Start A Business

3 Cara Membuat Blog Yang Powerful

 

3 Cara membuat blog yang powerful – Anda pasti sudah mengetahui alasan pentingnya informasi di era berbasis digital saat ini. Kemanapun Anda dan konsumen Anda melangkah, informasi dari berbagai sumber mudah didapatkan. Salah satu media informasi yang masih sering digunakan sebagai referensi bacaan sebelum menentukan pilihan adalah blog. Bahkan, riset menunjukkan dua dari tiga marketing mengatakan bahwa memiliki blog sebagai bagian marketing sebuah bisnis adalah hal yang kritikal dan penting.

Data di tahun 2015 yang dikutip dari search engine people, disebutkan hingga tahun tersebut blog yang sudah terpublikasikan di seluruh dunia sebanyak 250 milyar blog. Jumlah ini terbilang cukup besar. Jumlah ini juga menunjukkan bahwa blog masih menjadi tren dalam perkembangan informasi digital dan marketing online. Selain itu blog akan membantu membawa konsumen Anda menuju website atau sosial media brand Anda.

Sebagai entrepreneur, selain harus pandai dalam menciptakan inovasi produk dan jasa, Anda juga dituntut untuk pandai mengintegrasikan berbagai medium informasi untuk memasarkan usaha Anda. Jika selama ini Anda sudah memulainya dengan menggunakan beragam media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter bahkan beberapa website berjualan online, kenapa tidak mencoba memasarkannya juga melalui blog?

Cara yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal bisa Anda pertimbangkan. Yuk intip 3 cara memulai membuat blog

  1. Pilih platform blogging

Kalau Anda ingin memulai untuk membuatkan blog usaha Anda, cobalah pertimbangkan platform yang Anda gunakan. Selama ini banyak platform gratis untuk blogger pemula. Anda bisa memulai untuk melihat platform seperti wordpress.com, blogger.com, joomla.com, dan Tumblr. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan platform gratis pastikan Anda memahami SEO yang digunakan oleh penyedia platform blog gratis tersebut. Mengutip entrepreneur.com, banyak pemilik bisnis kecil dan menengah menyarankan menggunakan wordpress untuk blog gratis pertama yang ingin dicoba. Selain karena SEO yang mendukung juga pilihan tema dan plug in yang memudahkan konektivitas blog dengan website atau media sosial penggunanya.

Namun, jika Anda memiliki cukup budget untuk membuat blog berbayar, Anda bisa menggunakan jasa premium user di beberapa platform blog. Biaya yang dikeluarkan bisa Anda sesuaikan.

  1. Tentukan nama domain Anda

Terkadang memilih nama domain terasa sulit. Apalagi jika nama usaha Anda ternyata sangat banyak ditemui di Google. Pengalaman untuk menentukan nama domain ini bisa mulai Anda konsultasikan dengan ahli SEO. Jika Anda memiliki banyak waktu luang, cobalah mulai dengan menelusuri nama domain yang Anda sudah list terlebih dahulu. Melakukan survei semacam ini akan membantu Anda sebelum salah menentukan nama domain. Biasanya, nama domain yang sesuai dan mudah di ingat akan mudah menjadi tren di konsumen. Berbagai sumber menyarankan dari rangkaian akhiran domain seperti .com, .net dan .org, penggunaan .com akan lebih menaikkan kredibilitas blog Anda. Pertimbangkan hal ini juga sebelum menentukan domain usaha Anda.

  1. Personalisasikan blog Anda

Apa jadinya jika blog Anda terkesan membosankan dan sama saja dengan blog lainnya? Pertama, blog Anda akan membosankan. Kedua, blog Anda akan tenggelam dengan blog lainnya karena konsumen tidak banyak membuka blog Anda. Ketiga, bersiap-siaplah brand Anda juga terkena imbasnya. Personalisasi blog seunik mungkin akan membawa kesan profesional dan kredibel. Penggambaran brand dengan tampilan blog yang baik akan menaikkan nilai brand Anda. Setelah mendadtarkan brand Anda di platform blog, mulaiulah menata desain blog Anda semenarik mungkin.

 

Jadi, sudah siapkah Anda menciptakan bussiness blog Anda?

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

15 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Blog

8 Kebutuhan Wajib dari Kesuksesan Postingan Blog

5 Tips Memikat Hati Pelanggan Melalui Blog Bisnis

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *