Running A Business

4 Jaringan yang Sangat Anda Butuhkan dalam Bisnis

 

Jaringan sebenarnya adalah upaya kita dalam membangun sebuah hubungan dengan orang lain. Tidak dapat dipungkiri, karena kita bekerja dan menghasilkan keuntungan tidak dengan usaha kita sendiri. Ada banyak andil orang lain di dalamnya. Banyak pihak yang membantu kita dalam membangun bisnis yang kita miliki saat ini. Tapi jaringan disini bukan yang kita ketahui dulu, seperti mereka yang menjualkan produk kita kepada masyarakat. Lalu apa saja jaringan yang sebenarya sangat dibutuhkan oleh entrepreneur di dunia bisnis? Apa yang membuat mereka begitu penting bagi jalannya bisnis yang kita miliki? Ini dia ulasannya:

1. Pelanggan

Kebanyakan pemilik bisnis tidak menyadari betapa pentingnya seorang pelanggan bagi usahanya. Penting disini bukan hanya Karena pelanggan tersebut yang datang dan membayar untuk produk Anda. Tapi sebenarnya pelangganlah juga yang berperan dalam proses promosi bisnis Anda kepada calon pelanggan Anda yang lain. Jika mereka senang dan puas dengan produk dan layanan yang bisnis Anda berikan, secara otomatis ia akan bercerita dan menciptakan sebuah penilaian di masyarakat. Anda dapat menahan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh pelanggan Anda yang sudah ada, dari pada sulit – sulit mencari yang baru. Teknik Mouth of mouth disini sangat berperan penting.

Pastikan hubungan Anda dengan pelanggan terjalin dengan baik. Carilah sebanyak mungkin informasi kontak mereka. Dengan begitu Anda bisa terus menjaga komunikasi dengan para pelanggan Anda. Ada banyak yang bisa Anda dapatkan dari mereka. Salah satunya yaitu feed back mengenai bisnis Anda.

2. Rekan kerja

Jika Anda merupakan seorang yang sibuk dan memiliki jam terbang yang cukup tinggi untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, dan Anda merasa sedikit kesulitan dalam mengerjakan itu, ini saatnya Anda mulai meminta bantuan dari rekan kerja Anda. Anda harus memiliki orang yang dapat membantu Anda dalam beberapa hal.

3. Mentor

Dibayar atau tidak dibayar, formal atau informal, dekat ataupun jauh, mentor akan datang dalam segala bentuk dan ukuran yang kita butuhkan. Mentor menjadi suatu hal yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis dalam membantu ia menjalankan bisnisnya. Ia akan membantu dan membimbing kita dalam melakukan beberapa hal dalam system bisnis kita. Hubungilah mentor yang benar – benar Anda yakini dapat membantu Anda memecahkan setiap masalah yang Anda hadapi.

4. Sumber referral

Setiap orang diatas dapat kita jadikan sumber untuk mendapatkan bantuan dalam menjalankan bisnis. Tapia da beberapa pihak yang mengatakan, bahwa suber rujukan terbaik adalah orang – orang yang mengenal Anda dengan baik, memahami setiap kekuatan dan kelemahan Anda, dan ia mengenali jenis bantuan dan apa yang Anda butuhkan. Buatlah sebuah jaringan yaitu senang dan saling membantu antara diri Anda dengan sumber referral yang Anda miliki. Pastikan Anda memiliki waktu khusus untuk bertemu dengan orang – orang ini.

Baca juga:

Tips Menjadi Reseller Online Sukses

10 Cara Membangun Relasi Online yang Positif

6 Langkah Mudah Menjalin Networking

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *