Technology

5 Tips Aman Aktivitas Online dari Google

 

   

Zaman yang makin canggih tentu membuat banyak orang yang tidak bertanggungjawab semakin banyak. Setiap orang yang menggunakan internet memiliki motif dan tujuan yang berbeda. Itu sebabnya sebagai salah satu pengguna aktif internet kita perlu ekstra hati – hati dalam menjaga semua data yang kita simpan di internet. Data sekecil apapun diinternet bisa merugikan kita ketika tidak bisa kita jaga dengan baik. Itu sebabnya Google menawarkan solusi keamaan untuk setiap aktivitas online kita. Dan berikut ini ada 12 tips untuk menjaga aktivitas online kita.

1. Buat password yang lebih aman dari sekedar “1234”

1234 adalah password yang umum dan mudah untuk ditebak oleh orang. Selain itu password berupa nama, tanggal lahir, alamat email dan lain sebagainya juga contoh dari password yang umum digunakan. Tapi agar lebih aman, jangan buat password yang mudah dikenal oleh lingkungan kita. Buatlah kombinasi password yang cukup rumit. Agar tidak lupa dengan password yang rumit, simpan password di dalam sebuah aplikasi seperti Keepass. Selain itu juga ganti password secara berkala untuk meminimalkan mudah tertebaknya password kita sebelumnya.

2. Lindungi akun dan selfies kita

Tidak jarang kita akan menggunakan perangkat yang berbeda – beda. Untuk melindungi akun pada browser atau akun yang sebelumnya digunakan, kita bisa menambahkan verifikasi ketika akan login. Tujuannya agar ketika orang lain menggunakan perangkat itu, mereka tidak bisa masuk ke dalam akun kita.

3. Gunakan teknik pengamanan yang berbeda – beda

Satu perangkat memiliki banyak teknik pengamanan yang berbeda – beda. Seperti password, PIN, finger print dan lain sebagainya. Dengan ini pengamanan seperti di perangkat mobile akan menjadi lebih baik.

4. Jangan tunggu untuk melapor ketika menemukan kesalahan

Google memang akan langsung bertindak ketika ada yang salah di internet, seperti kesalahan di Youtube. Tapi tim Google sangat butuh bantuan para netizen untuk ikut memantau penjahat internet atau hacker. Ketika kita melihat kesalahan bisa langsung dilaporkan kepada Google.

5. Terus update browser kamu supaya aman dari serangan hacker

Salah satu solusi untuk menjaga keamanan data di internet, ada baiknya untuk terus mengupdate versi browser yang kita gunakan ke versi yang terbaru. Karena setiap versi browser memiliki teknik pengamanan yang akan jauh lebih kompleks lagi.

Sumber: Mashable.com

Anda Patut Waspada dengan Security Bug Berbentuk Hati dari Hearbleed

11 Tips Tingkatkan Security Website

Apa Sih Bedanya HTTP dan HTTPS? Pelajari disini


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *