Interviews

12Kaos.com, Karya dan inovasi Gia Prastya dengan Sejuta Manfaat Didalamnya

 

   

Berbisnis bukan hanya sekedar mencari keuntungan, tetapi juga membagikan manfaat bagi orang banyak, inilah yang setidaknya membawa Gia Prastya Septindra(23) mencapai sukses bersama 12kaos.com. Lulusan Sistem Informasi ini memang menitikberatkan manfaat pada setiap apa yang ia ciptakan. Dan tanpa diduga itu berhasil. Gia beserta bisnisnya sendiri sudah mendapatkan 2 prestasi yang cukup membanggakan dan semakin memotivasinya untuk lebih mengembangkan bisnis ini. Lalu bagaimana cerita suksesnya? Ini dia uraiannya:

12kaos

Halo Pak Gia, Bisa dijelaskan apa itu 12kaos.com Pak?

12kaos adalah sebuah industry yang bergerak di bidang fashion, sebuah brand eksklusif, inspiratif, inofatif serta kreatif yang bisa membuat pemakai merasa semakin percaya diri saat mengenakan, karena tagline kami adalah SHARE YOUR SPIRIT. 12KAOS memberikan sesuatu yang simple dalam desain, namun memiliki nilai artistic, edukatif serta focus pada suatu konsep yang melewati batas pola pikir, dan terus berkreasi menembus batasan diri. Dari hal tersebut kami mencoba meciptakan produk yakni kaos motivasi dan kaos hadits.

Apa latar belakang Bapak menciptakan bisnis ini?

Bisnis ini dilatar belakangi karena dewasa ini, perkembangan produksi kaos sangatlah tinggi, disetiap lini usia hingga setiap pelosok kota bahkan desa pun menjadi target utama dalam penyebaran pemasaran kaos. Banyak sekali desain-desain kaos yang kreatif dan menarik, namun hal tersebut hanya terpampang mati kecuali hanya untuk fashion semata.

Sangat ironis memang jika kita melihat kaos yang tiap harinya bisa mencapai angka ribuan produksi, hanya menjadi hiasan yang diam dan membisu. Bagaimana jika paradigma tersebut dibalik? Ribuan kaos yang setiap harinya diproduksi itu bisa menyebarkan kebaikan untuk sesama, serta memberikan dampak positif untuk kehidupan bermasyarakat. Ya, bukan sebuah mimpi lagi jika Indonesia yang kita cintai ini bisa menjadi sebuah negara yang besar dengan bangsa yang memiliki budaya saling berbagi kebaikan hanya dengan mengenakan sebuah kaos. Kaos Hadits dan Kaos Motivasi menjadi sentaja kami untuk merealisasikan hal tersebut.

Produk kami menitik beratkan azas manfaat, yaitu dengan prinsip memberikan manfaat sebanyak-banyaknya dengan cara semudah-mudahnya. Dari azas manfaat tersebut kami mencoba melahirkan ide inovatif yang kreatif serta edukatif dengan membuat 2 produk unggulan, yaitu kaos motivasi dan kaos hadits.

Wah, bukan hanya mencari keuntungan tapi juga menyebar manfaat ya Pak intinya. Lalu di 12kaos ini sendiri produk apa saja yang paling banyak dicari pelanggan Pak?

Produk yang paling sering di pesan adalah kaos hadits, karena selain design yang menarik, kaos hadits juga banyak memberikan manfaat serta kebaikan kepada orang lain, serta khususnya kaos hadits menjadi first brand t-shirt di Indonesia.

Bagaimana cara Bapak dalam memasarkan bisnis ini?

Ada 2 cara pemasaran produk kami, serta total 5 sub pemasaran, yakni:

1. Professional Project

  • Social Marketing: Cara pemasaran ini kami gunakan dengan cara memaksimalkan E-Commerce melalui website www.12kaos.com , Twitter, Facebook, Kaskus, hingga Instragram, hal ini bertujuan untuk mereka melek technology.
  • Corporate Marketing: Cara pemasaran ini kami gunakan dengan cara memberikan penawaran ke perusahaan-perusahaan melalui proposal serta pengenalan company profile kami melalui tim khusus.
  • Conventional Marketing: Cara pemasaran ini kami gunakan dengan cara memasarkan ke distro-distro serta ikut membuka stand pameran saat ada event-event tertentu.

2. Responsibility Project

  • 12KAOS Teach: Kami memberikan pendidikan khusus kepada anak-anak jalanan sebagai bentuk pengabdian khusus terhadap pendidikan, khususnya pendidikan anak-anak jalanan

  • 12KAOS Motivate: Project social lain kami adallah dengan ikut aktif dalam gerakan motivasi INDONESIA BISA, dimana kami memberikan seminar-seminar motivasi untuk generasi muda yang siap membangun bangsa

Wah menarik sekali cara pemasaran yang Bapak lakukan ya. Menjadi enterpreneur di usia muda, bagaimana sebenarnya awal kisah Bapak sebelum menjadi seorang enterpreneur ini?

Awal pertama kali saya masuk kedalam dunia entrepreneur adalah saat saya duduk di bangku kuliah, saat itu saya cukup aktif dalam dunia organisasi kampus, BEM lebih tepatnya. Saat itu saya cukup sering berinteraksi dengan mahasiswa dan masyarakat luas dengan cara berbagi manfaat, baik melalui aksi social, kegiatan rohani, hingga aktif berbagi semangat melalui seminar-seminar motivasi. Namun saya sempat berfikir apakah saya bisa melakukan hal seperti ini selepas saya kuliah? Dari situ terbesit pemikiran bahwa saya bisa berbagi manfaat tidak hanya melalui interaksi langsung, bahkan dengan interaksi tak langsung pun saya bisa berbagi manfaat dengan mereka, bagaimana caranya? Ya, masuk ke dalam kehidupan mereka melalui kebutuhan primer mereka, “sandang” yang saya pilih, tepatnya kaos untuk saya jadikan media berbagi manfaat dan mulai masuk kedalam dunia entrepreneur.

Pengorbanan terbesar saya saat pertama kali terjun ke dunia entrepreneur adalah mengorbankan seluruh biaya kuliah saya saat semester akhir untuk modal bisnis usaha saya, dan ternyata saya gagal untuk pertama kalinya, namun saya tidak menyerah begitu saja, baru lah di semester selanjutnya saya dapat kembalikan uang kuliah saya yang terpakai untuk model tersebut.

Apa yang membedakan bisnis kaos yang Bapak rintis dengan bisnis serupa di luar sana?

Sentuhan yang kami gunakan adalah sentuhan ke agamaan, kebaikan serta semangat untuk siapa saja yang menggunakan, karena selain memberikan rasa kepercayaan diri yang kuat karena design yang “kece”, juga dapat memberikan semangat serta kebaikan untuk siapa saja yang melihatnya.

Jika boleh tahu nih Pak, prestasi apa saja yang pernah Bapak raih selama menjalani bisnis ini?

Saya pernah menjadi salah satu finalis Youth Startup Icon untuk Majalah The Marketeers. Yang kedua adalah menjadi juara lomba wirausaha muda kampus BSI.

Wah prestasi yang cukup membanggakan ya Pak. Lalu pengalaman apa yang sudah pernah dialami nih Pak?

Pengalaman yang telah kami alami selama ini adalah sebagai mitra bisnis perusahaan-perusahaan negeri ataupun swasta serta instansi pendidikan dan organisasi kemasyarakatan. Bahkan salah satu mitra kami yang bergerak di bidang perbankan telah menggunakan produk kami hingga ke Manchester, Inggris, untuk kegiatan temu bintang pemain Manchester United, salah satunya legenda hidup setan merah, Sir Bobby Charlton.

Lalu bagaimana Bapak Gia menilai ruang lingkup market yang ada saat ini?

Untuk menilai ruang lingkup market kami perlu mengkaji lebih dalam baik dengan survey market dan evaluasi pasar untuk mereview hasil di lapangan melaui komentar-komentar dari para customer. Dari hasil evaluasi itulah di lakukan pengambilan keputusan apakah perlu di lakukan perubahan atau tetap bertahan atas kebijakan yang telah di terapkan.

Tantangan apa yang pernah hadapi selama menjadi seorang enterpreneur ini?

Tantangan dan kendala yang pernah saya hadapi adalah saat gagal memulai bisnis di awal memulai bisnis, saat itu saya tidak menyerah dan mencoba mengatasinya dengan mencoba mencari investor dan meyakinkan mereka bahwa usaha ini profitable, dan hal tersebut berhasil dan terbukti.

Lalu apa rencana Bapak kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Untuk rencana kedepan dalam mengembangkan bisnis ini adalah dengan memberikan invoasi-inovasi baru dalam hal design khususnya, salah satunya adalah dengan mengembangkan kategori yang ada, kaos motivasi dengan bethemakan kutipan tokoh, anime, motivator, olahragawan, dll.

Enterpreneur muda dan juga sukses, adakah orang yang menjadi motivator bagi perjalanan Anda?

Ada yaitu Marry Riana, dia adalah motivator wanita terbaik, kalimat yang paling berkesan dalam membangun bisnis saya adalah Hidup adalah perjuangan yang harus dilewati, dengan Merencanakan mimpi, melalui setiap prosesnya, tabah serta yakin, mengubah cara pandang menjadi optimis, dan terakhir jangan merendahkan diri anda, maka mimpi anda akan menjadi nyata. Gunakan hasrat dan hati untuk melangkah bahkan berlari mengejar mimpi

Wah, benar sekali Pak. Untuk yang terakhir nih Pak. Adakah pesan yang ingin Bapak bagi dan sampaikan kepada para pembaca sekalian?

Tuhan menciptakan setiap cobaan itu untuk di tahlukan, bukan untuk diratapi, jadilah seseorang yang tangguh dalam menjalankan bisnis, setiap cobaan itu hikmah karena di setiap cobaan terdapat kebaikan untuk kita dapat mengembangkan usaha kita, Tetap semangat sesulit apapun jalan bisnismu, karena tak ada cobaan yang tak bisa di kalahkan oleh manusia yang kuat dan tabah.

Terimakasih Pak untuk waktu dan ceritanya yang sangat bermanfaat ini. Semoga bisa bermanfaat untuk lainnya. Dan semoga 12kaos selalu dan semakin sukses ya Pak :)


Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *