Running A Business

4 Tips Menggunakan Jaringan untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

 

   

Jaringan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan bermasyarakat, tidak terkecuali sebuah bisnis. Bisnis akan hidup dengan mudah dan lama di masyarakat, jika ia memiliki jaringan yang kuat. Namun membentuk jaringan bisnis yang kuat tidak semudah ketika kita hanya mencari dan hanya ikut – ikut suatu komunitas saja. Ini bisa membawa nama bisnis dan menciptakan penilaian tertentu atas brand yang kita bawa dalam jaringan. Untuk itu kita perlu menggunakan dan memanfaatkan jaringan bisnis semaksimal mungkin untuk bisa benar – benar menumbuhkan bisnis kita. Beberapa caranya antara lain yaitu:

1. Sebelum meminta, berilah terlebih dahulu

Sangat penting untuk kita menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis kita. Relasi atau jaringan bisnis memberikan pengaruh dan manfaat baik untuk bisnis kita. Ada baiknya kita terlebih dahulu membangun sebuah hubungan sosial dengan sesama jaringan yang terbentuk, sebelum pada akhirnya kita meminta bantuan. Cobalah untuk lebih banyak memberi daripada meminta.

2. Batasi permintaan

Hal diatas bukan berarti melarang Anda untuk meminta sesuatu pada jaringan atau hubungan social yang terbentuk. Anda masih bisa tetap meminta tapi dengan batasan – batasan tertentu. Dan Anda bisa meminta pada bagian yang benar dan tepat. Ini akan membuat Anda dan jaringan Anda lebih nyaman.

3. Hindari memiliki motif tersendiri

Dalam melakukan suatu kegiatan, usahakan untuk tidak menyelipkan maksud tersembunyi dari kegiatan tersebut. Salah satunya ketika Anda bertujuan ingin meminta nasihat dari anggota jaringan Anda, tapi ujung – ujungnya Anda malah mempromosikan bisnis atau layanan Anda. Tidak sedikit dari mereka yang akan merasa tersinggung atau tidak lagi percaya dengan Anda. Jika memang ingin melakukan kegiatan promosi, maka lakukanlah dengan cara yang benar dan diterima anggota jaringan Anda dengan nyaman.

4. Hindari bahasan yang kontroversial

Sebelum kembali pada tujuan awal yaitu meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui jaringan, kita perlu untuk menciptakan dan menumbuhkan rasa nyaman terlebih dahulu di antara anggota jaringan dengan menjaga setiap bahasan yang diberikan. Cobalah untuk tetap memberikan dan menyampaikan bahasan yang benar, tidak terlalu berat ata tidak terlalu promosi dan mudah diterima oleh anggota jaringa yang lain.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

10 Cara Membangun Relasi Online yang Positif

3 Cara Mendapatkan Feedback Secara Online

9 Tips Mempertahankan Sales di Berbagai Musim


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *