Technology

5 Aturan Keterlibatan di Sosial Media

 

Sosial media masih menjadi pilihan bagi bisnis untuk mendekatkan diri dengan pelanggan – pelanggan mereka. Bukan hanya itu, mereka juga masih terus mengandalkan sosial media untuk bisa mendapatkan orang baru yang mengenal bisnisnya. Karena sosial media memiliki cara yang mudah dan target yang luas. Sehingga sangat cocok untuk pebisnis yang ingin menambah pelanggan dan mempertahankan yang sudah ada. Sekalipun mudah, namun sosial media masih memiliki aturan untuk dapat membuat keterlibatan atau hubungan baik dengan pengikut – pengikutnya.

1. Gunakan humor

Pengguna sosial media bukan hanya mereka yang benar – benar membutuhkan konten kita. Terlebih mereka yang ingin berbisnis dengan kita. Ketika kita hanya menyodorkan konten bisnis atau penawaran produk, mereka tentu akan langsung keluar dari lingkaran akun sosial media kita. Kita tentu tidak akan bisa memaksa mereka untuk ikut dengan jalan dan bahasan kita. Sebaliknya, justru kita yang harus mau dan bisa mengerti bagaimana mereka membutuhkan kita.

Kita bisa menyisipkan humor pada postingan atau komentar di konten sosial media kita. Memberikan sedikit sentuhan yang lebih santai akan memberikan lebih banyak tanggapan pada konten yang kita buat. Itu tidak akan membuat mereka bosan dan justru ingin terus mengetahui update konten kita.

2. Mempromosikan artikel menarik

Ketika Anda berniat untuk memposting sebuah informasi tentang bisnis, jangan lupa bahwa mereka juga ingin mendapatkan informasi umum dari postingan kita. Saat kita menemukan sebuah artikel menarik dari berbagai sumber, kita bisa mencantumkannya dalam postingan konten kita saat itu. Tidak perlu artikel yang terlalu berat bahasanya, cukup artikel yang benar – benar menarik dan dibutuhkan.

Kita juga bisa mengubah sedikit dari kata – kata yang akan diposting. Anda bisa menggunakan kata – kata yang lebih mudah dipahami dan menarik bagi pembaca. Jangan memaksakan diri untuk menampilkan konten yang tidak sesuai dengan pengikut kita.

3. Gunakan fitur favorit

Fitur favorit di Twitter adalah cara cepat untuk mengakui bahwa kita peduli terhadap pengikut kita, sekedar melihat mereka kembali melalui tweet mereka ataupun menyapa mereka. Kita memang tidak bisa menyapa selalu pengikut kita, tapi kita menunjukkannya ketika tombol favorit itu mulai kita gunakan.

4. Jangan lupa selipkan obrolan

Ketika ada satu atau dua komentar dari pengikut kita, jangan sia – siakan mereka. Ikutlah mengobrol dan memberikan tanggapan yang mereka butuhkan. Itu akan membuat mereka benar – bena diharapkan dan dihargai. Komentar yang diposting juga tidak perlu terlalu resmi, tunjukkan saja gaya dari akun sosial media yang Anda bangun. Dan seimbangkan dengan apa yang dibutuhkan oleh pengikut Anda. Keakraban harus dijalin dengan mudah dan benar, karena ini akan belanjut pada hubungan selanjutnya. Terlepas dari apakah mereka berdampak pada bisnis Anda atau tidak, yang terpenting adalah mendapatkan mereka terlebih dahulu.

5. Gunakan teknik offline

Ketika kita sudah berusaha kerasa membangun hubungan di sosial media, jangan lupa bahwa hubungan secara langsung melalui media offline juga sangat penting. Melalui hubungan offline yang dibangun, kita akan dengan mudah mendapatkan apa yang kita inginkan dari mereka. Keuntungan dari sisi penjualan akan dengan cepat kita peroleh. Anda bisa mengajak pengikut akun sosial media untuk berkumpul dan membuat sebuah group yang didalamnya membahas banyak hal dan melakukan banyak hal yang juga menghubungkan bisnis Anda. Anda bukan hanya akan mendapatkan pengikut tapi juga mendapatkan keuntungan lebih bagi bisnis Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

4 Kesalahan yang Biasa Dilakukan oleh Perusahaan untuk Sebuah Kampanye Sosial Media

10 Tanda Kesalahan Anda Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis

10 Peraturan Marketing di Sosial Media

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *