Leadership

42 Cara Membuat Tahun 2015 Semakin Luar Biasa

 

   

2015 sudah terlihat sebagai tahun yang besar bagi siapapun. Bagi mereka yang bekerja, sekolah atau menjalankan bisnisnya sendiri. Berbagai goals, tujuan dan pencapaian sudah mulai dirancang untuk bisa mendapatkan kebaikan di tahun ini. Tapi goals tinggi saja tidak cukup untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena usaha keras dan doa adalah cara terhebat agar kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Agar semakin luar biasa, lakukan 42 cara ini untuk tahun 2015 yang akan kamu jalani.

1. Mulailah setiap hari dengan penuh pengharapan. “Sesuatu yang indah akan terjadi hari ini”. Ucapkan hal sederhana ini kepada diri kamu sendiri agar lebih bersemangat menjalani aktivitas kedepannya.

2. Asumsikan niat yang baik untuk setiap pekerjaan. Prasangka buruk akan membuat kita tidak tenang saat bekerja dan memberikan kita kesengsaraan dalam hidup. Sementar itu berasumsi baik dan positif akan memberikan kita kekuatan lebih untuk hidup kita.

3. Hindari berita – berita negatif. Ketika sebuah cerita atau berita membuat kita kesal dan marah, cobalah untuk tidak terlalu mendengarkan bahkan menanggapinya. Kecuali itu 100% relevan dengan kehidupan kita dan dapat mengubah hidup kita.

4. Jadilah orang dengan pemahaman yang lebih untuk segala sesuatunya. Memiliki prasangka dan mendengarkan apa yang orang lain katakan juga akan membuat kita jelas memahami sesuatu. Kita harus pintar memahami apa yang mereka katakan, memilah dan memilih mana yang bermanfaat untuk kita dan mana yang tidak sama sekali.

5. Mempercantik area kerja. Sejauh mungkin kita bekerja tidak akan merasa nyaman ketika lingkungan kerja tidak mendukung. Cobalah untuk mempercantik ruang kerja, meja kerja dan lingkungan kerja lainnya, agar menciptakan suasana nyaman dan positif.

6. Menyelesaikan tugas besar dimulai dari langkah yang kecil. Ketika sebuah tugas tunggal nampak luar biasa, cobalah untuk mulai menyelesaikannya dengan langkah yang kecil. Satu per satu dan pilihlah dari tugas yang menyita waktu lebih sedikit daripada yang lainnya.

7. Bernafas lebih santai. Ketika kita mengambil nafas dalam – dalam maka tubuh kita akan lebih rileks. Lakukan ini secara berkala untuk waktu – waktu tertentu. Dan itu pada akhirnya akan menjadi lebih otomatis.

8. Lakukan upaya tunggal untuk tugas yang banyak. Menggabungkan item to do list ke dalam sebuah proyek atau usaha tunggal, karena itu akan lebih mudah untuk dikerjakan dan diselesaikan.

9. Membuat atau bergabung dengan sebuah komunitas. Kita hidup bermasyarakat, saling berbagi ilmu, pengetahuan, informasi dan solusi. Memiliki dan bergabung dengan sebuah komunitas adalah cara kita menemukan banyak ruang dan teman baru dalam kehidupan kita. Banyak berbagi akan membuat kita lebih bahagia dan memiliki ilmu lebih banyak lagi.

10. Membuat daftar musik yang banyak. Membuat sebuah library atau perpustakaan untuk musik yang biasa kita dengarkan akan membuat kita lebih berenergi dalam beraktivitas. Mengelompokkan masing – masing sesuai dengan kebiasaan kita akan membuat kita nyaman dan tenang saat mendengarkannya.

11. Memiliki hobi yang berbeda dari pekerjaan. Kadang kita merasa bosan dan jenuh ketika mengerjakan tugas di depan monitor setiap harinya. Menemukan hobi yang mengharuskan kita bergerak dan melakukan aktivitas fisik akan membuat kita lebih berenergi dan aktif dalam bekerja.

12. Lebih sering melamun. Ketika kita membiarkan pengalaman mengembara pada akhirnya akan memiliki wawasan yang akan membuat kita dan tim lebih kompetitif.

13. Menghindari hal yang tidak bisa dikendalikan. Mengikuti tren atau berita tentang ekonomi, lalu lintas, politik dan sebagainya yang tidak bisa dikendalikan akan membuat waktu kita terbuang percuma.

14. Lakukan hal – hal mudah di awal hari. Carilah to do list atau tugas – tugas yang mudah setiap harinya yang akan berefek besar pada karir dan bisnis kita. Lakukan hal atau tugas – tugas tersebut pertama di hari kita.

15. Jangan pernah menjadi seorang yang membenci orang lain. Membenci seseorang atau sesuatu adalah racun untuk hidup kita. Itu akan menggerogoti energi dan kesehatan fisik dan batin kita. Memaafkan kesalahan dan melupakannya akan membuat kita nyaman menjalani aktivitas.

16. Mengatur pola makan sehat. Ambil makanan sehat seperti buah atau sayuran segar sebelum mulai bekerja. Memakannya dan mengurangi makanan manis yang biasanya kita konsumsi.

17. Makanlah sesuatu yang lezat. Daripada mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan lezat bisa kita dapatkan dari rumah kita sendiri. Dengan memanggang roti untuk sarapan, membawa bekal nasi dan sayur akan lebih membuat kita sehat.

18. Menutup aktivitas harian dengan rasa syukur yang besar. Tepat sebelum tidur, tuliskan sesuatu yang indah yang terjadi pada hari itu. Ucapkan syukur karena telah berhasil melalui hari dengan baik dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

19. Menikmati kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan mereka masing – masing. Mereka bisa tahu dan mengoreksinya sendiri, selain mendapat kritik dan masukan dari orang lain. Jangan ragu untuk mengkritik diri sendiri, bahkan tertawa saat tahu apa salah dan keterbatasan yang kita miliki. Dan siap untuk memperbaikinya.

20. Memaafkan orang lain lebih sering. Daripada membuang – buang energi untuk menyalahkan dan menghukum kesalahan orang lain, akan lebih nyaman ketika kita membawa diri untuk memaafkan mereka dan bergerak maju dari masalah yang ada.

21. Mendapatkan rileksasi setiap hari. Jangan hanya berfikirtentang seberapa banyak dan berat beban pekerjaan kita. Fokus saja untuk menyelesaikannya dengan sebaik mungkin dan bayangkan bahkan kita akan mendapatkan rileksasi dan ketenangan ketika sudah berada di dalam rumah.

22. Setiap orang berhak mendapatkan hadiah ketika bertemu dengan kita. Hadiah bagi mereka yang kita jumpai memang sederhana, seperti ucapan terima kasih, sapaan nama, tersenyum dan bahkan mengangguk dengan ramah.

23. Berikan penghargaan untuk diri kita sendiri. Beri diri kita sebuah tepukan atau ucapan selamat atas pencapaian tugas kita. Bahkan jika tugas kecil itu merupakan upaya untuk mendapatkan hasil yang besar.

24. Memiliki koneksi lebih banyak dengan teman – teman di luar pekerjaan. Menghabiskan waktu dengan mereka yang tidak satu tempat kerja atau satu profesi dengan kita akan menciptakan keseimbangan lebih baik dalam hidup kita.

25. Memiliki satu set kepentingan yang memperluas wawasan. Alih – alih menjadi seorang workaholic, secara aktif mencari kepentingan dan aktivitas yang dapat memperluas pikiran dan wawasan kita.

26. Membantu seseorang yang kurang beruntung. Memberi kepada orang lain adalah cara terbaik untuk menciptakan rasa syukur atas apa yang kita dapatkan dalam hidup.

27. Tertawa lebih sering. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tertawa tidak hanya membuat Anda lebih bahagia, hal itu juga membuat Anda lebih sehat karena menghilangkan stres.

28. Melapaskan hasil kerja yang sudah dicapai. Setelah kita mengambil tindakan dan tidak ada lagi yang bisa dilakukan, maka coba untuk melupakan hasil yang sudah didapatkan dan fokus untuk mengerjakan sesuatu yang ada di tangan.

29. Berikan batasan untuk penggunaan sosial media. Menggunakan sosial media memang baik untuk komunikasi dan hubungan dengan dunia luar. Tapi penting untuk kita memberikan batasan saat menggunakannya. Agar tidak merugikan siapapun di dalam hidup kita.

30. Tidak ragu untuk melepaskan argumen. Beberapa argumen atau perdebatan yang tidak patut diperjuangkan, sebaiknya dilepas dan tidak dilanjutkan. Lebih mudah untuk menangani orang ketika mereka berfikir bahwa mereka sudah merasa menang.

31. Selalu menjaga integritas. Kita tidak pernah bisa bahagia di tempat kerja jika kita membiarkan orang lain masuk dan mengganggu integritas pribadi kita. Jadi kita harus benar – benar menjaga integritas dimanapun dan kapanpun.

32. Selalu perhatikan akhir dari aktivitas kita. Sekalipun diperlukan tenaga ekstra untuk melakukan beberapa pekerjaan ketika secaa teknis itu tidak bekerja baik, kita perlu waktu untuk mengisi ulang baterai dan tenaga kita.

33. Merenunglah lebih sering. Banyak studi ilmiah mengungkapkan bahwa doa dan meditasi berpengaruh pada kondisi fisiologis kita menjadi lebih baik.

34. Jangan berjanji yang berlebihan. Kita memang harus antusias dan bekerja keras, tapi jangan membuat janji – janji yang tidak bisa kita penuhi kepada orang lain. Ketahui kemampuan diri sendiri dan itu akan membuat kita siap memberi janji kepada orang lain.

35. Cari inspirasi dari banyak sumber. Isi saat – saat tenang dengan mendengarkan musik, membaca buku, browsing di internet dan melakukan diskusi yang saling menginspirasi. Itu akan membuat kita terinspirasi dan semangat menggapai mimpi.

36. Jangan ragu mengatur ulang rencana. Kita bisa membuat keputusan yang lebih baik jika kita tahu bagaimana seharusnya kita bertindak dan memutuskan tindakan. Itu akan membantu kita mencapai rencana jangka panjang.

37. Menyeimbangkan beban kerja kita. Jika kita harus melakukan A, B, C dan D dalam waktu bersamaan, maka pilihlah setidaknya 3 dari 4 rencana yang bisa kita kerjakan. Daripada memaksakan untuk menyelesaikan semua tugas dalam 1 waktu singkat yang kita miliki.

38. Merekam kenangan yang baik. Bila kita mengalami momen khusus, maka jangan ragu untuk merekam dan mengabadikannya melalui ponsel ataupun jurnal kita. Itu akan membuat kita bersemangat ketika melihatnya lagi.

39. Menolak diri untuk menjadi stres. Daripada menggunakan kata “stres” ketika kita sedang sibuk atau berada di bawah tekanan, maka orang saat ini lebih senang menggunakan kata yang memotivasi diri mereka seperti “senang” atau “semangat”.

40. Bersantai selama beberapa menit. Tidak peduli berapa banyak tekanan yang kita dapatkan di tempat kerja, kita akan mendapatkan leih banyak hal yang bisa dilakukan jika kita memiliki waktu untuk beristirahat setiap jamnya.

41. Jangan memaksakan kemampuan diri. Kita mengenal sifat alam yaitu adanya perubahan. Dan itu artinya tidak akan ada yang tetap sama. Jadi jangan takut dengan kemampuan diri sendiri.

42. Jadwalkan waktu untuk berkonsentrasi. Sisihkan waktu setiap hari untuk berkonsentrasi untuk bekerja. Kadang kita juga membutuhkan waktu untuk sendiri agar bisa berkonsentrasi menyelesaikan tugas yang memang membutuhkan konsentrasi berkelanjutan.

Baca juga:

Raih Sukses Dengan 21 Aturan Ini

10 Langkah Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil

15 Aktivitas yang Membuat Anda Menjadi Pekerja Sukses

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *