Running A Business

5 Pertimbangan yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Meluncurkan Produk

 
  • 4
    Shares

   

Jangan pernah tergesa-gesa untuk mengambil keputusan dalam memulai suatu bisnis. Setiap bisnis yang Anda dirikan harus melalui riset dan uji pasar tentunya, agar dapat mengurangi besarnya kegagalan yang mungkin terjadi kedepannya.

Apapun yang Anda tawarkan baik barang ataupun jasa, Anda pasti akan memulai sesuaatunya dari nol karena tidak ada orang yang mengetahui produk Anda. Dan faktanya menciptakan permintaan terhadap produk lebih sulit dibandingkat membuat produk yang hebat. Karena sehebat apapun produk atas solusi yang Anda tawarkan jika tidak ada satu orangpun yang mengetahuinya maka akan mengantarkan Anda pada kegagalan pula.

Jadi mari bangunlah permintaan produk Anda dengan cara:

1. Temukan customer Anda

Pada tahap ini memang Anda tidak perlu melakukan produksi produk sama sekali karena Anda masih mencari tahu seberapa banyak customer Anda. Untuk menguji kebutuhan pasar pastinya Anda harus memiliki hipotesa atas suatu produk yang Anda jual. Saat Anda tidak dapat meyakinkan seseorang dengan apa yang Anda tawarkan pada hipotesa Anda, maka artinya produk tersebut tidak memiliki nilai dan sebaliknya saat banyak orang yang tidak sabar menunggu produk Anda diluncurkan maka hipotesa Anda tervalidasi dan lanjutkan tahap selanjutnya.

2. Ketahui PERSONA customer

Hipotesa telah tervalidasi maka Anda harus mencari persona yang sama dengan persona potensial customer yang telah ditemukan sebelumnya. Untuk mengetahui persona potensial Anda dapat dilakukan cara berikut:

Setelah dapat mengisi persona potensial customer, maka selanjutnya Anda tinggal mencari saja orang yang memiliki persona yang sama.Besar kemungkinan orang yang ada dalam persona yang sama yang akan juga membeli produk Anda.

3. Dekati persona customer

Saat Anda sudah mengetahui apa persona customer Anda, maka buatlah list data mereka dan mulai dekati mereka melalui sosial media product Anda. Selanjutnya upayakan agar mereka dapat berinteraksi pada post-post Anda. Pada interaksi ini, Anda dapat menggali banyak hal dari mereka, seperti halnya feedback mengenai produk, kelebihannya apa dan kekuranggannya bagaimana hingga apa yang perlu diperbaiki. Untuk mendapatkan semua yang Anda butuhkan, ingatlah untuk tetap membuat mereka terlihat dan merasa cerdas, memberikan pelayanan yang baik dan ramah, serta selalu ajak untuk menjalin hubungan.

4. Ukur minat customer

Anda sudah mengetahui siapa-siapa saja customer Anda. Ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengukur sejauh mana minat mereka terhadap produk Anda. Untuk itu, coba ajak mereka untuk mencoba mvp produk Anda. Dan lihat seberapa tinggi antusias mereka untuk mencobanya. Semakin tinggi minat maka akan semakin tinggi potensi untuk meluncurkan produk yang booming di pasaran.

5. Ini waktunya peluncuran

Semua tahap sebelumnya telah Anda lewati dengan sangat mulus, jadi tidak ada keraguan untuk langsung melakukan peluncuran produk. Untuk mendapatkan sambutan hangat yang besar mulailah untuk mencari sambutan hangat dari orang yang ada pada list persona Anda sebelumnya. Buatlah mereka berkesan dan berkicau di sosial media karena produk Anda. Setelah itu kirimkan berbagai pers release pada semua media yang Anda kenal agar produk Anda dapat diliput.

Kami yakin bahwa Anda sudah tidak sabar mencobanya, namun lanjutkanlah membaca Anda sejenak. Anda harus mengingat bahwa tujuan Anda adalah melunjurkan produk dan produk tersebut langsung booming pada dunia online dan media massa. Yang perlu Anda perhatikan sebelum mencapai semua itu adalah Anda wajib memahami teknik penulisan yang tepat, teknik untuk mendapatkan pengunjung yang tepat dan analisa mengenai persona serta pengelolaan customer yang tepat. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda belajar langsung dari pakarnya.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Dan dapatkan kesempatan langka untuk memiliki ebook rahasia para milyader dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Ebook ini dapat Anda download pada halaman ebook formula rahasia para milyader. Download segera sebelum ebook ini hilang dari peredaran!


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *