Technology

10 Pekerjaan Paling Dicari di Dunia Cloud Computing

 
  • 1
    Share

   

Baru-baru ini, kami menggali informasi melalui dice.com mengenai lowongan kerja yang tersedia di dunia Cloud. Sebab, dari sini kita bisa meneropong sejumlah informasi mengenai sejauh apa dunia Cloud telah berkembang. Dice.com sendiri merupakan sebuah situs yang menampung dan menampilkan lowongan-lowongan pekerjaan yang tersedia di bidang teknologi. Rupanya, ada sekitar 4,000+ lowongan kerja seputar dunia Cloud yang ditampilkan di sana. Dan di antaranya, ada sejumlah lowongan yang paling sering ditampilkan. Berikut 10 pekerjaan paling menjanjikan tersebut:

Arsitek Cloud

Arsitek Cloud merupakan ujung tombak pengembangan dan implementasi Cloud. Tugasnya adalah merancang struktur sistem Cloud yang dapat diandalkan, aman, terukur, dan dapat memberi manfaat dari sisi bisnis sesuai dengan budget yang telah dikeluarkan.

Syarat: Sarjana teknik informatika dan komputer atau pengalaman kerja yang setara, yaitu 10 tahun  di bidang networking berskala besar; mahir Shell, VBScript, Perl / Phyton; memiliki wawasan yang luas di sistem Windows dan Linux; memiliki pengalaman di bidang instalasi dan administrasi di lingkup virtualisasi.

Cloud Software Engineer

CSE bertanggung jawab dalam mendesain dan mengembangkan sebuah modul software yang mampu berintegrasi dengan layanan penyimpanan penyedia Cloud.

Persyaratan: Sarjana teknik informatika dan komputer atau pengalaman kerja yang setara, yaitu 2 tahun di bidang pengembangan software; mahir pemrograman berbasis Linux/Unix; berpengalaman dengan sistem ETL (Extract-Transform-Load), teknologi SOA, dan pernah mengunggah software ke infrastruktur Cloud.

Sales Cloud

Sales Cloud bertugas mengembangkan pasar dan menumbuhkan sejumlah customer yang terdiri dari profesional level 3 di perusahaan kelas menengah ke atas.

Persyaratan: Sarjana di bidang administrasi bisnis atau pengalaman kerja yang setara; 5-10 tahun pengalaman berhadapan dengan klien; mampu berkomunikasi secara efektif; memiliki pemahaman yang kuat dan pengalaman sukses dalam mebangun strategi dan mengembangkan partnership bersama profesional level 3 di perusahaan kelas menengah ke atas; mampu menunjukkan target sales yang konsisten di dalam penjualan infrastruktur, cloud dan layanan sekuriti; bersedia meluangkan 50% waktu kerjanya untuk bepergian.

Cloud Engineer

Jika CSE bertugas untuk membangun software, maka Cloud Engineer bertanggung jawab untuk membangun infrastruktur Cloud yang sesuai dengan rancangan dari Arsitek Cloud.

Syarat: Sarjana teknik informatika dan komputer atau pengalaman kerja yang setara, yaitu 5 tahun membangun infrastruktur virtualisasi; memiliki sertifikat pengetahuan virtualisasi dari vendor tertentu, misalnya VMware.

Pengembang Interface Layanan Cloud

Tugas utamanya adalah mendesain dan membangun sebuah antarmuka, seperti portal sales, billing, dan manajemen, yang menghubungkan antara customer (end-user) dengan perusahaan penyedia layanan Cloud.

Syarat yang dibutuhkan: Sarjana teknik informatika dan komputer atau pengalaman kerja yang setara; minimal 5 tahun berhubungan dengan arsitektur dan desain Cloud; 5 tahun membangun antarmuka web pada platform SOA (seperti Amazon EC2, Heroku, Azure, Rackspace); berpengalaman 5 tahun dengan PHP Python, C++ atau Java.

Administrator Sistem Cloud

Administrator Sistem Cloud bertugas melakukan maintenance dan pengembangan sistem Cloud, merencanakan kebutuhan Cloud di masa depan, dan melakukan troubleshooting ketika muncul masalah.

Syarat: Sarjana teknik informatika dan komputer atau pengalaman kerja yang setara; 3 tahun dalam administrasi sistem operasi; pengalaman 3 tahun dalam mendukung instalasi platform milik perusahaan level enterprise; menguasai perintah-perintah Linux; mengetahui dasar-dasar pengembangan berbasis Cloud.

Konsultan Cloud

Konsultan Cloud bekerja secara freelance dalam mengadakan studi teknis dan evaluasi kebutuhan untuk menemukan rekomendasi yang tepat dalam hal pengembangan teknologi Cloud milik sebuah perusahaan.

Syarat: Sedikitnya 8 tahun menggeluti dunia konsultasi TIK; update berita tentang teknologi Cloud terbaru dan vendor-vendor penyedia layanan Cloud yang terpercaya; memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi.

Cloud System Engineer

Deskripsi kerja: Membangun sistem virtual yang mendukung implementasi Cloud.

Syarat: Sarjana sistem informasi, teknik informatika dan komputer atau gelar lain yang berkaitan; 5-10 tahun pengalaman di bidang rekayasa sistem; berpengalaman di lingkungan penyedia hosting yang memberikan layanan dukungan teknis 24×7; memiliki pemahaman mendalam mengenai konsep dunia internet, hosting, dan model OSI (Open System Interconnection) mulai dari layer network hingga application.

Cloud Network Engineer

Deskripsi kerja: Menjalankan implementasi, dukungan operasional, maintenance dan optimisasi perangkat jaringan dan jalur komunikasi dalam infrastruktur Cloud.

Syarat: Gelar yang berhubungan dengan ilmu komputer atau pengalaman kerja yang setara; pengalaman 4 tahun di bidang rekayasa jaringan; mampu membuktikan pemahaman yang mendalam di konsep TCP/IP, subnetting, DNS, DHCP, NAT, dan routing; kemampuan pemrograman yang teruji di satu atau lebih bahasa – Perl, Shell atau Python; memiliki sertifikat CCNA / CCNP (Cisco Certified Network Associate / Cisco Certified Network Professional).

Cloud Product Manager

Deskripsi kerja: Membuat konsep spesifikasi dan harga produk yang strategis dan layak jual, mengidentifikasi posisi produk di antara saingan, dan mendukung proses kerja Sales Cloud (dalam hal pembaruan lisensi, packaging, benefit, dlsb).

Syarat: Sarjana bisnis, manajemen informatika, atau pengalaman kerja yang setara; minimal 3 tahun bekerja di perusahaan pengembang software yang menyebarkan penawaran melalui SaaS (Software as a Service)  atau model berbasis Cloud; kemampuan komunikasi yang sangat kuat.

Begitu menjanjikannya ranah Cloud. Jadi, apakah anda masih ragu untuk mempelajari Cloud dari dasar? Related: 10 Perusahaan Paling Berpengaruh di Cloud Computing


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *