Technology

10 Teknik yang Harus Dimiliki agar Blog Tumbuh Maksimal

 
  • 79
    Shares

   

Blog memang menjadi salah satu kebutuhan bersosial media saat ini. Dengan blog kita bisa menuliskan artikel, memposting konten atau berjualan online. Untuk memaksimalkan kinerja blog tentu kita bukan hanya harus pandai membuat konten yang menarik dan banyak dicari orang, tapi juga mengoptimasikan blog tersebut. Dan 10 hal ini adalah teknik dasar yang harus kita miliki dalam mengelola blog.

1. Agar lebih banyak dicari, optimasi SEO blog dengan baik

Kalau kita fikir bahwa blog akan mudah berkembang tanpa dioptimasi maka kita salah. SEO adalah salah satu teknik yang harus kita pelajari dan gunakan agar blog bisa berkembang. SEO akan membantu blog kita agar mencapai peringkat terbaik di mesin pencari, seperti Google. Pastikan blog kita mendukung semua fitur yang dibutuhkan mesin pencari untuk melihat konten blog kita. Gunakan tag judul yang unik, sering dicari dan cenderung mudah diingat. Serta gunakan meta tag deskripsi yang baik untuk mendukung judul yang dibuat.

2. Pelajari dan gunakan statistik kinerja blog

Selain dengan SEO untuk mengetahui bagaimana kinerja konten pada blog kita, kita bisa membaca data statistik tentang kinerja blog kita. Kita harus tahu seberapa pengaruh konten yang kita buat untuk pembaca. Apakah pembaca mencari konten kita, membacanya atau memberikan respon dengan berkomentar. Kita juga harus tahu berapa banyak jumlah tampilan halaman dan pengunjung unik yang kita bisa dapatkan. Kita bisa menggunakan alat statistik dari hosting blog kita atau dari blog yang kita gunakan, seperti blogspot atau WordPress.

3. Menjadwal update email secara otomatis

Seperti kebanyak para pebisnis, kita juga harus melakukan teknik ini secara konsisten untuk memaksimalkan hasilnya. Namun konsistensi bisa sangat memakan waktu, untuk itu perlu kita gunakan teknik untuk update email secara otomatis. Contohnya saja kita bisa menggunakan Feedburner dan FeedBlitz, 2 alat yang digunakan untuk mempermudahkan sebuah blog untuk mengirimkan newsletter secara otomatis. 2 alat ini akan mengurus 2 tugas utama, yaitu memungkinkan pengunjung untuk mendaftar sebagai penerima newsletter ketika kita membuat postingan baru. Dan secara otomatis mengirim email kepada mereka setiap waktu yang sudah dijadwalkan.

4. Kita juga bisa menggabungkan Blog dengan Twitter, dengan mendownload TweetMeme yaitu Tweet Counter

Alat sederhana ini adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan postingan kita kembali di Twitter, untuk menunjukkan popularitas mereka. Perhatikan juga bahwa ini tidak akan bekerja, jika tag judul kita tidak unik.

5. Memiliki bantuan untuk menemukan blog arsip melalui kategori

Terkadang kita kesulitan untuk mencari sebuah artikel di blog ketika jumlah postingan sudah sangat banyak. Memang ada fitur search di dalam blog kita, tapi alangkah lebih mudah ketika kita memisahkan masing – masing artikel menurut kategori yang sesuai. Ini akan memudahkan kita dan juga pembaca blog kita dalam mencari apa yang mereka inginkan.

6. Mengatur RSS Feed

Feedburner dan FeedBlitz juga dapat membantu kita untuk mengatur isi dari blog. Tapi kebanyakan software blog dilengkapi dengan alat untuk umpan internal. Jika pernah mendengar RSS, maka disinilah kita akan menemukan kumpulan artikel dan konten dari blog online yang berbeda, dan RSS sendiri mirip dengan iGoogle, myAOL atau MyYahoo. Ini juga memudahkan kita untuk melihat headline terbaru dari CNN tanpa harus mengunjungi situsnya.

7. Kita bisa menghentikan spam dengan Re-Captcha

Captcha adalah alat yang digunakan penggunakan untuk memverifikasi data yang ia masukkan. Captcha biasanya terdiri dari huruf, angka atau kombinasi keduanya. Saat ini alat ini tersedia sebagai sebuah plugin untuk website dan blog. Re Captcha adalah captcha yang membantu kita mengijinkan seseorang menambahkan komentarnya di blog kita. Saat seseorang memasukkan komentar di blog kita, tentu kita tidak ingin itu menjadi bencana berupa spam. Dengan Re Captcha kita akan jauh mengurangi spam dalam setiap komentar yang masuk.

8. Mengawasi komentar kita

Mengomentari adalah bagian penting dari sebuah dialog 2 arah yang kita lakukan untuk mengembangkan pembaca. Kita harus selalu memeriksa komentar yang masuk. Sebelum menampilkannya kita bisa memfilter mana komentar yang bisa ditampilkan dan mana yang tidak. Bahkan ketika seseorang ingin menambahkan komentar yang sama dalam 1 artikel yang sama, kita bisa memfilternya terlebih dahulu agar tidak menjadi spam.

9. Berikan link ke akun sosial media dengan mudah

Setelah seseorang membaca tulisan kita di blog, tentu mereka penasaran siapa kita dan apa yang kita lakukan. Salah satu caranya agar mereka mudah menemukan kita adalah dengan memberikan link ke akun sosial media kita. Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, dan sebagainya bisa kita masukkan ke dalam link di blog. Berikan icon kecil per halaman artikel dan berikan link dengan mudah.

10. Tambahkan fitur bahasa untuk menghubungkan pembaca kita

Jika kita punya target untuk Go Internasional dengan blog dan artikel kita, jangan lupa untuk menambahkan fitur bahasa di blog. Dengan memberikan kemudahan ini, kita akan mudah dikenal dan blog kita mudah untuk diterima oleh banyak orang di negara yang berbeda – beda.

Baca juga:

Personal Branding Melalui Blog

Blog Dummy, Menjadi Salah Satu Peningkat Traffic Blog Anda

8 Kebutuhan Wajib dari Kesuksesan Postingan Blog

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 79
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *