Running A Business

5 Rahasia Pintar Email Marketing

 

Email marketing menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia bisnis.Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda. Hampir setiap hari akan ada email marketing yang dikeluarkan oleh perusahaan, baik berupa newsletter hingga penawaran khusus. Email ini berguna untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan dan calon pelanggan. Email menjadi cara lain dari usaha Anda untuk mempromosikan sebuah produk, yaitu selain bertemu langsung dengan pelanggan atau menelepon mereka. Nah, tapi bagaimana sebuah email marketing itu dapat berpengaruh besar bagi bisnis kita? Caranya cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan menulis subject yang membosankan

Jika Anda ingin email yang Anda kirimkan dibukan segera oleh pelanggan Anda, maka jangan buat subject Anda terlihat dan terkesan membosankan. Buatlah 1 baris yang berisi beberapa kata yang mengundang untuk dibuka. Anda bisa membuat sebuah judul yang singkat dan to the point. Tujuannya adalah untuk membuat pembaca ingin lebih banyak melihat di dalam body email Anda. Jika memang Anda menyediakan sebuah promo untuk produk, jangan ragu untuk menuliskannya. Seperti Diskon, GRATIS dan lain sebagainya. Ajak pembaca untuk membuka email Anda dan melihat apa yang Anda tuliskan selanjutnya.

2. Jangan lupa untuk selalu mengoreksi

Terlihat sederhana, tapi nyatanya di masyarakat masih banyak email newsletter yang melakukan atau memiliki kesalahan ejaan atau penulisan. Karena rata – rata dari mereka hanya menggunakan email template dan mengirimkan tanpa mengoreksinya lebih dulu. Kesalahan ejaan atau tata bahasa akan membuat citra bisnis Anda menjadi menurun atau buruk. Untuk itu, sebelum Anda mengirimkan email penawaran atau email marketing usahakan untuk mengoreksinya. Mulai dari judul sampai penutup, mulai dari tata bahasa hingga penulisan tanda baca. Terlihat mudah tapi jika diabaikan bisa menjadi masalah yang fatal.

3. Jangan mengirimkan file besar

Tujuan mengirimkan email marketing adalah menyampaikan beberapa informasi penting seputar produk atau bisnis yang Anda miliki saat ini. Anda bisa saja menampilkan seluruh informasi dengan mencantumkan berbagai file, tapi Anda juga harus memperhitungkan besar kecilnya file yang Anda kirimkan. Jangan mengganggu pembaca Anda dengan file besar yang susah untuk ditampilkan. Jika memang ingin menampilkan informasi lebih banyak, Anda bisa hanya dengan mencantumkan beberapa link di dalam kalimat yang Anda gunakan. Tujukan pada halaman website Anda.

4. Jangan lupakan tentang panggilan bertindak

Yang jelas email marketing adalah salah satu cara menjual sebuah produk kepada pelanggan atau calon pelanggan. Itu artinya setiap email yang kita kirimkan selalu ingin mendapat tanggapan, mulai dari balasan berupa teks email sampai dengan reaksi pelanggan yang akan melakukan pembelian. Buatlah pembaca nyaman untuk membaca dan menemukan jalan untuk melakukan tindakan. Jika Anda ingin mereka membeli maka sediakanlah sebuah tombol yang dikhususkan untuk mereka bereaksi terhadap pesan Anda. CTA akan sangat berguna bagi pelanggan yang ingin langsung membeli atau memesan hari itu juga. Anda bisa menggunakan kata – kata seperti “Pesan hari ini juga” atau “klik di sini untuk informasi lebih lanjut”.

5. Ingat betapa pentingnya nomor Anda

Selain memperhatikan adanya tombol untuk bertindak, Anda juga harus memperhatikan komunikasi dengan pelanggan Anda secara langsung, yaitu berupa nomor telepon Anda. Hal ini sama pentingnya untuk menguji seberapa berhasil email yang Anda kirimkan kepada mereka. Jika memang mereka tidak mengetahui kegunaan tombol yang Anda sediakan, setidaknya mereka tahu kemana mereka harus menghubungi Anda. Ini penting bagi Anda yang ingin mendapatkan respon dari pelanggan Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

8 Tips Mendesain Email Marketing

7 Tips Membuat Email Marketing Anda Lebih Mobile Friendly

4 Hal yang Harus Diketahui Tentang Email Marketing

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *