Leadership

5 Sifat Sukses Pemimpin Muda ala Alex Malley

 
  • 4
    Shares

   

Alex Malley adalah kepala eksekutif CPA Australia. Menurutnya, ada beberapa pokok sifat pemimpin muda yang sukses berdasarkan pengalamannya. Cara terbaiknya adalah mengabaikan kepemimpinan sebagai tujuan dan bukan fokus pada perjalanan pembelajaran yang menggabungkan pengalaman formal dalam tempat kerja dengan pengalaman sendiri.

Ia menemukan, ketika Alex Malley bekerja sebagai relawan, membawa pengalaman yang sangat kaya dibanding pekerjaan harian “nine to five” (jam 9 sampai jam 5)nya. Dari pengalaman itu, Ia mempelajari situasi baru dan respon yang baru untuk keadaan yang bebeda. Hal ini pada akhirnya akan mendefinisikan siapa Anda dan apa yang Anda mampu. Ia mulai menyadari dan terus percaya, bahwa manusia tidak memiliki batas pola pikir ketika telah menguasai berbagai situasi.

Beberapa hal efektif yang dapat menjadi prioritas bagi kaum muda untuk menjadi pemimpin diantaranya:

1. Kejar kesuksesan Anda

Terdengar klise, semua orang juga berkata seperti itu. Realitanya bahwa belum pernah ada seorang pemimpin yang efektif yang tidak bekerja di bidang yang mereka sukai. Yang paling beruntung adalah mereka yang tahu passion mereka lebih awal. Namun kadang sebagian orang tidak menemukannya dan mereka hanya sekedar “mencari”.

Ketika Anda menggabungkan antara mengejar passion dengan pekerjaan Anda, Anda memiliki kekuatan yang akan memancing perhatian. Tersimpan dalam bahasa tubuh Anda. Orang akan tertarik entah mereka menyukai Anda atau tidak. Seorang pemimpin akan dapat mengatur orang lain dengan ketertarikan itu.

“Jangan pernah merasa puas dengan kepemimpinan yang Anda miliki”

2. Dengar dan amati

Jika Anda ingin menjadi pemimpin, Anda perlu menjadi juara dalam mendengar dan mengamati. Setiap hari orang disekitar Anda mengekspresikan diri dalam kata, cara, bahasa tubuh dan tindakan. Anda akan terkejut ketika orang mengekspresikan diri mereka dengan cara yang berbeda.

Jika Anda ingin menjadi pemimpin diantara pemimpin, belajarlah tentang kepribadian dari orang yang bekerja dengan Anda. Pahami kekuatan, kelemahan, dan motivasi. Berinvertasilah melalui percakapan. Pelajari pengalaman hidup mereka dan gabungkan pada orang yang berbeda dalam cara yang sama dengan karakter mereka.

“Komunikasi yang besar berasal dari ketulusan pada orang lain”

3. Empati

Tidak ada kekuatan yang lebih besar dari pada empati. Dalam kepemimpinan, selalu ambil kesempatan untuk menunjukkan rasa dan pemahamanan Anda ketika seorang rekan kerja mengalami masa –  masa sulit. Apakah itu sebagai akibat dari tindakan mereka sendiri atau tidak.  Momen kebaikan ketika seseorang sangat membutuhkan dukungan, dapat menjadi kesempatan untuk membangun hubungan dan memungkinkan kepercayaan diri yang akan dibangun

“Sebuah kebaikan yang tepat waktu dapat mengubah kehidupan orang sekitarnya”

4. Identitas pribadi

Sebagian besar pemimpin sukses tidak didefinisikan dari kesuksesannya atau jabatan yang mereka dapat. Anda akan melihat banyak kesempatan pada hidup seseorang ketika mereka kehilangan peran kepemimpinan mereka. Hal ini sering terjadi karena mereka telah sengaja membiarkan gelar sebagai identitas mereka dan sebagai kepercayaan diri mereka. Sepanjang hidup Anda, selalu pastikan apa yang Anda lakukan selaras dengan identitas dan gelar Anda.

“Peran yang Anda dapatkan tidak harus mendefinisikan Anda”

5. Kesadaran diri

Mulai hari ini, lakukan apa saja untuk memahami dampak yang Anda ingin miliki pada orang lain disekitar Anda. Butuh waktu lama untuk mulai menghargai bagaimana tindakan dan perilaku Anda akan berdampak pada orang lain. Ketika kesadaran diri telah menjadi kekuatan yang akan menjadikan Anda berada pada perjalanan kepemimpinan Anda. Banyak pekerja yang bekerja keras dan berarti kehilangan kesempatan untuk mendapatkan promosi hanya karena mereka terus berdampak negative bagi orang lain.

“Ujilah tingkat kesadaran diri Anda dengan orang yang Anda cintai dan sukai”

Demikian 5 point yang mungkin dapat membantu Anda mengungkapkan kekuatan diri dari kepemimpinan Anda. Dan dengan ini menjadikan kita tidak fokus pada tujuan, tapi tetap berfokus pada cara menaiki tangga untuk menuju pemimpin yang sukses.

Selamat mencoba :)

Sumber: Linked.in

Baca juga:

6 Hal yang Bisa Membantu Anda Mencapai Sukses

Pentingnya Sebuah Nilai ‘Value’ Produk untuk Kesuksesan Penjualan

10 Ciri Seorang Enterpreneur Sukses

Sumber : linked.in


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *