Start A Business

5 Cara menjadikan Facebook sebagai sarana marketing bisnis Anda

 

   

5 Cara menjadikan Facebook sebagai sarana marketing bisnis Anda – Facebook bukan lagi hanya media sosial yang mempertemukan sesama kawan lama. Misi Mark Zuckerberg untuk menciptakan Facebook sebagai medium untuk bisa ‘reunian’, justru berubah secara masif menjadi medium promosi andalan.

Facebook melalui aplikasinya berhasil menjadi tempat no 1 di dunia yang berisi pertemanan online dan sharing online terbesar. Tidak salah kalau kemudian Facebook mendapatkan predikat sebagai marketing tools masa kini. Tapi, apakah semua jeli melihat peluang ini? Atau justru terkungkung oleh stigma yang sering beredar bahwa berjualan lewat Facebook sulit dilakukan? Kami akan membagikan kepada Anda 5 cara menjadikan Facebook sebagai sarana marketing andalan bisnis Anda…

  1. Facebook bussiness page untuk bisnis Anda

Terlalu banyak pengguna Facebook yang salah kaprah. Mereka tidak betul-betul memanfaatkan fitur yang dibuat Facebook untuk berjualan. Salah satu yang diciptakan Facebook untuk para entrepreneur adalah Facebook Bussiness Page. Berbagilah banyak cerita, gambar dan video disana! Page khusus berjualan ini dapat Anda buat dengan membuat akun Facebook biasa terlebih dahulu. Kemudian buatlah page berjualan disana. Kelebihan jika Anda membuat page bisnis di Facebook adalah Anda bisa menggunakan fitur ‘promote’. Fitur ini hanya bisa digunakan di Facebook Bussiness Page.

  1. Facebook ads

Pernah melihat iklan di sekitar page home Facebook Anda? Itu adalah classic ads yang diciptakan Facebook untuk brand yang ingin mengiklankan produk atau jasanya. Biasanya ads atau iklan ini dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Anda dapat dengan mudah mengaturnya sebelum melakukan persetujuan menaikkan iklan. Dalam fitur ini selain dapat mengatur budget iklan, Anda juga dapat mengatur target audience Anda berdasarkan usia, lokasi, pendidikan dan kesukaan. Anda pun bisa seketika menghentikan promosi hanya dengan satu klik dibagian setting ads.

  1. Mengadakan Kontes

Anda pasti sesekali pernah melihat kontes yang diadakan oleh salah satu page brand tertentu di Facebook. Besarnya minat masyarakat untuk mengikuti kompetisi bisa menjadi peluang untuk Anda. Walaupun memang, Facebook tidak mengakomodasi setiap kontes yang terselenggara via aplikasinya, namun bukan berarti ini adalah ide buruk kan? Membuat kontes akan membantu Facebook bussiness page Anda untuk semakin naik dan mendapatkan liker yang banyak. Jika follower page bisnis Anda bertambah, peluang berjualan pun ikut bertambah besar.

  1. Maksimalkan promosi Anda dengan Facebook Promote Post

Hampir mirip dengan Facebook ads. Facebook Promote post juga tersedia untuk pengguna Facebook yang ingin mempromosikan postingannya. Tapi bukannya ini terdengar over budget? Bukankah jika sudah mengikuti page Facebook bisnis kita, pasti otomatis pengikut mendapatkan post dari page bisnis kita? Ternyata, belum tentu. Facebook menciptakan algoritma yang memungkinkan pengikut page bisnis Anda untuk melewati postingan Anda. Oleh karena itu, mereka menciptakan fitur Facebook Promote Post yang bisa Anda sesuaikan budgetnya untuk mempromosikan postingan Anda. Fitur ini hanya menagih biaya jika postingan mencapai target audience nya.

  1. Gunakan Facebook Open Graph

Apakah istilah ini masih terdengar asing bagi Anda? Facebook di bulan April 2010 merilis Facebook Open Graph untuk memudahkan pengguna Facebook menghubungkan akun Facebooknya dengan website lain. Jika Anda mencoba mempelajari Facebook open graph, maka Anda akan bisa mengkoneksikan website usaha Anda dengan Facebook. Hal ini sangat bermanfaat, sebab pengguna akan mudah menemukan Facebook bussiness page Anda hanya dengan satu klik saja.

 

Baca artikel menarik lainnya:

4 Cara Sukses Promosi di Facebook

Sukses Jualan Online Melalui 6 Jurus Ampuh Instagram Marketing

Untung Rugi Affiliate Marketing

 


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *