Technology

10 Poin Keunggulan Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi 2013

 

Festival TIK & INKREASHOW 2013 kemarin telah selesai. Panitia (Relawan TIK Jawa Timur) sekarang boleh menarik nafas lega. Sebab, setelah berlangsung selama 3 hari, yakni tanggal 24-26 Mei 2013 di JX Internasional Surabaya, gelaran ini dinilai berhasil. Apa saja poin-poin yang membuatnya unggul? Di sini, kami telah menyusun 10 di antaranya:

1. Opening Ceremony.

Seremonial pembukaan dihadiri oleh sejumlah stakeholder penting, mulai dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kementrian Komunikasi dan Informasi, Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur, dan Pemerintah Kota Surabaya.

2. Pameran Bisnis Kreatif.

Sejumlah bisnis kreatif menempati stan-stan yang telah disediakan. Salah satu di antaranya adalah SewaToilet.com.

sewa-toliet

Selain itu masih banyak pula yang lainnya seperti Saung Jamur, Majalah Studentpreneur, BioSeaBeauty.com, BoxKerja.com, OKKARent.com, dan sejumlah industri kreatif binaan Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia.

3. Unjuk Komunitas.

Selain bisnis, sejumlah komunitas juga menempati stan-stan yang telah disediakan panitia. Earth Hour Surabaya adalah salah satu komunitas yang unjuk eksistensi di Festival TIK 2013.

earth-hour-surabaya

Selain itu ada pula SUWEC (Surabaya Web Community) dan sejumlah stan-stan FJB (Forum Jual Beli) Kaskus.

4. Pameran #SMKBisa.

Ranah pendidikan juga dirangkul di Festival TIK 2013. Sejumlah stan diisi oleh Sekolah Menegah Kejuruan di area Jawa Timur yang tergabung dalam program SMK Bisa. Mereka membuat stan-stan yang unik dan kreatif. Contohnya milik SMKN 12 Surabaya.

smk-bisa

5. Mereka yang mewadahi.

Pameran dimeriahkan pula dengan kehadiran bisnis model B2B dan B2C yang jadi medium pengembangan industri kreatif Indonesia seperti JagoanHosting.com, CBN, Universitas Ciputra, Universitas Wijaya Kusuma, dlsb.

stan-jagoan

6. Workshop Teknologi Aplikatif.

Ada sejumlah kelas dengan bermacam-macam materi selama penyelenggaraan 3 hari Festival TIK 2013. Misalnya workshop Cloud oleh CBN.

workshop-cbn

Ada pula mitigasi bencana oleh Jalin Merapi, ngeblog oleh Blogger Nusantara dan sejumlah workshop teknis seperti Web Desain dan HTML5.

7. Seminar Unjuk Gerakan.

Gerakan Desa Membangun (desamembangun.or.id) menjelaskan mengenai gerakan yang dijalankannya. Selengkapnya bisa anda baca di sini: Talkshow Gerakan Desa Membangun dan PANDI.

gerakan-desa-membangun

Begitu pula dengan GNFI (Good News From Indonesia).

good-news-from-indonesia

8. Pembicara Nasional.

Sejumlah pembicara nasional didatangkan ke Festical TIK 2013. Salah satunya adalah Andrew Darwis (Kaskus.com).

andres-darwis-kaskus

Kemudian ada pula Nukman Luthfie (virtual.co.id) yang membawakan materi seputar Social Media Marketing.

nukman-luthfie

Selain itu ada pula @donnybu dan Onno W. Purbo yang membawakan materi-materi yang sesuai dengan bidang keahlian mereka.

9. Pembicara Muda.

Uniknya, di sini diundang pula pembicara muda, yaitu Adis (penulis buku Koar-Koar Backpacker).

koar-koar-backpacker

Ketika talkshow, dia bahkan sempat mengaku bahwa dia biasa backpacking, namun tidak biasa berbicara di depan publik. Namun rasanya cukup bagus jika audiens dapat sekali dua kali bertemu dengan pembicara yang mampu membuat mereka merasa terkait.  Buktinya, peserta yang sebagian besar anak muda cukup antusias mendengarkan cerita-cerita pengalaman Adis ketika backpacking dan menulis Blog yang disebutnya humor traveling (whateverbackpacker.com).

10. Wayang Kulit.

Saya jadi ingat dengan cerita dari salah satu seminar televisi Indonesia yang ‘ngakunya’ media edukasi. Salah satu peserta menanyakan, kenapa pada saat prime time televisi tersebut justru memutar tayangan yang beda? Kala itu sang owner menjawab secara sederhana:

“Kalau kita menayangkan tayangan mendidik, apakah ada yang mau nonton televisi kita?”

Sang owner kemudian melanjutkan: “Ketika rating kita tinggi di waktu prime time itulah, kita jejali dengan pengumuman-pengumuman tentang jam tayang dari acara2 kami yang mendidik.”

wayang-kulit

Mungkin wayang kulit secara tidak langsung punya konotasi yang sama dengan cerita di atas. Selain sebagai hiburan, wayang kulit mampu menarik massa di sekitar JX Internasional yang sebelumnya mungkin tidak mau tahu.

wayang-kulit-2

11. Bonus: Penutupan.

Pada prosesi penutupan, Okky Tri Hutomo (Ketua 3 Relawan TIK Indonesia) menyampaikan bahwa gelaran Festival TIK tahun 2013 yang berlangsung selama 3 hari berhasil mencapai 5,700 pengunjung. Katanya, angka ini lebih banyak dari Festival TIK tahun 2012 silam di Bandung. Jadi, Surabaya boleh berbangga.

danton-prabawanto

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *