Running A Business

3 Kelebihan CPA Marketing Yang Wajib Anda Ketahui

 

3 Kelebihan CPA Marketing Yang Wajib Anda Ketahui – Ada milyaran website di dunia ini. Dilansir di bulan Januari 2018, Netcraft menyebutkan ada sekitar 1,8 milyar website aktif di dunia. Jumlah ini sangat besar. Perkembangan fenomena ini dibarengi dengan perubahan tren hidup yang disebabkan oleh kemajuan internet. Kemunculan banyak website ini selain menjadi sumber informasi yang beragam, juga menjadi sumber yang memunculkan beragam keuntungan bagi banyak pihak. Salah satunya adalah pihak penyedia jasa layanan iklan dan merchant.

 

Jika Anda rajin menjelajah internet, Anda akan menemukan banyak iklan di situs-situs yang Anda kunjungi. Iklan biasanya bisa berupa banner kecil di pojok website atau yang berukuran screen tampilan utama website. Iklan-iklan tersebut merupakan iklan berbayar. Iklan yang terpasang di website tersebut dibayar dengan kategori tertentu. Salah satu penyedia jasa iklan terkenal adalah adwords by Google.

 

Google dan banyak penyedia jasa layanan iklan ini ini menyediakan sarana bagi banyak pengusaha (merchant) untuk mempromosikan usahanya. Layanan marketing yang disediakan antara lain adalah CPC (Cost per Click), PPC (Pay Per Click), CPM (Cost per Thousand Impression)  dan CPA (Cost Per Action). Macam-macam layanan marketing ini difungsikan untuk beragam kebutuhan dan budget merchant.

 

Dari beberapa layanan iklan tersebut, memang hingga saat ini CPC dan PPC menempati posisi teratas sebagai layanan maketing yang sering digunakan oleh pengiklan. Tetapi, layanan ini memiliki kelemahan. CPC dan PPC memang terhitung lebih murah secara pembiayaan, tetapi layanan marketing ini hanya memberikan data dengan kategori per click saja. Itu berarti merchant tidak akan mendapat data apapun selain traffic lead (orang atau target market) yang mengklik iklan tersebut. Hasil dari CPC dan PPC sering mengecewakan merchant. Sebab hasil data hanya berkisar antara brand awareness bagi target konsumen. Data ini tentu tidak akan pernah berbanding sejajar dengan ekspektasi penjualan oleh merchant.

 

Layanan yang banyak disarankan oleh ahli SEO dan juga konsultan marketing adalah CPA. Cost per Action (CPA) dikatakan lebih efisien karena harganya yang tidak terlalu mahal. Layanan ini juga hanya membebankan biaya kepada pengiklan hanya jika ada action berupa pengisian formulir, subscribe email dan pembelian yang disesuaikan dengan permintaan merchant sebelum iklan naik tayang. Berikut beberapa kelebihan CPA dibanding layanan iklan online lainnya:

  1. Terukur

Cost per Action (CPA) dikategorikan sebagai layanan marketing online yang terukur. Selain karena dampak yang dihasilkan lebih besar daripada CPC (Cost per Click), PPC (Pay Per Click) dan CPM (Cost per Thousand Impression), juga karena data yang terkumpul mudah untuk di tindak lanjuti oleh merchant. Di zaman Internet of Things (IoT) seperti sekarang ini, pertukaran data terutama data target market sebuah merchant amatlah penting. Virginia Rommety mengatakan bahwa “Banyak keputusan besar zaman kini akan diambil dari data yang terkumpul dengan cepat dan bukan hanya sekedar insting belaka”.

 

  1. Memperbesar peluang penjualan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, menggunakan metode CPA berarti merchant mendapatkan keuntungan berupa action dari target market. Action yang dilakukan tentu atas dasar kesadaran. Hal ini akan membuka peluang penjualan semakin besar. Dari data yang terkumpul melalui CPA, merchant bisa melakukan approach atau pendekatan kepada leads untuk menawarkan produk atau jasanya.

 

  1. Efisien

Biaya yang sesuai dengan hasil adalah efisiensi bagi pengusaha. Besar atau kecil biaya bukan ukuran efisiensi. Dampak yang dihasilkan setelahnya adalah segalanya. Menggunakan metode CPA tentu akan mempermudah merchant menghitung efisiensi kerja. Feasibilitas usaha akan mudah diukur jika dampak yang timbul bisa di hitung.

 

Siapkah Anda memperbesar usaha Anda melalui CPA marketing?

 

Baca artikel menarik lainnya:

Selain Website, 10 Media Promosi Inilah Yang Membantu Pebisnis Online Sukses

10 Tips Membangun Toko Online Yang Terbukti Sukses

7 Alasan Masyarakat Berbelanja Online

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *