Start A Business

5 Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Endorse Selebgram

 

   

5 Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Endorse Selebgram – Setiap hari kita berjualan. Setiap hari kita menjual hal yang melekat pada diri kita. Di dunia yang ramai dengan media sosial ini, kita dipermudah untuk melakukan penjualan hanya melalui media sosial.

 

Tren pemasaran atau marketing yang terus berkembang ini, membawa semua entrepreneur pintar dalam memasarkan produknya. Salah satunya adalah memanfaatkan selebgram untuk memasarkan produknya. Tren Endorse selebgram mulai ramai sejak tahun 2016. Terdapat dua tipe endorsment selebgram yaitu Paid Promote (PP) dan Paid Endorse (PE). Kedua tipe ini mempengaruhi besaran biaya yang akan dikeluarkan merchant. Tipe Paid Promote biasanya memiliki durasi sebelum dihapus dari halaman instagram akun selebgram tersebut. Sedangkan Paid Endorse mewajibkan merchant untuk memberikan produk yang ingin di promosikan melalui akun selebgram.

 

Keuntungan marketing melalui endorse selebgram adalah biaya yang relatif besar dan market yang disasar sangat luas. Yuk intip beberapa selebgram yang pintar memanfaatkan endorsement sebagai trik marketing mereka….

 

  1. Rachel Venya

 

Sosoknya yang cukup fenomenal membuat Rachel Venya menjadi salah satu selebgram langganan endorsment. Entrepreneur muda ini juga banyak memanfaatkan ketenarannya di media sosial sebagai daya tarik untuk beberapa brand. Bukan hanya dari brand terkenal saja, Rachel Venya juga banyak menerima endorse dari pelaku usaha kecil dan menengah. Berawal dari endorsment pribadi hingga akhirnya ketenaran selebgram ini juga berimbas pada suami dan anaknya. Beberapa brand bahkan menjadi langganan di akun instagram selebgram ini. Akun @rachelvenya kini memiliki 2 juta pengikut. Rata-rata likers setiap postingannya berkisar 200 ribu likers.

 

  1. Gisella Anastasia

Artis sekaligus istri dari Gading Martin ini terkenal lewat salah satu ajang pencarian bakat di televisi nasional. Setelah sosial media instagram menjadi medium yang masif untuk melakukan kegiatan marketing, ia pun menjadi selebgram langganan endorsment. Selain Gisel, Gempi putri sulungnya pun tak surut dari endorsment berbagai merchant. Akun @gisel_la banyak memposting mengenai kegiatan sehari-hari Gisel dan keluarga. Brand yang banyak mengendorse biasanya adalah brand kecantikan, perlengkapan bayi dana anak hingga fashion.

 

 

  1. Bara Ilham (Tanboykun)

Terkenal lewat akun YouTube nya, Tanboykun ini masuk dalam jajaran selebgram kuliner yang patut dipertimbangkan. Bernama asli Bara Ilham, ia memang terkenal dengan kuliner dan makan besar. Akun yang memiliki follower sebanyak 500 ribu ini banyak memposting mengenai brand kuliner dan bahan baku kuliner. Ia fokus membranding dirinya dengan sebutan mukbang-travelling-vlogger.

 

 

  1. Shareena Delon

Berhenti dari dunia entertaiment, Shareena Delon justru berhasil menjadi selebgram dengan banyak endorsment. Menggunakan tampilan instagram yang identik dengan tema vintage, Shareena banyak mendapat endorse dari brand ternama. Tidak hanya endorse untuk dirinya saja, suami dan anaknya pun juga menjadi langganan endorse beberapa merchant.

 

 

  1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Anda pasti mengenal dua nama ini. Melalui satu akun saja, mereka menjadi selebgram termahal untuk promosi menggunakan teknik endorsment. Mempromosikan barang melalui halaman instagram dan status snapgramnya, akun ini sangat ramai mendapat endorse dari brand terkenal dan usaha kecil dan menengah. Kisaran harga endorse akun @raffinagita1717 ini menembus angka hingga puluhan juta rupiah.

 

Memilih menggunakan selebgram untuk menjadi marketing usaha Anda adalah alternatif pilihan. Teknik endorsment memang banyak dilakukan dan terbukti meningkatkan follower dan penjualan. Tetapi, Anda harus tetap mengingat bahwa perhitungan dan analisis yang matang sebelum menentukan selebgram untuk Anda endorse adalah hal yang bijak. Seperti apa yang dikatakan Will Keenan, “Ini bukan perihal apa yang Anda promosikan, ini adalah perihal strategi yang Anda gunakan.”.

 

Baca juga artikel menarik lainnya:


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *