Technology

5 Kunci Perlindungan Data

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Siapa yang ingin kehilangan berbagai data penting yang berisi aset perusahaan yang sangat berharga? Tentu saja siapapun baik karyawan biasa ataupun pemilik perusahaan ingin selalu merawat dan menjaga data yang mereka miliki. Ini berkaitan dengan semakin berkembangnya dunia teknologi yang membuat semua bisa dilakukan untuk mendapatkan data yang diinginkan. Untuk itu kita harus tau dan paham bagaimana caranya untuk melindungi dan menjaga data penting yang kita miliki. Dan di bawah ini beberapa diantaranya:

1. Backup otomatis

Kita tidak akan pernah tau apakah Harddisk atau Harddrive yang kita gunakan dalam laptop ataupun PC akan terus menjaga data dengan sangat baik. Kita tidak bisa memperkirakan kapan mereka akan rusak dan tidak lagi bisa digunakan. Oleh sebab itu, kita perlu untuk melakukan perlindungan seperti dengan memberikan Backup otomatis dalam perangkat yang kita gunakan. Jika Anda memiliki website dan hosting, rutinlah untuk meminta data backup website Anda. Harian, mingguan atau bahkan bulanan Anda harus melakukannya. Ini demi keamanan data penting yang Anda miliki.

2. Menggunakan VPN

Di jaman yang sudah sangat mudah seperti ini tentu tidaklah sulit untuk bekerja di luar meja kerja atau kantor Anda. Anda bisa bekerja dimanapun Anda berada asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Namun apakah ini aman bagi Anda? Password dan data penting Anda bisa saja terancam karena kebebasan berbagi di internet ini. Namun Anda bisa mencegahnya dengan hanya menggunakan satu perangkat untuk bekerja dan me-remote nya dari luar ruangan. VPN atau Virtual Private Network bisa menjadi pilihan Anda untuk melindungi cara kerja Anda yang serba mobile ini.

3. Melindungi perangkat saat ingin update

Jika Anda sadar hampir setiap tahun atau bahkan hari akan ada bentuk dan jenis perangkat baru yang bahkan terkadang memaksa Anda untuk menggunakan yang baru. Tapi bagaimana dengan data Anda di perangkat lama? Apakah akan aman atau harus Anda pindahkan? Jika Anda ingin seluruh data Anda aman, maka pindahkan saja. Contohnya jika Anda ingin berganti gadget handphone, Anda bisa terlebih dahulu mengeluarkan kartu SIM sebelum mengganti ulang, sehingga data Anda tidak jatuh ke tangan yang salah. Pastikan Anda memindahkan data penting yang Anda butuhkan.

4. Memberikan perlindungan terhadap bencana

Pentingnya update dapat membantu Anda dalam melindungi data dari ancaman bahaya. Bahaya yang seperti apa? Anda tentu sangat dan berusaha menjauhi bahaya dalam pekerjaan Anda, seperti pencurian, hacker dan lainnya. Salah satu yang bisa Anda lakukan dalam mencegah hal ini adalah dengan rutin melakukan update terhadap software yang kita gunakan. Selalu rutin juga dalam melakukan backup data.

5. Melakukan pemulihan setelah bencana

Sebagai bagian dari proses perencanaan hingga pemulihan dalam bencana yang mengancam data yang Anda miliki, Anda harus membuat sebuah aturan dalam lingkungan kerja Anda untuk melindungi data perusahaan di kemudian hari. Anda harus tahu dan memastikan rencana yang cocok untuk karyawan Anda. Apakah mereka bekerja dari rumah atau dari kantor, dengan komputer lama ataukah komputer baru, dan lain sebagainya. Anda bisa mulai mengamati dan membuat sebuah rencana atas sistem kerja yang ada saat ini. Karena terkadang bencana yang menimpa tidak selalu datang dari luar Anda.

Baca juga:

3 Plugin Security untuk Meningkatkan Keamanan Pengunaan WordPress

Anda Patut Waspada dengan Security Bug Berbentuk Hati dari Hearbleed

Amankan Website Anda dengan Fitur Security di cPanel

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *