Leadership

12 Tips Agar Resolusi di 2015 Berjalan dengan Produktif

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Perayaan tahun baru 2015 masih saja kita rasakan. Banyak yang kita lakukan untuk menutup 2014 dan menyambut tahun baru ini. Bukan hanya perayaan secara besar – besaran di berbagai bidang, tapi dalam kehidupan sebenarnya kita sedang melakukan peryaan. Perayaan yang kita lakukan salah satunya adalah melakukan banyak rencana atau resolusi yang akan dilakukan ditahun yang akan datang.

Setiap orang memiliki resolusi atas kerja dan kehidupannya masing – masing. Kita memiliki tujuan, rencana dan cara mencapai yang berbeda – beda. Namun yang jelas untuk bisa mewujudkan segala resolusi di tahun yang baru, kita harus berkomitmen untuk bisa bekerja dengan efektif dan produktif. Bagaimana caranya?

1. Membuat rencana kerja setiap hari

Kita memang sudah merasa bahwa memiliki rencana dan harapan di tahun 2015. Kita bahkan sudah mulai membayangkan dan menuliskan rencana selama 1 tahun kedepan. Itu memang hal yang harus dilakukan. Tapi lebih dari itu, setiap hari yang kita lalui juga harus terencana dengan baik. Itu sebabnya kita bisa mulai menyusun rencana harian untuk bekerja.

Tidak ada salahnya menyisihkan 1 jam di malam hari sebelum tidur untuk menuliskan apa saja yang harus dikerjakan keesokan harinya. Ini akan membuat hidup kita lebih terencana dan teratur. Dan sudah jelas akan berpengaruh besar pada kesuksesan hidup dan kerja kita.

2. Buatlah acara rapat lebih efisien

Rapat memang menjadi kebutuhan sebuah bisnis atau perusahaan. Dengan mengadakan rapat, semua orang yang ada di dalam sebuah proses bisnis dapat berkomunikasi dan membuat rencana dengan baik. Tapi terkadang rapat yang tanpa rencana akan menjadi hal yang membuang – buang waktu kita. Seharusnya waktu yang bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, malah dibuang percuma oleh aktivitas rapat yang tidak terencana.

Sebaiknya rencanakan setiap agenda untuk rapat di kantor. Kita juga bisa melakukan rapat hanya dengan beberapa orang di masing – masing bidang. Pekerjaan akan jauh lebih efisien ketika kita menyusun dan merencanakan rapat dengan baik.

3. Jangan hanya fokus mengembangkan kekuatan, fokus juga memulihkan kelemahan

Setiap orang memang memiliki dan harus terus mengembangkan kekuatan mereka. Karena dari kekuatan yang mereka miliki, mereka mampu melakukan banyak hal bahkan yang tidak dia ketahui sebelumnya. Namun mengembangkan kekuatan tidak terlepas dari usaha kita dalam memulihkan kelemahan yang kita miliki. Ketahui apa kelemahan dan kekuatan yang diri kita miliki. Ketika kita sudah tahu, maka kita bisa menemukan cara untuk mengatasi kelemahan, kesulitan dan mengembangkan kekuatan yang kita miliki.

4. Untuk lebih memudahkan dalam bekerja, jangan lupa lakukan upgrade teknologi yang digunakan

Tahun yang berubah tentu juga akan memberikan pengaruh besar pada bidang teknologi. Kita pasti akan tertinggal jauh ketika tidak mau mengupgrade teknologi yang kita gunakan. Teknologi yang kita gunakan memang terlihat sudah up to date. Tapi tidak ketika kita melihat para pesaing kita. Teknologi memang hal yang harus selalu di update agar bisa mengimbangi perkembangan yang muncul di masyarakat.

5. Melakukan perjalanan bisnis dengan cerdas

2015 akan menjadi era dimana sebuah bisnis akan lebih produktif dan para pemilik bisnis harus lebih kooperatif. Mencari dan terus melakukan pengembangan bisnis dilakukan dimana saja. Itu sebabnya perjalanan bisnis akan menjadi hal yang tidak asing lagi di tahun ini. Agar lebih produktif dalam bekerja saat melakukan perjalanan bisnis, ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kita harus selalu memperhitungkan apa yang akan kita kerjakan dengan apa yang harus kita lakukan selama melakukan perjalanan bisnis. Efisiensi dan produktivitas harus selalu dilakukan.

6. Mengatur sistem yang membuat kerja kita lebih efisien

Jika di tahun sebelumnya kita lebih santai dan menjalankan semua apa adanya, maka di tahun ini ubah cara seperti itu. Produktif tidak dimiliki ketika kita hanya santai mengerjakan setiap tugas. Kita harus menyusun dan memperbarui proses kerja yang kita miliki sebelumnya. Atur sebaik mungkin sistem kerja yang akan kita gunakan setahun kedepan. Semua harus diperbarui dan diperbaiki dari sebelumnya.

7. Gunakan waktu di pagi hari dengan lebih bermanfaat

Produktif bekerja dimulai saat kita menggunakan waktu di pagi hari kita. Apa saja yang kita lakukan di pagi hari akan memberikan kita pilihan saat bekerja nanti, apakah jauh lebih produktif atau justru tidak meghasilkan apapun. Gunakan waktu di pagi hari dengan lebih prodktif. Sisihkan waktu untuk sekedar membaca buku, koran atau majalah. Mencari wawasan lebih dan meransang keingintahuan kita akan membantu kita bekerja dengan lebih produktif.

8. Perubahan besar didukung dari lingkungan yang mendukung, seperti ruang kerja

Untuk mendukung produktivitas dan kreativitas saat bekerja, kita bisa mulai dengan menyusun kembali ruang kerja atau meja kerja kita. Bersihkan, rapikan dan bahkan jika memungkinkan beri aksen yang dapat membankitkan semangat diri kita untuk bekerja. Jika bosan dengan yang lama, kita bisa memperbarui dengan menggunakan konsep ruang kerja yang baru. Demi mendukung kreativitas dan produktivitas kerja, kita bisa mulai dari lingkungan kerja kita sendiri.

9. Miliki waktu untuk beristirahat dan merenungkan proses kerja yang dimiliki

Setiap hari kita akan bekerja dengan penuh semangat. Demi memenuhi target dan mencapai harapan yang kita buat. Tapi jangan sampai lupa untuk menyisihkan sedikit waktu yang kita miliki untuk beristirahat. Bukan hanya untuk menikmati makan siang, minum teh atau mengobrol bersama rekan kerja. Tapi juga untuk mengevaluasi apa saja yang sudah dikerjakan, apa saja yang sudah dicapai dan apa saja yang belum terlaksana. Ini akan membuat kita tahu seberapa jauh kita sudah bekerja dan apa saja yang kurang dari upaya kita.

10. Tetap fokus, jangan memaksa untuk multitasking

Fokus mengerjakan 1 pekerjaan dalam 1 waktu akan membuat kita jauh lebih produktif dan efisien. Memang terlihat menghemat waktu ketika kita memaksa untuk multitasking. Tapi ketika kita tidak fokus, maka hasil yang kita berikan justru tidak akan sesuai dengan harapan. Cobalah untuk tetap fokus mengerjakan tugas dan tidak mencoba untuk menjadi multitasking sekalipun dirasa mampu melakukannya.

11. Kontrol diri agar tidak melakukan pemborosan waktu

Ini yang penting, untuk menjadi produktif kita harus bisa mengatur dan mengontrol penggunaan waktu kerja kita. Kita harus mulai belajar untuk membagi waktu antara bekerja, kehidupan pribadi dan juga kehidupan di masyarakat. Gunakan waktu produktif bekerja dengan baik, sehingga tidak mengganggu waktu untuk yang lainnya. Buatlah to do list harian agar lebih terkontrol dalam bekerja. Kita juga harus mempersiapkan waktu – waktu mendesak yang tidak terencana sebelumnya.

12. Bagi waktu demi waktu untuk setiap tugas yang dimiliki

Membagi waktu demi waktu untuk bekerja memang sangat baik. Sama halnya agar pekerjaan dan kehidupan pribadi bisa lebih seimbang. Membagi waktu saat bekerja juga akan membuat kita adil terhadap tugas – tugas yang kita miliki. Lagi – lagi to do list bisa membantu kita untuk bisa adil dan menyeimbangkan waktu kerja dan dalam menyelesaikan tugas.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk mulai mengambil langkah produktif di tahun 2015 ini? Gunakan waktu yang kamu miliki dengan baik agar resolusimu bisa tercapai sesuai dengan harapan :)

Baca juga:

5 Alasan Stress Menjadi Pemicu Produktifitas

Tips Menjadi Karyawan yang Produktif dan Tak Tergantikan

10 Trik Manajemen Waktu untuk Bekerja Lebih Produktif (Bagian III)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *