Leadership

10 Pertanyaan Penting Ketika Mewawancarai Calon Webmaster Anda

 

   

Webmaster untuk bisnis UKM biasanya mengerjakan semua tugas sendiri. Mulai dari mendesain website, hingga optimasi mesin pencari (SEO). Maka Anda perlu seorang ahli multitasking kreatif  yang dapat Anda percayai dengan sandi website Anda. Nah, berikut adalah 10 pertanyaan penting yang dapat anda ajukan ketika sedang menyeleksi webmaster potensial:

1. Di mana saya bisa menemukan portofolio Anda, website yang pernah anda kerjakan?

“Kandidat berpengalaman harus siap berbagi link ke contoh pekerjaan terbaik yang pernah mereka lakukan,” kata Jason Hong, profesor di Carnegie Mellon University School of Computer Science. “Hati-hati memeriksa portofolio mereka karena portofolio menunjukkan gaya dan keterampilan mereka secara keseluruhan,” katanya. Portofolio mereka juga dapat menjadi titik awal untuk membahas keterampilan teknis lain, seperti HTML5, UNIX, JavaScript dan database management.

2. Bisakah saya memiliki daftar klien Anda?

“Kandidat harus siap memberikan informasi kontak para klien yang pernah berurusan dengan mereka di masa kini dan masa lalu,” kata Chris Turzo, managing director Goodwyn, Powell & Turzo. Banyak webmaster kontrak bekerja secara independen pada jadwal waktu mereka sendiri. Jadi tanyakan pada kontak tersebut apakah sang calon webmaster anda bisa bekerja tepat waktu dan memberikan hasil yang diinginkan.

3. Apa situs favorit Anda dan mengapa Anda menyukainya?

Jawaban ini dapat memberitahu banyak hal tentang taste, sense of branding dan pilihan desain sang webmaster.

4. Teknologi apa yang akan Anda gunakan untuk membangun website saya?

Webmaster harus mampu menggambarkan desain dan alat penjadwalan, memberikan pro dan kontra dari masing-masing alat, dan menjelaskan apa yang mereka sarankan untuk Anda sesuai anggaran anda dan lingkup pekerjaan mereka. “Misalnya, jika mereka akan menyisipkan sebuah blog dalam website Anda, mana yang akan mereka gunakan? WordPress atau Drupal, atau mereka mengkode dari awal?” Kata Malcolm Ong, pendiri dan kepala petugas teknis di Skillshare, komunitas pendidikan online yang berbasis di New York City. “Jika Anda bukan orang yang tech-savvy, Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami semua teknologi yang ia usulkan. Tapi mereka setidaknya harus mampu menghadirkan pilihan yang jelas dan secara umum dapat Anda mengerti.”

5. Bagaimana Anda mengoptimalkan website saya di mesin pencari?

Lisa Lopuck, penulis Web Design for Dummies  menyarankan untuk menanyakan kandidat mengenai pengetahuan mereka tentang alat dan teknik SEO. “Minta mereka untuk menjelaskan strategi dan metode yang akan mereka gunakan untuk meningkatkan peringkat Anda di semua mesin pencari.” Mereka juga harus familiar dengan Google Analytics untuk melacak lalu lintas situs Web, statistik perilaku pengguna, dan mengukur efektivitas kampanye SEO mereka.

6. Apa fitur spesial yang dapat Anda integrasikan ke website saya?

Sebuah website statis sekarang belum cukup. Pelanggan kini telah datang ke sebuah website dengan ekspektasi mendapatkan sejumlah fitur tambahan seperti video, feed sosial media dan iklan banner. Maka pastikan kandidat anda memiliki kemampuan dan sumber daya untuk menyediakan hal ini. Misalnya apakah mereka dapat dengan mudah menambahkan form kontak, feed sosial media, membuat animasi Flash, atau video editing.

7. Apa pendekatan Anda untuk mengatasi masalah security dan masalah potensial lainnya?

Penting bagi anda untuk mencari tahu bagaimana webmaster menanggapi website yang crash atau kena hack, dan seberapa cepat mereka dapat mengatasinya. Cari tahu seberapa sering mereka akan membackup website anda dan bagaimana mereka akan melindungi website Anda terhadap phishing, pencurian data dan malicious file lainnya.

8. Seberapa tahukah Anda soal masalah hak cipta?

Seorang webmaster harus peka pada masalah hak cipta yang berhubungan dengan website. Maka anda harus tahu bagaimana dan dari mana mereka akan mendapatkan foto dan gambar yang akan digunakan pada website Anda. Contohnya apakah mereka akan mereka menggunakan atribut gambar berlisensi gratis (Creative Commons) atau membayar stok foto berlisensi komersial

9. Siapa yang nanti akan memegang kepemilikan website ini?

Anda mungkin berpikir bahwa Anda secara otomatis akan memiliki website Anda begitu anda membayar orang lain untuk merancang website Anda. Tetapi jika desainer adalah kontraktor independen dan bukan karyawan perusahaan, Anda tidak akan memiliki situs tersebut tanpa kesepakatan khusus / copyright assignment yang menyatakan bahwa Anda adalah pemilik sah dari desain lengkap dan semua konten.

10. Berapa gaji yang anda harapkan?

Hal terpenting adalah menyepakati semua biaya untuk merancang, penerbitan dan memelihara website Anda. Anda juga harus tahu apakah kandidat webmaster anda lebih suka dibayar per jam atau gaji bulanan. Jika webmaster sedang merancang sebuah website baru, cari tahu apakah Anda harus membayar untuk biaya registrasi hosting dan nama domain, dan siapa yang akan memegang kepemilikan hosting dan domain ini.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *