Start A Business

5 Jenis Lapak yang Digunakan untuk Jualan Online

 
  • 3
    Shares

   

Perkembangan dunia internet, membawa masyarakat menjumpai banyak perkembangan di bidang lainnya. Seperti saat kita hendak menjual sebuah produk, dari yang dulunya berjualan di toko atau lapak biasa, kini kita sudah bisa menjualnya secara online, baik dengan marketplace, sosial media maupun website. Nah apa saja sebenarnya lapak yang sering digunakan untuk berjualan online oleh para pebisnis online tersebut? Berikut ini ulasannya:

1. Marketplace

marketplace

Marketplace atau kios online, menjadi tempat pertama bagi sebagian orang yang ingin berjualan online. Ini dibuktikan dari banyaknya yang menggunakan marketplace dari awal adanya hingga saat ini. Marketplace masih dicari, karena harga yang akan dikeluarkan jauh lebih sedikit daripada jualan online lainnya. Namun ada juga kekurangan yang akan diperoleh saat berjualan lewat marketplace, salah satunya yaitu kontrol terhadap barang dagangan kita tidak bisa semaksimal ketika menggunakan website. Kita juga akan sedikit merasa kerepotan jika banyak dari pengunjung yang ingin order dan menghubungi lewat telepon.

2. Sosial media

sosial media for business

Sosial media juga menjadi sarana atau lapak untuk berjualan online. Sosial media kini juga memiliki fungsi lebih untuk sebagian orang. Selain untuk benar – benar bersosial dengan orang banyak, sosial media juga menjadi pilihan untuk lapak berjualan. Selain mudah, pengguna sosial media juga tidak terbatas. Sosial media yang biasa digunakan adalah Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan masih banyak lagi. Jika menggunakan sosial media, kita bisa mulai dengan membuat akun khusus dan mengupload semua foto produk yang ingin dijual. Kita juga harus menambahkan deskripsi, harga dan kebutuhan lainnya. Kita juga bisa menandai teman – teman atau rekan kerja yang kita kenal. Tapi ini sama halnya dengan marketplace, yang sedikit banyak akan merepotkan kita disaat pelanggan ingin membeli lewat telepon, dan inbox sosial media.

3. Forum online

Forum online

Melakukan berbagai cara untuk bisa menjaring network dalam berbisnis harus selalu dilakukan, salah satunya yaitu dengan mengikuti beberapa forum online, seperti forum bisnis. Disana selain kita bisa bertemu dan memiliki banyak rekan baru, kita juga bisa sembari berjualan. Kita bisa menawarkan barang dagangan kita kepada forum – forum baik online maupun offline. Kita bisa menambah daftar forum yang kita ikuti jika itu online. Ini akan sedikit membantu kita, karena orang yang akan melihat produk kita akan jauh lebih banyak.

4. Webblog

blogging

Webblog sekarang ini bukan hanya sebagai sebuah sarana atau wadah orang yang menyukai dunia tulis menulis menuangkan segala ide mereka. Namun blog juga sudah digunakan sebagai blog toko online. Seperti halnya WordPress dan Blogspot yang menjadi blog paling populer digunakan. Dengan menggunakan blog, akan lebih mudah dalam memasukkan gambar product yang dijual. Namun masih ada kekurangannya, yaitu masih dari saat pemesanan produk yang masih secara manual atau melalui telepon dan alat komunikasi lainnya. Dan jika menggunakan blog juga masih menggunakan nama domain yang menyertakan nama blog tersebut, sehingga tidak memudahkan dalam mengingatnya.

5. Website toko online

website toko online

Yang terakhir dan yang paling terkenal saat ini yaitu website toko online. Apalagi yang diragukan jika kita menggunakan lapak ini untuk berjualan. Dengan domain yang sudah menggunakan domain pribadi kita sendiri sehingga lebih memudahkan dalam branding, website toko online yang sudah banyak digunakan, juga sudah dilengkapi dengan segala sistem yang dibutuhkan untuk toko online. Seperti Order, shipping, konfirmasi pembayaran dan lain sebagainya. Saat ini juga sudah banyak yang menyediakan jasa pembuatan website toko online yang menyediakan kelengkapan fitur toko online yang dibutuhkan, itu membuat kita semakin mudah dalam berjualan online. Dan juga sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur SEO, yang memudahkan kita dalam menjangkau pasar yang lebih banyak dari yang sekarang. Namun mungkin ada beberapa kalangan yang mengatakan jika menggunakan website toko online akan mahal saat membelinya, namun semua tergantung pilihan masyarakat.

Nah, bagaimana menurut Anda? Anda yang memiliki dan bergelut di bisnis online, wadah atau tempat yang manakah yang Anda gunakan untuk berjualan? Bisa di share di kolom komentar :)

Baca juga:

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 3
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *