Start A Business

5 Kiat Sukses Mengelola Stres bagi Para Pengusaha

 
  • 121
    Shares

   

Pernahkah Anda berpikir sebelumnya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses? Ya, hal ini bukanlah sekedar impian yang dimiliki oleh 1 atau 2 orang saja. Kini di zaman yang sudah sangatlah modern, menjadi seorang pengusaha sukses adalah impian yang besar. Memiliki bisnis yang berjalan dengan baik, memiliki penghasilan yang mampu memenuhi semua kebutuhan diri dan bahkan karyawan sampai dengan sukses mengembangkan bisnis sampai ke luar negeri.

Ya, menjadi pengusaha sukses tidaklah didapatkan dalam 1 malam dan dengan cara yang mudah. Banyak orang yang harus banting tulang siang dan malam, memutar otak berkali-kali sampai tidak jarang mengalami kerugian finansial maupun hal lainnya. Menjadi seorang pengusaha sukses memang bukan perkara yang mudah. Stress bukanlagi hal yang aneh di kalangan pengusaha yang sedang berusaha mengembangkan bisnisnya.

Tapi menjadi seorang pengusaha bukan hanya harus pintar dalam bidang bisnis, tapi juga emosi. Ya, mengatur emosi diri agar tidak mudah stress dan tetap bisa mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik. Berikut ini kami bagian tips untuk para pengusaha sukses dalam mengelola stress mereka.

1. Milikilah alternatif tempat untuk menyalurkan energi

Jika Anda telah memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, tentu Anda tidak lagi terikat oleh peraturan kantor dan jauh lebih bebas. Artinya Anda memiliki kesempatan untuk pergi kemana saja, kapan saja dan dengan siapa saja di jam-jam kerja Anda. Tentu saja tujuannya bukan hanya sekedar bersenang-senang, tapi juga untuk mencari ide bahkan relasi bisnis yang baru.

Dengan menemukan tempat baru, Andapun dapat menyalurkan energi untuk mengurangi stres dan rasa lelah Anda dalam bekerja. Misalnya saja, Anda mengambil 30 menit waktu istirahat untuk makan di luar, mengunjungi tempat baru dan mengalihkan sejenak fokus Anda kepada hal yang menyenangkan.

2. Gunakan minimal 2 menit di pagi hari

Menjadi pengusaha tentu akan membuat banyak waktu Anda tersita untuk urusan bisnis. Bahkan akan ada banyak waktu yang Anda lewatkan untuk bisa mengembangkan bisnis Anda. Mulai dari waktu berkumpul dengan keluarga, teman, bahkan orang terkasih Anda yang lain. Tapi tetaplah ingat, bahwa Anda memiliki waktu downtime untuk bersantai sejenak. Membersihkan pikiran atau mencari ide baru untuk bisnis Anda.

Anda bisa mengambil setidaknya 2 menit di pagi hari Anda untuk melakukan apapun guna membersihkan pikiran Anda. Seperti pemanasan, menghirup udara pagi dan berolahraga. Mungkin hal ini sedikit sulit ketika kita merasa masih ingin tidur lebih lama. Tapi kebiasaan ini akan membuat kita benar-benar mendapatkan pikiran yang fresh dan siap untuk bekerja.

3. Tetapkan waktu kerja dan waktu istirahatmu

Sekalipun Anda memiliki banyak waktu untuk mengerjakan tugas di perusahaan Anda sendiri, demi mengurangi kelelahan yang berlebih dan stres yang menumpuk, Anda bisa mulai mengatur waktu bekerja dan istirahat Anda. Seperti pada teori Pomodoro, yang mengajarkan kita mengatur waktu kerja dan istirahat, yaitu 25 menit bekerja, 5 menit istirahat, dan begitu seterusnya.

Anda bisa menuliskan to do list malam sebelumnya. Menguraikan apa saja yang harus Anda selesaikan dan harus Anda kerjakan hari itu juga. Dengan to do list pekerjaan Anda akan jauh lebih teratur dan waktu pun bisa diaplikasikan dengan lebih bermanfaat lagi. Artikel berikut bisa memberikan inspirasi Anda seputar to do list saat bekerja.

4. Milikilah ritual setiap pagi

Tahukah Anda ada banyak manfaat yang tersembunyi ketika Anda mau bangun pagi dan melakukan aktivitas ringan di pagi hari. Menciptakan ritual di pagi hari, seperti melakukan ibadah, berolahraga, minum teh sambil baca koran, dan lain sebagainya. Dengan mengerjakan ritual ini, tentu pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan siap untuk memulai hari di kantor.

5. Fokuslah pada pekerjaan Anda

Stres bisa muncul dari banyak hal, termasuk dalam diri kita sendiri. Setiap orang dikaruniai kemampuan untuk mampu memahami sampai di titik mana kekuatan mereka untuk mengerjakan sesuatu. Sekalipun banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan, tapi menjadi multitasking bukanlah sebuah keahlian yang disarankan.

Ada baiknya kita fokus pada 1 jenis pekerjaan sampai mencapai hasil yang sudah ditetapkan. Bukan mengerjakan banyak pekerjaan dalam 1 waktu sekaligus dan tidak memperhatikan kekuatan fisik dan mental kita. Bukannya selesai dan target tercapai, saat kita lelah, pekerjaan itu akan jauh lebih buruk.

Nah, begitulah setidaknya 5 tips sederhana yang bisa mulai kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Terlebih bagi para pemula dalam bidang bisnis.

Pemilik dan pengelola bisnis kecil atau UMKM tentu harus rajin mencari cara dan strategi baru dalam mengembangkan dan membesarkan bisnis mereka. Mulai dari promosi produk sampai pengiriman produk ke tangan konsumen.

Jika itu Anda, Anda tidak perlu lagi khawatir, karena dengan mengikuti acara seminar yang diadakan oleh Markplus, Anda bisa menemukan cara yang terbaik untuk mengembangkan bisnis.

Acara ini mengambil tajub “Meningkatkan penjualan omzet Anda secara efektif dan efisien”. Acara ini mengundang para pelaku UMKM untuk sama-sama belajar dan mendapatkan ilmu untuk mengembangkan bisnisnya.

Banner Mebiso

Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan omzet yang lebih besar bisa mengikuti acara ini. Detail acara bisa Anda lihat di halaman informasi berikut ini. :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 121
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *