Leadership

4 Rutinitas yang Penting Dilakukan Oleh Seorang Sales

 

   

Sales merupakan kunci dari penjualan sebuah perusahaan. Jika seorang sales gagal dalam melakukan penjualan, maka bisa dipastikan tidak akan ada uang yang masuk. Lalu apa yang bisa dilakukan seorang sales agar berhasil? Karena penjualan terbaik adalah penjualan yang terencana.

1. Buat List Klien

Buatlah list klien yang nantinya akan dapat tawaran produk anda. Dalam list tersebut, masukkan klien-klien besar. Mungkin awalnya anda masih belum mampu untuk menjangkau klien tersebut. Namun semakin bertambahnya pengalaman anda, maka bukan tidak mungkin anda dapat menjangkau klien-klien tersebut.

2. Cari Tahu Apa yang Mereka Butuhkan

Sebagai seorang sales, anda salah jika anda hanya menawarkan produk. Anda harus bisa mengetahui kebutuhan dari klien anda. Cari tahu apa saja yang mereka butuhkan. Dengan cara pembicaraan kecil dan berkala, anda akan mengetahui apa yang pelanggan anda butuhkan.

3. Lakukan Pembicaraan Ringan

Ada seseorang yang menginginkan pembicaraannya langsung ke poin utama. Namun kebanyakan juga nyaman dengan berbasa-basi terlebih dahulu dengan seorang sales. Pendekatan dengan cara ini bisa memperbesar kemungkinan keberhasilan menjual produk anda. Karena klien anda akan percaya kepada anda sebagai teman, bukan sebagai sales.

4. Mintalah untuk Direferensikan

Jika anda sudah berhasil dengan baik dalam menjual beberapa produk dan customer merasa puas dengan kinerja anda, mintalah untuk direferensikan. Tidak dapat dipungkiri jika word of mouth merupakan cara marketing paling mudah dan paling murah. Jadi jika mereka puas, tidak ada salahnya kan untuk meminta untuk direferensikan?

Layaknya seperti mempelajari hal lain, untuk menjual juga merupakan hal yang tidak mudah pada awalnya. Namun jika anda sering berlatih, pengalaman itu akan terus bertambah dan anda akan menemukan kunci dari seni menjual produk. Yang perlu diingat adalah, inti dari sales adalah melakukan pendekatan dan menjadi sahabat dari calon customer anda.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *