Leadership

15 Skill yang Harus Dimiliki Oleh Customer Assistance

 

   

Segala sesuatu baik itu pekerjaan maupun urusan yang berhubungan langsung dengan pelanggan adalah tantangan tersendiri. Sebelum menghadapi pelanggan Anda perlu memiliki beberapa senjata (skills) ini. Mungkin terlihat biasa namun jika bagi pelanggan pelayanan Anda kurang memuaskan, maka Anda harus siap untuk ditinggalkan oleh pelanggan setia Anda.

Jika Anda seorang karyawan yang bekerja di bagian customer assistance, sales, atau yang berhadapan langsung dengan pelanggan, Anda harus memiliki 15 skill dasar ini.

1. Kesabaran

Yap, Inilah yang paling penting harus Anda miliki. Jika Anda ingin menjadi seorang sales atau customer assistance sedang Anda tidak memiliki kesabaran sedikitpun dalam diri Anda lebih baik cari profesi lain. Anda akan banyak berhadapan dengan complain pelanggan, ocehan pelanggan, bahkan makian dari pelanggan. Bayangkan jika Anda mendapati pelanggan complain dengan berbagai ekspresinya kemudian Anda malah marah kepada pelanggan Anda,  Anda akan kehilangan pelanggan potensial bahkan pelanggan setia pun akan meninggalkan Anda.

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan dan yang benar-benar mereka inginkan.

2. Perhatian

Bagi yang merasa pria mungkin harus membaca bagian ini dua kali, jika Anda ingin lebih disayang oleh kekasih Anda. Kemampuan Anda dalam memberikan perhatian bagi pelanggan Anda adalah hal yang penting, karena dengan begitu Anda akan benar-benar mendengar apa yang pelanggan rasakan, baik itu sebuah masukan yang positif maupun masukan yang tidak menyenangkan. Namun apapun masukan dari pelanggan, hal tersebut dapat membuat Anda kedepan lebih baik.

3. Komunikasi yang jelas

Penyampaian informasi kepada pelanggan harus dilakukan secara jelas agar dapat dimengerti oleh pelanggan Anda. Jika pelanggan salah dalam menangkap informasi yang Anda berikan maka itu dapat membuat pelanggan Anda akan merasa kecewa, bahkan bisa jadi Anda akan mengalami kerugian. Berikan informasi yang benar-benar jelas dan dapat dimengerti oleh pelanggan serta hilangkan apapun yang dapat meragukan pelanggan Anda.

4. Pengetahuan produk

Mungkin Anda bukan seorang teknisi atau bidang pekerjaan Anda tidak sampai mencakup hal teknis, namun Anda harus benar-benar mengetahui seluruh pengetahuan tentang produk Anda, bagaimana cara kerja produk Anda, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk Anda. Jika Anda kesulitan dalam hal teknis Anda bisa meyerahkan kepada bagian teknis Anda. Tanpa pengetahuan produk yang matang Anda tidak akan tahu bagaimana cara membantu pelanggan Anda jika mereka mengalami kesulitan.

5. Kemampuan dalam menggunakan bahasa yang postif

Sebagai  Customer Asistan mungkin Anda akan keberatan jika Anda ingin menyampaikan kabar buruk untuk pelanggan Anda. Namum disisi lain Anda mau tak mau harus menyampaikan kabar tersebut. Disinilah peran penting Anda, bagaimana agar pelanggan Anda tidak marah jika Anda beri kabar yang kurang menyenangkan. Anda dapat member kalimat yang bernada positif. Dalam penyampaian, Anda dapat focus terhadap hal-hal yang positif sehingga apa yang Anda katakana tentu akan menjadi sesuatu hal yang dapat diterima oleh pelanggan Anda.

6. Ber-akting

Layaknya pemain sinetron sebagai seorang customer asistan/sales Anda harus bisa berakting. Berakting dalam artian apapun masalah yang Anda hadapi saat itu Anda harus tampak ceria dan semangat, karena kesan yang Anda tunjukkan dapat berpengaruh kepada pelanggan Anda.

7. Kemampuan untuk mengatur waktu

Gunakanlah waktu Anda sebaik mungkin dalam melayani pelanggan Anda. Jika Anda menghabiskan waktu hanya untuk satu atau dua pelanggan saja, kesempatan Anda untuk mendapatkan pelanggan lain akan hilang.

8. Kemampuan “Membaca” Pelanggan

Bagi seorang customer asistan/sales membaca pelanggan merupakan hal yang terpenting, bagaimana suasana hati pelanggan saat ini. Jika Anda dapat membaca pelanggan Anda maka Anda akan tahu pelayanan seperti apa yang bisa Anda berikan, dan jika Anda dapat mengerti Anda, maka pelanggan Anda pun akan puas terhadap pelayanan Anda.

9. Memiliki Sifat Menenangkan

Customer Anda dalam masalah besar, customer Anda gelisah karena produk Anda sedang mengalami gangguan. Disinilah peran Anda sebagai penenang bagi pelanggan Anda, berikanlah kepastian untuk memberikan ketenangan kepada pelanggan Anda.

10. Goal Oriented Focus

Anda berhubungan langsung dengan pelanggan Anda, Anda mendapat complain dari pelanggan Anda, apapun yang Anda alami Anda harus tetap focus kepada tujuan Anda, tujuan Anda sebagai seorang customer assistance adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan Anda.

11. Ability to handle surprise

Jika pelanggan Anda mengalami hal yang buruk secara tiba-tiba karena mungkin produk Anda tidak bisa berjalan secara maksimal, dan Anda merasa terkejut karena secara tiba-tiba Anda mendapat complain. Anda harus dapat mengendalikan situasi yang terjadi, tanyakan apa yang terjadi, dan berikan solusi.

12. Pendekatan

Anda ingin menawarkan produk Anda kepada pelanggan potensial. Anda harus memperhatikan bagaimana cara yang terbaik untuk menawarkan produk Anda kepada calon pelanggan. Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan potensial hanya karena Anda salah dalam melakukan pendekatan kepada calon customer Anda.

13. Keuletan

Semakin banyak Anda menawarkan produk kepada calon customer maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan customer. Keuletan sangat dibutuhkan bagi Anda untuk mencari sebanyak-banyaknya calon customer. Anda tidak menyerah jika terjadi banyak penolakan. Anda terus berusaha untuk menawarkan produk Anda kepada calon pelanggan.

14. Closing Ability

Jika Anda telah mendapatkan banyak pelanggan yang akan membeli produk Anda, maka kemampuan dalam closing yang sangat memuaskan harus Anda miliki. Jika pelanggan Anda  telah memastikan untuk membeli produk Anda maka Anda telah berhasil.

15. Kesediaan untuk belajar

Apapun yang Anda dapat janganlah cepat merasa puas, teruslah belajar. Mereka yang tidak belajar dan menambah ilmu, maka akan tertinggal oleh mereka yang giat belajar dan menambah ilmu mereka.

Baca juga:

Menjadi Customer Service yang Baik dan Disukai Pelanggan

Kunci Meningkatkan Keterampilan Customer Service Tim Anda

8 Cara Jitu Membangun Customer Service yang Optimal

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *