Leadership

10 Tips yang Membantu Anda Menghilangkan Stres saat Berbisnis

 

   

Menjadi seorang pengusaha atau sedang menjalankan bisnis sendiri bisa menjadi salah satu pengalaman paling memuaskan yang pernah mereka lakukan, tetapi juga bisa menjadi pengalaman yang melelahkan. Seorang enterpreneur atau pemilik bisnis kebanyakan identik dengan kerja keras, tidak mengenal waktu hingga berujung stres atau kelelahan. Akan ada pertarungan fisik dan mental ketika seseorang sangat bersemangat menjalankan bisnis mereka. Namun semangat seperti ini terkadang membawa hal buruk berupa rasa lelah berlebihan yang berujung stres. Namun seiring berjalannya waktu setiap pebisnis akan belajar bagaimana mereka harus bekerja keras tanpa menimbulkan rasa stres pada diri mereka. Dan berikut ini diantaranya:

1. Tidurlah dengan nyenyak

SLeeping

Pada tahun – tahun pertama Anda bekerja keras mendirikan bisnis Anda sendiri, tentu akan ada banyak yang Anda korbankan, mulai dari modal hingga waktu. Bahkan waktu istirahat Anda akan tersita, hingga Andapun tidak merasakan bahwa diri Anda mulai lelah dan bisa saja jatuh sakit.

Namun cobalah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Setidaknya ketika waktu pribadi Anda sudah banyak tersita, maka jangan biarkan waktu tidur Anda juga ikut tersita. Anda berhak untuk mengistirahatkan tubuh dan fikiran Anda melalui tidur dengan baik. Jangan abaikan porsi dan kualitas tidur Anda. Karena Anda akan membutuhkan tenaga yang banyak saat bekerja.

2. Jadilah aktif

aktif

Menjadi seorang pengusaha bukan berarti Anda harus duduk lama di depan tumpukan kertas atau komputer. Jika Anda termasuk orang yang aktif maka itu akan sangat menyiksa Anda. Cobalah untuk tetap aktif dan melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang membuat Anda nyaman. Jika Anda nyaman untuk bekerja dengan banyak keluar kantor atau pergi berjalan – jalan maka lakukanlah. Asal tetap konsisten memegang teguh prinsip untuk mencapai tujuan.

Ini juga akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan Anda. Duduk terlalu lama akan membuat Anda mendapatkan masalah pada bagian tubuh belakang. Maka dari itu cobalah untuk lebih sering bergerak baik di tempat kerja ataupun di luar kantor. Anda juga bisa mengikuti kelas gym atau berolahraga sendiri demi menjaga stamina tubuh Anda.

3. Manfaatkan waktu luang Anda dengan baik

memanfaatkan waktu luang

Banyak orang beralasan mendirikan bisnis sendiri agar memiliki banyak waktu untuk diri mereka sendiri, untuk berinovasi, untuk bereksperimen dan untuk gagal. Impian ini memang bagus tapi kenyataannya adalah bahwa menjadi seorang pengusaha yang mandiri itu harus memiliki waktu ekstra untuk bisnis mereka.

Jika Anda merasa lelah jangan paksakan diri Anda untuk bekerja dan berfikir, cobalah ambil waktu luang Anda untuk beristirahat sejenak. Gunakan waktu luang Anda dengan baik dan fokus untuk mengembalikan energi dan fokus Anda pada pekerjaan. Itu akan membantu Anda lebih produktif ketika Anda kembali bekerja.

4. Gunakan waktu Anda untuk mengembangkan hobi

Reading

Ketika Anda memiliki waktu luang untuk istirahat yang lebih, Anda juga bisa menggunakan sisanya untuk mengembangkan hobi yang Anda miliki. Membaca, menulis, berenang atau bahkan memancing. Coba lakukan hobi yang membuat Anda senang dan tidak terpaksa. Ini akan membantu Anda mengembalikan mood saat Anda mulai lelah dan bosan.

5. Milikilah ruang kerja yang nyaman

creative workdesk

Selain membangkitkan semangat dari diri sendiri, Anda juga bisa mencari dukungan dari lingkungan sekitar Anda. Sebagai pemilik bisnis Anda tentu memiliki waktu lebih banyak dibandingkan dengan waktu kerja karyawan Anda. Ini artinya Anda akan akrab dengan ruang kerja yang Anda miliki. Cobalah hias dan buat suasana ruang kerja Anda senyaman dan seindah mungkin. Setidaknya itu indah dan nyaman bagi tempat Anda bekerja nantinya.

6. Berikan batas untuk komunikasi Anda

following trend

Berkat teknologi segala urusan bisnis dan hidup Anda seolah – olah terbantu selama 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu. Itu artinya Anda merasa tidak dapat terpisahkan dari adanya teknologi di sekitar Anda. Teknologi membantu Anda melakukan komunikasi jarak jauh dan komunikasi yang sulit sekalipun bagi Anda. Anda mungkin akan banyak terbantu tapi Anda juga akan merasa banyak dirugikan karena waktu pribadi dan istirahat Anda akan banyak tersita.

Cobalah untuk membatasi komunikasi dengan gadget dan internet selama Anda berada di rumah dan berada di tengah keluarga. Ini akan membantu Anda memiliki waktu pribadi yang lebih optimal dan lebih maksimal.

7. Tetap jaga kegiatan sosial Anda

bersosialisasi

Sekalipun Anda membatasi komunikasi dengan gadget dan internet itu bukan berarti Anda juga membatasi sosialisasi Anda dengan lingkungan. Sesibuk apapun Anda, Anda tetaplah bagian dari masyarakat yang akan terus bersosialisasi dengan sesama. Untuk itu tetap jalin komunikasi dengan teman Anda, tetangga Anda terutama keluarga Anda.

8. Biarkan hari Minggu Anda tetap hari Minggu

sunday

 

Ketika Anda sudah merasa nyaman dan terlalu fokus bekerja, Anda bisa saja lupa bahwa Anda juga memiliki waktu atau hari libur. Hari minggu seolah tidak ada bedanya bagi Anda dengan hari lainnya. Tapi itu tidak baik bagi Anda sendiri. Karena hari Minggu ada untuk membuat setiap mereka yang beraktivitas penuh untuk istirahat dan menikmati hari libur.

Coba manfaatkan hari Minggu Anda dengan baik dan jadikan hari Minggu Anda tetap hari Minggu. Artinya ini hari khusus untuk Anda dan diri Anda sendiri.

9. Jaga kesehatan Anda

mengkonsumsi asuran bergizi

Fisik dan mental adalah modal utama untuk Anda bisa meraih sukses dengan baik. Ketika fisik Anda lemah, maka mental Anda juga akan terpengaruh. Anda bisa saja memaksa untuk kuat, tapi jiwa Anda tidak bisa menerima keterpaksaan untuk terus bekerja disaat lelah. Jaga kesehatan Anda dengan memiliki pola hidup yang teratur. Mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, istirahat dan berlibur dengan baik dan juga banyak tersenyum.

10. Tetap optimis sepanjang waktu

selalu optimis

Mendirikan bisnis sendiri bukan berarti mudah dan jauh dari kata gagal. Tapi lebih dari itu, akan ada banyak resiko yang akan Anda terima saat menjalankan bisnis sesuai dengan kehendak Anda. Tapi itu bukanlah alasan untuk menyerah dan berhenti berusaha. Justru Anda harus menumbuhkan semangat dan memotivasi diri Anda sendiri, di luar motivasi yang diberikan oleh orang lain. Karena semangat yang ditimbulkan dari diri sendiri akan membawa pengaruh lebih besar bagi diri kita.

Baca juga:

Ritual Pagi Hari yang Membuat Anda Lebih Produktif

Tanda Lingkungan Kerja Sehat dan Menyenangkan

Produktivitas Kerja Lebih Mudah dengan 15 Cara Ini

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *