkatkan semangat pekerja dan, akhirnya, produktivitas mereka.

7. Menyiapkan minuman panas berkualitas baik

Kantor tentu telah menyedikan kopi dan teh standar, tetapi minuman tersebut mungkin tidak cukup untuk membangkitkan semangat Anda. Anda dapat membawa minuman favorit seperti teh khusus, susu, coklat hangat atau minuman lain yang mengingatkan Anda tentang kehangatan rumah.

8. Menyediakan  permen warna-warni di suatu tempat permanen di bilik Anda

Anda mungkin terlalu sibuk untuk mengunyah makanan. Permen/manisan mengandung zat gula yang mudah dicerna sehingga Anda mendapat tambahan energy yang cukup selama bekerja. Selain itu, rasa manis dan warna cerah dari permen dapat mengurangi stress. Sediakan permen dalam jumlah yang cukup agar Anda dapat berbagi dengan rekan kerja.

9. Menambahkan suara damai

Sebelum menambahkan suara atau apapun, pastikan rekan kerja/atasan Anda tidak terganggu dengan hal tersebut. Berikut adalah beberapa tambahan yang mungkin untuk Anda:

  1. Air mancur kecil. Took dekorasi biasanya menjual air mancur kecil yang dapat ditempatkan di rak, memberikan suara tenang air mengalir.
  2. Suara laut atau suara alam lainnya. Banyak CD rekaman suara alam yang dapat dibeli untuk menghadirkan suara laut, air, kicau burung atau anak-anak bermain. Anda bisa memutar CD selama masa stres siang hari atau saat Anda istirahat dan perlu untuk bersantai. Guakan headphone jika bermain suara pada rendah masih mengganggu rekan kerja tetangga Anda.

10. Menyediakan rak buku dan buku-buku yang menginspirasi

Anda dapat menata buku-buku favorit di meja kerja agar mudah dijangkau jika Anda ingin membacanya untuk melepas penat. Akan lebih baik, jika kantor memiliki rak buku khusus dan ruang baca yang nyaman. Anda dapat memanfaatkannya padasaat istirahat.

Selamat mencoba :)

Diadaptasi dari berbagai sumber, antara lain:

Sumber1

Sumber2

Sumber3

Baca juga:

5 Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Leader di Tempat Kerja

Tips Menangkis Kelelahan saat Bekerja

Tips Maksimal Bekerja dari Rumah Sendiri


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *