Start A Business

3 Menit Belajar SEO Online

 
  • 1
    Share

   

3 Menit Belajar SEO Online – SEO ibarat primadona di dunia digital marketing. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh pemilik website agar websitenya mendapat pengunjung yang banyak adalah dengan mengoptimasi SEO websitenya agar mudah ditemui calon pengunjung. Apalagi jika Anda menargetkan konsumen yang datangnya dari sosial media dan internet. Mahir merencanakan keywords SEO adalah kunci sukses mengendalikan traffic pengunjung website.

SEO adalah satu upaya dari pemasaran digital yang wajib Anda pelajari. Walaupun kini banyak jasa SEO, Anda minimal harus mengetahui sedikit dasar dari SEO. Karena bisa menjadi pertimbangan untuk berdiskusi sebelum menentukan memilih jasa SEO.

Beberapa buku yang direkomendasikan untuk Anda baca mengenai SEO antara lain In The Plex: How Google Thinks, Works and shapes our lives karya Stephen Levy, The Google Story karya Eric Schmidt dan Jonathan Rosenburg dan banyak buku rekomendasi lainnya yang mudah Anda temukan di website. Tapi, jika Anda kesulitan untuk belajar lewat buku, berikut website online yang bisa Anda kunjungi untuk belajar SEO…

 

1. MOZ.com

Website Moz adalah website dengan rekomendasi terbanyak untuk belajar SEO secara online. CEO Moz, Sarah Bird mengembangkan perusahaan ini menjadi penyedia konsultasi SEO bagi banyak ahli SEO dan ahli SEO pemula. Website ini awalnya didirikan untuk penjualan software. Kini, Moz berkembang pesat. Selain karena website ini menyediakan layanan kursus bagi siapa saja yang belajar SEO juga karena website ini menyediakan kursus bagi pemula yang ingin mengetahui SEO. Mereka yang secara aktif membangikan konten edukasi untuk ahli SEO melalui sosial media dan komunitas mereka, mengusung tema “Selalu ada jalan lain untuk melakukan marketing.”

 

2. Web-Savvy

Identik dengan generasi yang maju karena melangkah lebih cepat, web-savvy membangun crowd yang sesuai dengan visi mereka. Agency yang berlokasi di Michigan ini mengusung visi menghubungkan orang dengan informasi. Seperti pengertian soal SEO yang berusaha menghubungan beragam informasi dengan beragam kata kunci yang dicari calon pengunjung website. Web-Savvy menyediakan jasa konsultasi SEO, SEO Podcast dan juga kursus online via Facebook.

 

3. Google

Sebagai search engine yang paling banyak digunakan di Indonesia, Google bertransformasi sebagai support sistem bagi entrepreneur atau blogger yang ingin memaanfaatkan mesin pencarian otomatis mereka. Menggunakan algoritma khusus Google, mereka menyediakan dua layanan bagi pengguna website. Pertama adalah SEO organik dan kedua adalah berbayar. Sejak diluncurkannya AMP (Accelerated Mobile Pages), Google menghadirkan tantangan baru. Mereka ingin menciptakan tren pengguna internet yang lebih cepat menggunakan telepon genggam saja. Selain kelebihan tersebut, karena Google merupakan mesin pencari terpopuler, mereka pun memiliki pedoman webmaster yang wajib dipatuhi. Anda bisa mudah mendapatkan pedoman ini untuk Anda gunakan sendiri atau untuk memastikan ahli SEO yang ingin Anda sewa.

 

Selain belajar lewat website, Anda juga bisa mempelajari SEO via twitter atau YouTube. Beberapa Ahli SEO yang bisa Anda follow antara lain @mattcuts, @rustybrick, @bill_slawski, @dannysullivan, @aleyda, @dejanseo, @pointblankSEO atau @problogger.

 

Beragam sumber informasi untuk belajar SEO ini dapat dengan mudah Anda temui. Mencari sumber referensi secara berkala untuk mengupdate SEO skills Anda adalah hal baik yang harus segera Anda lakukan. Sebagai entrepreneur, sekali lagi Anda dituntut untuk mahir dalam banyak hal, bahkan untuk urusan SEO sekalipun. Mengetahui gambaran umum mengenai SEO membuat Anda tidak mudah tertipu jasa SEO abal-abal yang banyak bermunculan kini.

 

 

Baca Artikel Menarik Lainnya:

5 Cara Mengalahkan Pesaing Bisnis Lewat Optimasi SEO

Ini dia, A-Z Kebutuhan SEO Sebuah Website

4 Strategi SEO Yang Dapat Menghancurkan Website Anda

3 Menit Memahami Apa Itu SEO

 


  • 1
    Share

Artikel Terkait

1 komentar

  • 24 April 2018 - pukul 6:41

    ngebantu banget buat aku yang lagi belajar SEO. makasih informasinya. ditunggu artikel-artikel lainnya

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *