Technology

5 Rule Wajib Para Blogger

 

   

Ada yang bilang menulis di blog itu hanya sebatas mengisi waktu luang dan tidak untuk mencari penghasilan. Tapi siapa sangka, sekarang ini justru blog menjadi salah satu ladang penghasilan yang menjanjikan. Banyak blogger yang awalnya hanya menjadikan blog sebagai media menulis biasa menjadikannya sebagai sebuah bisnis online. Ini tentu sangat menguntungkan, karena selain hobi menulis yang tersalurkan, pundi – pundi uangpun juga bisa dadapatkan. Namun sebenarnya menjadi blogger itu yang bagaimana sih? Apakah hanya sebatas menulis dan menulis saja?  Tentu ada yang harus dilakukan lebih dari sekedar menulis, dan apa saja itu? Berikut ini kita jabarkan rule wajib bagi para blogger:

1. Create

Apalagi yang pertama kali harus dibuat oleh seorang blogger selain akun blog mereka. Mereka membutuhkan tempat untuk menulis dan membuat konten yang nantinya akan dibaca oleh blogger atau pengguna internet lainnya. Tentunya nama domain, judul dan segala macam fitur yang dibutuhkan di dalam blog tersebut. Sesuaikan tema, menu dan konten dengan konsep blog yang akan dibangun. Blog yang dibuat juga harus jelas apakah blgo tersbeut hanya untuk tempat menulis dan mempublish tulisan atau sebagai media berjualan online. Tentu sangat berbeda kebutuhannya.

2. Buat daftar hyperlink dan backlink

Hyperlink dan backlink akan menuntun pengunjung blog Anda mengetahui dan membaca postingan Anda yang lain. Mereka juga akan mudah menemukan artikel atau konten yang berhubungan dengan yang sedang mereka simak. Langkah ini sangat efektif untuk menurunkan tingkatan bounce rate dan meningkatkan jumlah pengunjung. Bagi sebuah toko online, ini akan membantu dalam penjualan produk Anda. Karena pembeli akan mudah menemukan produk lain yang mereka temui pada halaman yang pada saat itu sedang mereka lihat.

3. Menulis

Langkah selanjutnya bagi seorang blogger adalah menulis. Mereka hanya harus mengeluarkan semua ide dalam bentuk tulisan, dan konten menarik lainnya. Jika memang dirasa tidak tertarik dengan dunia tulis menulis, seorang blogger bisa memposting konten menarik lainnya. Seperti video, audio, infografis dan lain sebagainya. Bisa dikatakan penghasilan seorang blogger adalah dari apa yang mereka tulis dan posting. Ini juga berlaku bagi bisnis online. Mereka harus menulis deskripsi produk, harga artikel, dan tata cara membeli dengan sebaik mungkin. Tujuannya untuk menarik perhatian pengunjung blog.

4. Edit

Menjadi seorang penulis menuntut kita untuk bisa mengedit tulisan baik milik kita ataupun orang lain. Setelah menulis, seorang blogger juga harus bisa dan terus mengedit kembali tulisan yang ingin ia publish. Kita tentu ingin pembaca betah dan terus membaca konten yang kita buat. Itu sebabnya isi dari konten haruslah menarik dan dibuat serapi mungkin. Jika memang Anda tidak menyukai tentang kerapian sebuah tulisan atau lebih menyukai kreatifitas dalam menulis. Maka tuangkanlah. Berikan tulisan Anda sentuhan semenarik mungkin yang dapat membawa banyak pengguna internet mengunjungi dan betah di blog Anda.

5. Publish

Setelah semua dilakukan, langkah terakhir adalah mem-publish. Seorang blogger harus berani mempublish apapun tulisan dan konten yang mereka buat. Jangan takut terjadi kesalahan dalam penulisan, karena tidak ada larangan mengedit setelah mempublishnya. Setelah Anda selesai mempublish, jangan lupa bagikan konten atau tulisan Anda ke sosial media. Ini akan membuat orang atau teman Anda tertarik untuk melihatnya. Dan tentu saja ini membuat jumlah pembaca semakin bertambah.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

50 Tips Menjalankan Blog

5 Tips Memikat Hati Pelanggan Melalui Blog Bisnis

15 Tips Membuat Konten tanpa Menulis Banyak Kata


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *