Leadership

5 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Nilai Super dari Pelanggan

 

   

Pernahkah kita mendengar, jika sebuah sapaan akan membangun keakraban sekalipun awalnya tidak saling mengenal? Itu memang benar. Ini terbukti pada suatu proses dimana pemilik usaha yang berusaha mendapatkan pelanggan dengan menyapa mereka terlebih dahulu. Sebuah sapaan dan keakraban akan memberikan nilai lebih bagi bisnis Anda. Pelanggan akan menyukai jika bisnis yang mereka pilih bukan hanya memberikan layanan terbaik, tapi juga pelayanan yang memuaskan. Lalu bagaimana mencari nilai lebih dari seorang pelanggan untuk bisnis yang mereka pilih? Berikut ini ada 5 tips yang bisa kita simak untuk mencari tahu apa yang membuat pelanggan bertahan pada sebuah bisnis.

1. Berhati – hatilah saat berkata

Kredibilitas Anda tergantung pada kemampuan Anda dalam menepati janji yang Anda berikan kepada pelanggan. Memang benar, kita disarankan untuk mampu memberikan janji dalam menarik perhatian mereka. Namun apa yang akan terjadi saat Anda lali dan tidak menepati janji tersebut. Segala kata – kata manis akan berubah menjadi bencana bagi hubungan Anda dengan pelanggan. Menarik perhatian tidak harus selalu dengan memberikan janji yang tidak mungkin Anda berikan. Pastikan apa yang Anda ucapkan adalah apa yang Anda miliki dan mampu Anda berikan bagi pelanggan Anda.

2. Jujurlah

Saat Anda mampu maka katakanlah mampu, saat Anda merasa belum mampu maka jangan sungkan untuk berkata belum mampu. Ini akan membuat Anda jauh lebih terhormat daripada Anda memaksakan diri berkata mampu sedangkan sejujurnya Anda tidak mampu. Pelanggan akan kehilangan rasa percaya mereka dan mulai mundur dari bisnis Anda saat Anda tidak jujur terhadap mereka. Jadilah jujur dalam setiap aspek bisnis Anda. Kejujuran menjadi hal yang utama dalam menjaga kredibilitas Anda dan bisnis Anda.

3. Selalu tepat waktu

Kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis adalah saat bisnis tersebut bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan tepat waktu seperti apa yang ia katakan. Terutama untuk sebuah bisnis dibidang jasa, ketepatan waktu menjadi kunci sukses perkembangan bisnis mereka. Ketepatan waktu dan hasil dari penyelesaian masalah akan menjadi tolak ukur nilai dari pelanggan terhadap suatu bisnis. Contohnya ketika bisnis Anda bergerak dibidang jasa seperti jasa antar barang, itu artinya Anda harus mampu berkomitmen memberikan kontribusi berupa ketepatan waktu dalam mengirim barang ke tujuan. Saat Anda telat mengirimkan barang terlebih dengan alasan yang tidak bisa diterima klien, maka kepercayaan mereka akan berkurang atau bahkan hilang.

4. Akui kesalahan

Tidak ada proses bisnis yang tidak memiliki salah, baik dari perencanaan, proses produksi ataupun pelayanan terhadap pelanggan. Penting bagi kita untuk mengatakan dan mengakui kesalahan yang bisnis kita lakukan kepada pelanggan yang memberikan komplainnya. Dalam mengakui kesalahan jangan ragu dan jangan malu untuk meminta maaf terlebih dahulu kepada mereka. Dan yang paling penting adalah jangan hanya memberikan janji untuk mampu menyelesaikan segala masalah yang mereka miliki. Saat Anda tidak malu mengakui kesalahan, maka mereka juga tidak akan ragu untuk memberikan kepercayaan kepada Anda untuk memperbaiki salah tersebut.

5. Tenang saat menghadapi masalah

Seorang pebisnis bukan hanya harus berani tapi juga harus memiliki rasa sabar saat menghadapi setiap masalah. Karena dalam setiap proses bisnis, kesalahan akan banyak ditemui dan harus dihadapi untuk diselesaikan. Seorang pebisnis harus mampu mengatur setiap emosi dan ego mereka untuk dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Ketenangan mereka dalam mengahadapi masalah akan membantu mereka menyelesaikan masalah dengan cepat dan dengan hasil yang tepat. Jadilah orang yang tenang sehingga mampu menjadi penenang bagi pelanggan yang menghadapi masalah.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

10 Kualifikasi Bagi Customer Service Bisnis Anda

3 Tips Meningkatkan CRM (Customer Relationship Management) Perusahaan Anda

4 Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis Anda


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *