Leadership

15 Aktivitas yang Membuat Anda Menjadi Pekerja Sukses

 
  • 235
    Shares

   

Bekerja memang kewajiban bagi diri kita untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Tapi bagaimana bekerja bukan hanya menjadi sebuah rutinitas membosankan, melelahkan dan tidak menghasilkan lebih itulah yang harus banyak dicari. Banyak orang sukses yang melalukan hal sederhana untuk dapat bekerja dan menjadi seorang yang sukses dari pekerjaannya. Nah, berikut ini adalah 15 aktifitas yang biasa dikerjakan oleh orang – orang sukses.

1. Sarapan pagi

Begitu pentingnya sebuah asupan di awal hari sebelum berkegiatan. Sudah banyak yang meneliti dan berkata bahwa sarapan pagi sangat penting bagi setiap orang sebelum beraktifitas seharian. Begitupun yang banyak dilakukan dan seharusnya dilakukan oleh para enterpreneur atau pebisnis. Sebelum memulai setumpuk pekerjaan di kantor, mereka harus memiliki bahan bakar untuk proses metabolisme tubuh mereka. Salah satunya yaitu melalui sarapan, bahkan jika hanya selembar roti dan secangkir kopi hangat.

2. Merencanakan hari Anda

Siapapun yang ingin sukses memulai dan menjalani hari – harinya harus tahu apa yang akan dan harus ia lakukan hari itu. Mereka harus memiliki rencana yang akan akan dilakukan selama seharian penuh. Mulai dari to do list tugas hingga acara santai haruslah direncanakan dengan baik. Ini akan membantu para pebisnis untuk dapat bekerja maksimal dan menggunakan waktu dengan optimal. Buatlah sebuah jurnal harian untuk menuliskan apa yang akan dan harus dilakukan hari itu juga.

3. Jangan terburu – buru memeriksa email

Di waktu pagi hari dan saat ponsel Anda berbunyi yang menandakan adanya email yang masuk, janganlah terburu – buru untuk membuka email tersebut. Biarkan diri Anda untuk mempersiapkan fisik dan fikiran Anda dengan lebih baik. Anda bisa mulai dengan membaca surat kabar atau majalah yang akan memberikan fikiran Anda asupan yang santai. Cobalah untuk menunggu sampai pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.00 untuk memeriksa email, setelah Anda menyelesaikan setidaknya satu dari banyak agenda penting Anda. Jika Anda memiliki sebuah pekerjaan penting, cobalah untuk tidak memeriksa email lebih dari 3 kali sehari.

4. Ingat tujuan Anda

Ambil beberapa saat dalam setiap waktu kerja Anda untuk mengingatkan diri apa tujuan Anda dan perusahaan Anda. Anda perlu memikirkan tentang pelanggan potensial dan area mana saja yang paling menguntungkan bagi bisnis Anda. Ini penting dilakukan, karena tidak jarang banyak pebisnis yang terjebak dalam rutinitas harian yang melelahkan, sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan hal yang seperti ini.

5. Single task

Sekalipun Anda dikaruniai kemampuan untuk memimpin perusahaan, tapi itu bukan berarti Anda harus dan terus melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan. Kita hidup di dunia yang menguji kemampuan setiap pribadi untuk melakukan multitasking dalam aktifitasnya. Sayangnya, ketika kita mengerjakan terlalu banyak dalam satu waktu, itu akan mengganggu fungsi utama dari diri Anda sendiri. Sehingga untuk menjadi produktif dan efektif, sebaiknya kita memprioritaskan pekerjaan.

6. Visualisasikan

Beranikah Anda untuk melakukan hal ini? Dalam satu waktu saat Anda bekerja, Anda menutup mata sejenak dan membayangkan bagaimana kesuksesan Anda kedepannya. Bayangkan bagaimana Anda mencapai tujuan Anda itu. Visualisasi adalah alat yang ampuh dan dapat membantu mencapai aspirasi di dalam pikiran Anda sendiri. Ini juga kana memudahkan Anda untuk memasukkan gambar apa yang ingin Anda capai, seperti saat Anda berfikir untuk berlibur ke luar negeri, Anda tidak segan untuk mempajang foto tersebut di meja kerja Anda.

7. Berani berkata “Tidak”

Seorang pengusaha atau pebisnis seperti Anda tentu akan ditimpa tekanan yang besar baik dari tugas ataupun hal lainnya. Anda juga akan ditantang untuk menerima setiap kesempatan yang datang kepada Anda. Namun ternyata tidak semua kesempatan harus Anda ambil dan Anda lakukan, karena tidak semua kesempatan yang datang akan menguntungkan bisnis Anda. Waktu adalah hal yang paling berharga, sehingga Anda harus selektif dalam memilih kesempatan mana yang harus dan akan Anda lakukan.

8. Menghargai setiap waktu yang dimiliki

Waktu adalah uang. Begitulah banyak orang mengatakan dan mengartikan sebuah waktu dalam pekerjaannya. Ini memang tidak salah, karena setiap orang yang menyia – nyiakan waktunya tentu akan kehilangan sedikit dari keuntungan yang seharusnya menjadi miliknya. Dan setiap pengusaha diharapkan untuk mampu menghargai waktu yang dimilikinya, sekalipun hanya sedikit.

9. Delegasi

Saat baru memulai mendirikan sebuah bisnis, menghemat modal adalah hal yang penting dilakukan. Hampir semua pekerjaan akan dilakukannya sendiri, tujuannya untuk lebih mengerti bisnis dan menghemat biaya menyewa orang. Tapi saat bisnis tersebut mulai berkembang bukan tidak mungkin kita akan kewalahan mengatur setiap proses bisnis yang ada. Itu artinya sebuah bisnis sudah harus mempekerjakan seseorang untuk membantunya.

10. Lebih banyak mendengar

Menjadi seorang atasan dalam sebuah bisnis, Anda dituntut untuk dapat menyediakan apapun yang dibutuhkan karyawan hingga pelanggan Anda. Sedangkan diri Anda juga butuh untuk memenuhi apa yang Anda butuhkan. Itu sebabnya, seorang pebisnis harus mampu menjadi pendengar yang baik untuk kemajuan bisnisnya. Mereka harus mau mendengar apa keluhan karyawan dan juga pelanggan. Mereka harus mau mendengar masukan dan kritikan dari banyak pihak. Mengevaluasi dan mengeksekusi kemudian yang harus dilakukannya.

11. Selalu bersyukur

Tidak ada kata puas dalam diri manusia, terlebih jika berhubungan dengan apa yang akan didapatkannya. Ini juga berlaku bagi setiap pengusaha, karena saat apa yang sudah ia dapatkan akan terus ia usahakan lebih baik dari yang sebelumnya. Namun yang paling penting dari kerja keras itu adalah selalu bersyukur kepada Sang Maha Pemberi. Bersyukur tidak akan mengurangi setiap nikmat yang kita dapatkan, tetapi akan semakin menambah lebih banyak dan lebih baik. Inilah yang seharusnya dilakukan oleh semua orang, bukan hanya pengusaha.

12. Berdiri dan sedikit bergerak

Apakah Anda tahu jika duduk terlalu lama akan memberikan efek buruk bagi tubuh Anda? Dokterpun menyarankan untuk mengimbangi duduk saat bekerja dengan aktifitas lain yang mengharuskan kita bergerak. Studi menunjukkan bahwa duduk terlalu lama akan menimbulkan banyak resiko penyakit bagi tubuh, seperti jantung, kecacatan, gagal ginjal, dibetes, berbagai jenis kanker dan juga obesitas. Tidak peduli saat Anda akan bekerja dari pagi hingga larut malam, tapi sebaiknya Anda juga mengambil beberapa menit untuk berdiri dan mengambil aktifivitas istirahat setiap jam atau lebih. Karena ini baik untuk tubuh dan pikiran Anda.

13. Relaksasi

Banyak orang yang meremehkan bagaimana cara mereka bernafas. Setiap jam atau lebih cobalah untuk berdiri dari tempat duduk Anda, melakukan sedikit peregangan dan mengambil sedikit nafas panjang. Sekalipun istirahat dengan cepat tapi ini akan membantu meningkatkan oksigen yang Anda butuhkan. Sehingga akan lebih memudahkan Anda mengerjakan pekerjaan lainnya.

14. Mengambil istirahat makan siang

Selain sarapan, asupan saat makan siang perlu untuk Anda lakukan. Ketika Anda mampu bekerja dengan maksimal di waktu yang sedikit, Anda seharusnya juga memiliki waktu untuk diri Anda sendiri, salah satunya yaitu saat istirahat makan siang. Cobalah untuk benar – benar meninggalkan pekerjaan Anda dan mengambil istirahat makan siang yang memang benar – benar Anda butuhkan.

15. Merapikan kondisi sekitar

Rasa jenuh bisa datang dari manapun dan apapun. Bukan hanya dari pekerjaan yang menumpuk dan target yang memaksa Anda bekerja lebih keras. Namun kejenuhan saat bekerja juga bisa muncul dari kondisi sekitar Anda, seperti meja kerja Anda. Nah, jika sudah begini perlu kiranya Anda untuk melakukan redesign terhadap meja kerja Anda. Mencari suasana baru yang memberikan Anda semangat lebih untuk bekerja.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

10 Karakteristik Umum Pengusaha Sukses

6 Hal yang Bisa Membantu Anda Mencapai Sukses

5 Rahasia Sukses CEO Ternama Dunia


  • 235
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *