Running A Business

10 Rahasia Jualan Jasa Secara Online

 
  • 22
    Shares

   

Banyak orang yang menjual jasa / layanan berpikir keras bagaimana menjual jasa / layanan yang ditawarkan melalui website. Karena barang yang dijual tidaklah berwujud seperti halnya produk fisik. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi para marketer yang berkecimpung di bidang jasa. Maka, saya akan membahas 10 tips bagi Anda yang ingin sukses menjual jasa / layanan melalui web.

1. Menjual Profil Anda.

Ketika sedang menjual jasa/layanan, maka profil Anda di dunia industri lah yang jadi portofolio terbaik Anda. Tidak peduli apapun yang Anda jual, baik sewa DVD, penitipan anak hingga pengacara, maka calon pelanggan akan melihat Anda untuk pertama kalinya, kemudian barulah jasa / layanan yang Anda tawarkan. Makanya, citrakan diri Anda sebaik mungkin, sebaik kualitas jasa / layanan yang akan Anda jual.

2. Manajemen Waktu sangat Crucial.

Waktu Anda sangat terbatas (8-9 jam sehari). Berbeda dengan seorang yang menjual produk fisik yang dapat disimpan dan dikirim sesuai dengan permintaan. Anda hanya dapat memberikan / menjual layanan selama 8-9 jam dalam sehari. Anda tidak dapat istirahat sejenak di siang hari, kemudian nanti dilanjutkan setelah jam 6 sore. Anda akan kesulitan menemukan pelanggan di atas jam 6 sore. Jadi benar-benar manfaatkan waktu Anda.

3. Mulailah dari Pasar Lokal.

Ketika menggunakan website, maka Anda akan memasarkan jasa / layanan Anda ke seluruh Indonesia atau bahkan dunia. Tetapi untuk target pasar yang sebesar itu, Anda akan membutuhkan energy dan sumber daya yang luar biasa besar. Hal inilah yang tidak banyak diketahui oleh kebanyakan pelayan jasa. Mereka cenderung serakah pada awal menjual jasa/layanan dengan menargetkan  pasar seluruh Indonesia, tetapi dengan sumber daya yang terbatas. Maka kemungkinan besar hasilnya adalah kegagalan.

Seharusnya pelayan jasa dapat lebih menargetkan pasar local dulu. Selain energi dan sumberdaya yang dibutuhkan relatif ringan, orang-orang lokal sekitar Anda akan lebih percaya daripada orang lain yang menjual jasa/layanan serupa dari daerah lain. Ketika pasar lokal sudah Anda kuasai, maka saatnya ekspansi, luaskan area anda sampai nanti anda menguasai dunia.

4. Berikan Nilai Tambah.

Amati kompetitor Anda. Untuk bisa bersaing dan memasarkan layanan Anda, Anda harus mempunyai nilai lebih pada jasa / layanan yang Anda tawarkan. Anda bisa menggunakan kekurangan competitor sebagai nilai tambah bagi Anda, atau menciptakan nilai tambah baru untuk pasar Anda.

5. Akses Layanan yang Lebih Mudah.

Pastikan pelanggan dan calon pelanggan Anda mudah menghubungi Anda. Tampilkan nomor telepon / HP, alamat email, instant messenger, alamat kantor lengkap, dan jam kerja atau jam paling tepat bagi pelanggan yang akan menghubungi Anda. Yang terpenting adalah kontak tersebut dapat terlihat jelas pada setiap halaman website Anda.

6. Terdaftar di Dunia Online.

Pastikan website Anda terdaftar pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing. Karena sebagian besar pengunjung internet akan menemukan website Anda dari mesin pencari. Anda juga bisa mendaftarkan website Anda pada forum-forum, social media atau marketplace agar orang lebih mudah menemukan website Anda.

7. Jalin Relasi.

Bangun jaringan relasi pada dunia online dan offline. Untuk media online, Anda bisa menggunakan jaringan relasi professional seperti LinkedIn atau social media seperti facebook atau twitter. Untuk jaringan offline, Anda bisa memanfaatkan komunitas local atau bahkan dengan competitor Anda. Meskipun competitor, Anda juga perlu membangun relasi yang baik.

8. Dapatkan Sebanyak Mungkin Referral

Referal adalah senjata yang sangat ampuh untuk penjualan jasa / layanan Anda. Semakin banyak referral, maka jasa / layanan Anda akan laris manis dalam waktu yang singkat.
Anda bisa meyakinkan mereka dengan kelebihan jasa / layanan Anda atau komisi penjualan dan bonus yang besar.

9. Bangun Kredibilitas.

Jasa / Layanan sangat sensitif di mata pelanggan. Sedikit saja ada berita yang kurang bagus, maka akan sangat berpengaruh kepada penjualan. Dan lebih parahnya, akan menyebar dengan cepat ke calon pelanggan lain. Oleh karena itu, penting bagi kita membangun kredibilitas brand jasa / layanan Anda sejak dini. Buat halaman “about us” yang meyakinkan dan kumpulkan sebanyak-banyaknya testimonial dari pelanggan Anda. Cara tersebut cukup efektif untuk membangun kredibilitas jasa / layanan pada website Anda.

10. Memberikan yang Terbaik.

Anda mungkin seringkali membaca artikel yang meminta anda untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Seolah memang klise. Namun kenyataannya, layanan yang mampu sustain adalah mereka yang senantiasa memberikan hasil terbaik kepada pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus/unik.


  • 22
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *