Running A Business

3 Tips Memenangkan Keluhan Customer Secara Profesional

 

   

Customer adalah salah satu kebutuhan sebuah perusahaan untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan sukses. Proses perkembangan ini tidak luput dari adanya komplain dari customer. Baik atau buruk komplain yang diberikan akan sangat kita butuhkan. Namun bagaimana sebenarnya menangani keluhan atau komplain customer yang bukan hanya menyelesaikan masalah, tapi juga memberikan pengalaman terbaik bagi customer? Untuk itu perlu kiranya kita melihat sejenak 3 tips utama memenangkan keluhan customer berikut ini.

1. Menangani emosi

Setiap orang yang melakukan komplain atau memberikan keluhan tentu akan didasari oleh emosi baik itu emosi positif ataupun negatif. Namun yang namanya emosi tentu akan merugikan jika tidak dikendalikan dengan cara yang benar. Cara inilah yang harus kita lakukan. Sebagai seoarang customer service kita harus mampu mengetahui dan menangani setiap emosi yang muncul dari customer Anda. Komplain yang muncul harus tersampaikan dengan tenang dan mudah untuk Anda mengerti. Sehingga Andapun mudah untuk memberikan solusi bagi mereka.

2. Memecahkan masalah

Setelah situasi Anda dengan customer sudah dapat terkondisi dan terkendali, ini saatnya Anda memberikan mereka solusi dan jawaban atas keluhan yang mereka berikan. Berikan mereka penjelasan tentang masalah apa yang terjadi sebenarnya. Itu akan membuat customer lebih mengerti dan mudah untuk menerima. Setelah itu Anda bisa membantu customer menyelesaikan permasalahan mereka. Jika memang dirasa bisa dilakukan sekarang, maka mintalah ijin untuk memperbaikinya segera. Namun jika masalah tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka Anda harus meminta ijin untuk memperbaikinya dan menginformasikannya sesegera mungkin.

3. Menghibur dan membuat pelanggan gembira

Tahap yang terakhir tidak kalah penting dari dua tahap diatas. Tahapan ini dinilai paling menyenangkan dari keseluruhan proses yang kita gunakan untuk menangani setiap keluhan customer. Anda harus mampu menghibur pelanggan yang memberikan keluhan kepada Anda. Dengan sedikit guyonan ketika suasana sudah mulai mencair akan menambah kehangat komunikasi Anda dengan customer. Tapi ingat sekalipun bertujuan untuk menghibur, sopan santun tetap menjadi kunci utama Anda dalam berkomunikasi dan menyelesaikan persoalan customer.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

3 Pemahaman Terhadap Pelanggan Menurut Markplus

7 Tahapan Menangani Komplain Pelanggan

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

1 komentar

  • 16 June 2014 - pukul 16:53

    Itu tips bagi para pekerja humas.
    Perlu diingat, produk barang/ jasa perusahaan itu hasil dari sebuah kerja tim, jadi humas tidak bisa sendiri.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *