Technology

5 Langkah WAJIB untuk Meningkatkan Keamanan Bisnis Online Anda

 
  • 2
    Shares

   

Saya yakin Anda tahu, ribuan bahkan jutaan orang sudah aktif menggunakan internet setiap harinya. Mulai dari hanya sekedar mencari informasi, menghubungi seseorang sampai dengan melakukan aktivitas belanja secara online. Namun tahukah Anda, jika tidak semua pengguna internet termasuk pengusaha tahu bagaimana meningkatkan keamanan untuk aktivitas ataupun bisnis mereka.

Alhasil masih banyak orang yang mengaku website bisnisnya terserang virus, spam ataupun hacking. Jika sudah begini apakah bisnis onlinenya akan berjalan dengan lancar? Saya yakin Anda pun berkata TIDAK.

Sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan keamanan bagi website ataupun aplikasi bisnis online. Mulai dari:

1. Buatlah managemen Akses

Kita memang menggunakan sistem kunci atau key system terhadap website ataupun aplikasi bisnis yang kita miliki. Tapi ternyata itu saja tidaklah cukup untuk meningkatkan keamanan bisnis online kita. Kita perlu tahu siapa saja yang akan masuk ke website kita, siapa saja yang bisa melakukan banyak kendali di sana, dan siapa juga yang hanya berlaku sebagai guest di website kita. Sebab setiap orang atau user akan memiliki previlage yang berbeda-beda untuk akses masuk. Buatlah managemen akses untuk setiap user ataupun guest yang datang ke website Anda. Tentu saja dengan password yang bisa diganti sewaktu-waktu.

2. Tetapkan perubahan kontrol

Setiap perubahan yang terjadi di website ataupun aplikasi bisnis online kita harus memiliki dokumentasi. Setidaknya setelah melakukan pengujian, harus ada dokumentasi berupa tulisan yang bisa diakses user Anda. Dengan alur kerja seperti ini, tentu akan sangat membantu meminimalkan ancaman keamanan di bisnis online kita.

3. Bermitralah dengan pihak ketiga yang terpercaya

Beberapa startup memilih untuk mempercayakan data mereka pada suatu provider hosting yang sudah sangat berpengalaman. Seperti Jagoanhosting.com ataupun Beon.co.id. Contohnya saja ketika mereka melakukan pengembangan untuk website WordPress, maka sangat cocok sekali ketika menggunakan layanan hosting KHUSUS WordPress di Beon.co.id. Dengan fitur yang sangat sesuai dengan kebutuhan pengguna WordPress, mulai dari keamanan, kecepatan dan juga optimalisasi WordPress itu sendiri.

4. Fokuslah pada 1 bidang saja

Jika Anda percaya dengan bisnis yang Anda bangun, maka jangan ragu untuk menghire seseorang untuk mengerjakan tugas Anda yang lain. Dengan keahlian di masing-masing bidang, tentu akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis. Contohnya saja untuk bidang IT di perusahaan atau bisnis Anda. Di tangan orang-orang yang berpengalamanlah website atau aplikasi bisnis Anda bisa terjaga dengan sangat baik. Dan sebagai CEO Anda hanya harus fokus mengembangkan strategi bisnis lainnya.

5. Dan berikan pelanggan alasan mengapa mereka harus mempercayai Anda

Jika sudah begini, coba berikan penjelasana atau alasa kepada pelanggan Anda kenapa bisnis Anda patut mereka percaya? Dengan testimonial contohnya. Selain menjaga keamanan dari segi teknis, Anda pun harus menjaga keamanan dari segi hubungan dengan pelanggan atau klien Anda. Bukankah mereka adalah salah satu dari kunci sukses bisnis Anda? Nah, artikel berikut ini juga akan memberitahu Anda bagaimana cara meningkatkan kepercayaan dari pelanggan online Anda.

Sebagai salah satu pebisnis online ataupun startup yang masih merintis, seharusnya Anda mulai mempelajari dimana letak informasi yang sangat sensitif pada bisnis Anda. Dimana mereka harusnya disimpan dan dirawat sedemikian rupa. Agar mampu melindungi bisnis dari ancaman kerugian besar di kemudian hari.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *