Technology

12 Tools Super untuk Membantu Pertumbuhan Tingkat Konversi Pengunjung Website

 
  • 19
    Shares

   

Apa yang Anda rasakan ketika makan begitu banyak coklat tanpa campuran gula didalamnya?

Menurut Slideshare.net hal ini sama saja dengan TRAFFIC tanpa KONVERSI di website kita. Bukankah itu artinya sedikti ganjal dan tidak menguntungkan kita sama sekali? Ya, bisa jadi seperti itu. Sebab ketika kita mulai menciptakan dan membangun website untuk bisnis terutama, maka konversi jauh lebih penting daripada sekedar traffic website. Dari sinilah kita bisa menjadikan orang yang datang untuk mau membeli bahkan menjadi pelanggan tetap di website atau toko online kita.

Tapi hal seperti ini sudah menjadi kesulitan yang wajar dihadapi para pelaku bisnis online, terutama mereka yang menggunakan website sebagai sarana untuk berjualan dan transaksi.

Oleh sebab itu banyak perusahaan teknologi menciptakan tools atau aplikasi yang akan membantu kita meningkatkan jumlah konversi di website.

Apa saja tools yang sudah disediakan? Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering dihadapi oleh pemilik website ketika mereka berupaya keras untuk mendapatkan konversi yang besar, dan juga solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan konversi website mereka.

1. Tahukah Anda jika 70% dari pengunjung website tidak akan pernah kembali lagi

Kenapa bisa begitu? Ada banyak alasan sebenarnya, pada artikel berikut ini akan dijelaskan alasan mengapa pengunjung dengan cepat meninggalkan website Anda dan tidak mau kembali lagi.

Optinmonster
Optinmonster.com adalah salah satu solusinya. Dengan tools ini kita bisa mendapatkan banyak email baru dari pengunjung baru di website kita. Beberapa tes seputar model form sudah diuji, begitupula dengan tingkat konversi yang bisa digunakan sebagai acuan kita.

Dengan begitu, sekalipun jumlah pengunjung yang datang tidaklah sebanyak yang sudah ditargetkan, namun kita sudah mendapatkan email mereka yang sudah berkunjung. Kita bisa mulai menetapkan target untuk memfollow up mereka ke proses penjualan produk kita.

Bukankah ini menarik?

2. Anda tentu menginginkan lalu lintas yang padat ke arah konten yang sudah ada

Salah satu yang membuat pengunjung ingin segera pergi dari website Anda adalah karena konten yang mereka cari tidak mereka temukan. Atau bisa jadi konten yang sudah ada tidak menarik untuk dibaca. Jika Anda menginginkan kunjungan yang banyak ke dalam konten yang sudah ada, cobalah untuk melakukan optimalisasi terhadap konten-konten tersebut.

screamingfrog
Screamingfrog.com bisa menjadi tools pilihan Anda. Dengan tools ini Anda bisa mengoptimalkan judul dan juga description konten yang ada. Anda juga bisa melakukan pengawasan terhadap keberhasilan konten yang sudah Anda rubah sebelumnya.

3. Anda ingin mengetahui lalu lintas website pesaing Anda bukan?

Selain melakukan optimasi dari sisi website pribadi kita, jangan lupa untuk belajar dari para pesaing. Lihatlah bagaimana mereka menyampaikan konten, memberikan penawaran sampai melakukan pelayanan.

semrush
Semrush.com bisa membantu Anda untuk mencaritahu kata kunci yang mendorong lalu lintas websiet pesaing Anda. Serta menuliskan konten yang lebih baik daripada mereka.

Anda juga bisa melihat kata kunci apa saja yang biasa digunakan oleh pesaing Anda pada artikel berikut ini. Dari sini Anda bisa melakukan optimalisasi dari sisi SEO webite Anda.

4. Selain konten lama, Anda tentu ingin pengunjung ramai melihat konten baru Anda

inboundwriter

Inboundwriter.com akan membantu Anda memeriksa popularitas tulisan yang baru. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya, seperti:

  • Bantuan untuk menentukan keberhasilan topik konten sebelum akhirnya Anda membuat dan mempublikasikannya. Inboundwriter.com akan membantu memeriksa kompetisi dari topik tersebut.
  • Ini akan membantu melihat seperti apa dan dimana kompetitor Anda menduduki urutan di internet. Dan Inboundwriter.com akan memfokuskan pada kata kunci utama Anda.
  • Selain itu Anda juga akan dengan mudah memperbaiki judul konten, karena tools ini akan memfokuskan pada hal yang paling penting.

5. Kesuksesan Opt-in untuk mencapai konversi impian

optimizely

Dengan menggunakan alat tes seperti Optimizely.com, Anda bisa mensetup beberapa variasi halaman yang sama untuk menentukan mana yang paling optimal digunakan.

6. Anda tentu ingin menjadi sangat populer

buzzsumo

Jangan khawatir tidak dapat menciptakan konten menarik dan dicari-cari oleh netizen, sebab Buzzsumo.com akan membantu Anda menentukan mana topik yang akan membuat konten Anda menjadi sangat populer. Tools ini akan menunjukkan apa-apa saja yang sedang populer saat ini dan apa-apa saja yang bisa Anda jadikan bahan untuk konten terbaru di website Anda.

7. Anda kekurangan sumber untuk mempromosikan konten

Meetedgar.com adalah salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk melihat seberapa besar ketertarikan pembaca ditempat Anda mempromosikan konten tersebut.

edgar
Anda bisa menggunakan Meetedgar.com untuk memanajemen social media bisnis Anda. Dari sini Anda juga bisa menjadwalkan konten yang ingin dibagikan dan ini bisa Anda sesuaikan dengan kategori konten yang akan Anda publish. Mulai dari membangun hubungan dan menambahkan nilai konten bisa Anda lakukan.

8. Anda merasa tidak cukup lalu lintas website yang berasal dari Twitter

Dengan Managefilter.com Anda bisa melakukan pencarian hingga 1000 profile yang ada di social media yang telah disebutkan dalam 2 bulan terakhir. Managefilter.com juga akan menyimpan kriteria pencarian Anda, sehingga Anda dapat kembali menjalankan filter untuk menemukan orang baru untuk ikut terlibat.

9. Anda masih belum mengenal jauh siapa pengunjung website Anda

Memahami siapa pengunjung dan siapa pelanggan Anda adalah sebuah kewajiban yang harus Anda lakukan. Sebab jika tidak begitu Anda tidak akan mudah dalam melayani mereka dan memenuhi kebutuhan mereka.

hotjar

Hotjar.com bisa membantu Anda untuk memahami siapa pengunjung website Anda. Mulai dari:

  • Heatmap: apa yang dilakukan pengunjung di website Anda. Halaman apa saja yang mereka kunjungi dan link apa saja yang mereka klik.
  • Visitor recordings: rekaman dari perilaku pengunjung yang nyata(klik, taps, mouse movements)
  • Form Analytics: Mengetahui apa yang membuat pengunjung menghabiskan waktunya untuk mengisi form. Mengapa form dibiarkan kosong dan mengapa pengunjung tidak masuk ke dalam form ini sama sekali.

10. Blog Anda tidak menghasilkan lalu lintas yang memuaskan dari social media

Ada banyak yang bisa Anda analisa dari masalah yang satu ini. Blog memang bisa dijadikan pendukung dari website utama Anda. Menarik minat pengunjung untuk datang ke website melalui blog. Tapi apa jadinya jika blog pun tidak memberikan hasil yang memuaskan untuk target dan jumlah kunjungan website?

advanced

Anda bisa menggunakan Aminstitute.com/headline untuk mengoptimalkan judul dari blog atau konten yang Anda miliki.

11. Berbagai saluran penjualan tidak menghasilkan konversi

Banyak media yang Anda gunakan tapi tidak cukup menghasilkan konversi? Mulai dari iklan berbayar dan gratis, SEO, Social Media, Blog dan konten sudah Anda lakukan, namun tetap tidak menghasilkan konversi yang banyak. Lalu apa yang harus dilakukan?

Clickfunnels.com adalah solusinya. Mebiso sendiri sudah membuktikan hal ini. Anda bisa memilih jenis saluran dan kemudian memilih template yang sesuai dengan tema promosi ataupun website Anda.

clickfunnels

Dengan Clickfunnels.com juga bisa membantu melihat dan mengelola semua statistik dan konversi untuk setiap halaman yang Anda miliki.

12. Bahkan email marketing yang Anda buat tidak menghasilkan konversi penjualan

Salah satu digital marketing yang bisa Anda lakukan adalah email marketing. Meskipun cara ini tidak begitu terlihat menghasilkan, namun masih banyak perusahaan yang cukup berhasil ketika mengoptimalkan email marketing mereka.

mailchimp
Ada banyak yang bisa digunakan untuk membantu optimalisasi email marketing, mulai dari Mailchimp.com sampai dengan Aweber. Selain itu ada juga tools yang akan membantu kegiatan marketing automation Anda, seperti Infusionsoft, Ontraport, Marketo dan juga Hubspot.

Namun email marketing juga tidak akan bekerja jika tidak menggunakan kalimat yang menarik bahkan menghipnotis pembacanya. Sehingga teknik copywriting sangat perlu untuk Anda pelajari.

Blogger2
Bahkan jika Anda tidak punya waktu untuk belajar teknik copywriting ini sendirian, Anda bisa datang ke Workshop Digital Marketing tanggal 3-4 Oktober mendatang di Surabaya. Di sini akan dikupas habis teknik digital marketing seperti Email marketing dan bagaimana menerapkan copywriting untuk meningkatkan jumlah konversi email dan bahkan website Anda.

Nah, kini saatnya Anda mulai meningkatkan usaha untuk mencapai konversi website impian. Saya, Anda bahkan ribuan pengusaha lainnya tentu tidak ingin merasakan makan coklat tanpa gula? Yang artinya website dengan traffic tinggi tanpa konversi bukan? :)


  • 19
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *