Technology

4 Kunci Sukses Bermain Facebook Advertising

 

   

4 Kunci Sukses Bermain Facebook Advertising – Siapa yang sudah mulai beriklan dengan Facebook Ads ? Bagaimana hasilnya ? Sudah menghasilkan kah? Atau justru malah masih boncos terusss ? Nah Kali ini saya akan membahas mengenai “4 Kunci Sukses Bermain Facebook Advertising”.

Apa saja sih kunci nya? Yuk simak penjelasan dibawah ini :

1. Memahami Karakter Target Anda.

Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.
Oleh karena itu, sebelum Anda mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Anda targetkan.
Sebelumnya saya pernah membahas mengenai bagaimana menentukan target market di materi sebelumnya. Bisa dicheck lagi ya teman-teman, sembari mengingat heheheh…

 

2. Membuat Iklan yang menarik untuk Target Anda.

Memahami format iklan yang Anda buat amatlah penting. Seperti yang Anda ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:

a. Teks
b. Gambar

Dua komponen iklan ini (teks dan gambar) yang akan menentukan bagaimana performa iklan anda saat tayang, karena iklan ini akan dilihat oleh orang-orang yang sudah anda targetkan tadi.

Bayangkan jika anda hanya menuliskan copywriting yang biasa aja dan seadanya? Apakah orang-orang akan merasa tertarik untuk mengklik iklan anda? Belum lagi jika gambar yang digunakan asal alias apa adanya. Orang kalau lihat juga udah males duluan hehehe. Jangan disepelekan, hal ini banyak sekali disepelekan namun kenyataannya banyak iklan kurang bagus karena beberapa hal ini.

Oleh karena itu bila anda ingin iklan anda powerfull, Anda harus mulai memikirkan konsep iklan anda seperti apa. Jangan asal dan mulai Analisa penyebab kenapa iklan anda kurang maksimal.

Jika teman-teman tidak bisa menggunakan photoshop atau sejenisnya, teman-teman bisa menggunakan akses desain online di www.canva.com . disini anda bisa mengatur ukuran sesuai keinginan anda, dan penggunaannya pun tidak terlalu ribet.

3. Memanfaatkan Fitur-fitur Target Market.

Selain membuat iklan yang menarik, Anda harus memanfaatkan fitur-fitur di Facebook Ads. Lalu, fitur apa saja yang disediakan oleh facebook? Yuk simak dibawah:

a. Custom Audience
Apa itu custom audience? Apabila Anda memiliki database seperti email dari customer Anda sebelumnya, maka dengan menggunakan custom audience yaitu Anda dapat memasukkan list email tersebut ke dalam Facebook dan Facebook akan mendeteksi siapa saja dari database tersebut yang memiliki akun Facebook.

Sehingga hal ini memungkinkan Anda membidik target audience mereka yang ada di list email Anda dan aktif di facebook.

b. Retargeting
Apa maksud dari retargeting? Jadi anda bisa mengiklankan kembali orang-orang yang sudah berinteraksi dengan anda. Miasalkan jika anda pernah membuat iklan video atau mempunyai website, maka anda bisa mengiklankan kembali ke mereka.

Enak sekali bukan? Jadi orang-orang yang terkena iklan anda setidaknya sudah mengetahui produk yang anda jual.

c. Lookalike Audience
Fitur ini mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience lama Anda.
Jadi bisa Anda lihat, apabila Anda mengerti kegunaan masing-masing fitur diatas dan strategi optimasinya, Anda akan mendapatkan calon customer yang jauh lebih berkualitas di Facebook dan tentu saja membantu Anda untuk mencapai omset penjualan yang lebih tinggi.

 

4. Cara mengkonversi yang tepat.

Setelah iklan Anda berjalan, biasanya Anda mulai mendapatkan cukup banyak orang yang melihat dan merespon iklan anda. Pada tahap ini Anda harus memahami bagaimana cara agar orang – orang yang merespon iklan Anda ini pada akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk Anda.

Jadi, kita harus mempunyai Teknik follow up calon pembeli kita agar mereka bisa tertarik dengan produk yang kita tawarkan.

Karena saat calon pembeli yang banyak masuk menanyakan sesuatu mengenai produk kita, jika Teknik merespon/follow up nya kurang bagus ya percuma, tidak akan ada closing yang akan terjadi.

Jadi gimana teman-teman? Sudah mulai paham kah? Kurang lebih seperti itulah tekniknya. Bisa coba dipraktekkan juga ya manteman.

 

Sumber artikel: 

Tulisan ini ditulis oleh Rosanti Dian Oki Pradani di grup https://www.facebook.com/groups/MahirMarketing/

 

 

Baca artikel menarik lainnya:

Apa Itu AME Facebook? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara Membuat Visi Yang Besar

3 Cara Membangun Jaringan Ribuan Reseller


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *