Start A Business

5 Sumber ini yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja Online

 
  • 106
    Shares

   

Setelah kita tahu kenapa masyarakat mau membelanjakan uangnya secara online, kini mar kita cari tahu dimana mereka biasanya terpengaruh untuk melakukan transaksi online.

Seperti yang sudah kita tahu, meyakinkan seseorang untuk mau berbelanja di toko online memang tidak mudah. Mereka harus mencari referensi untuk meyakinkan diri bahwa toko online yang dipilih memang sudah terpercaya. Melalui banyak iklan dan publikasi promosi toko online, masyarakat biasanya lebih mudah untuk terpengaruh. Selain dari berbagai testimonial yang diberikan oleh pelanggan toko online, mereka biasanya percaya dengan iklan yang dipublikasi oleh berbagai media.

Lalu apa saja yang dijadikan sumber referensi sekaligus mampu mempengaruhi masyarakat untuk berbelanja online? Ini dia 5 diantaranya yang sudah melalui uji dan survey oleh IDEA beberapa waktu yang lalu.

1. Media Online

Infografis: Shortcuts yang Akan Membantu Kamu Produktif Menggunakan Sosial Media

Gaya hidup masyarakat saat ini adalah berinteraksi dan beraktivitas secara online. Hampir tidak ada menit yang dilewatkan untuk sekedar mengecek handphone dan sosial media. Ini membuat peluang menjual dan berbelanja online semakin terbuka lebar. Mereka yang berbelanja secara online juga mendapatkan pengaruh paling besar dari media online.

Mulai dari sosial media, iklan di website, Youtube dan lain sebagainya. IDEA menunjukkan bahwa 83% dari responden yang mengikuri survey yang ia lakukan, mengaku terpengaruh untuk berbelanja online dari media online.

Sebagai pemilik bisnis online, kita harus bisa terus memanfaatkan media online ini untuk mempromosikan bisnis online kita. Ada banyak cara mulai dari mempromosikan dari akun pribadi kita, fanspage bisnis kita, iklan gratis sampai iklan berbayar. Selain media promosi, media berjualan online kita kini juga semakin beragam. Jika dulu hanya sosial media yang menjadi ladang keuntungan terbesar bagi kita, kini beberapa toko online profesional sudah memiliki website toko online mereka sendiri. Selain memberikan kemudahan untuk memanage toko onlinenya, dengan website bisnis online kita semakin terpercaya. Dan bagi kita yang tidak tahu cara membuatnya juga tidak perlu repot belajar dari awal. Karena kini sudah banyak jasa penyedia website toko online yang murah dengan fitur toko online yang kita butuhkan. Salah satunya yaitu Jagoanstore.com.

2. Media Elektronik(Televisi)

iklan media elektronik

iklan media elektronik

Jika dulu televisi hanya sebagai media hiburan bagi masyarakat untuk menyaksikan tayangan yang disediakan oleh berbagai stasiun televisi.
Kini media elektronik ini digunakan juga untuk mempromosikan berbagai produk yang dijual baik secara offline ataupun online. Sebanyak 67% pebisnis online mempengaruhi masyarakat untuk membeli dari media elektronik/televisi. Berbagai stasiun televisi berlomba – lomba menyiarkan iklan dari berbagai toko online ternama, seperti Berrybenka.com, Lazada.co.id, Zalora.com, dan lain sebagainya. Tentu saja bagi toko online dengan pendapatan dan anggaran iklan tersendiri, bisa menggunakan strategi iklan di media elektronik ini.

Namun bagi para pelaku UKM di bisnis online, media online atau media sosial masih bisa digunakan dengan bebas untuk mempromosikan bisnis online kita.

3. Majalah/koran

media cetak

Ada juga media cetak yang turut menjadi media promosi bagi bisnis online kita. Dengan anggaran khusus, kita bisa mempromosikan di berbagai majalah dan juga surat kabar. Tidak bisa dipungkiri media elektronik dan media online membuat penggemar media cetak semakin berkurang. Tapi bukan berarti tidak ada.

Masih ada peluang sebesar 58% untuk kita mendapatkan pelanggan dari mereka yang membaca majalah atau koran yang menampilkan iklan bisnis kita.

4. Iklan outdoor

iklan outdoor

Selain media cetak majalah atau koran, adapun iklan outdoor seperti brosur, spanduk, hingga billboard. Sepanjang jalan yang ramai, banyak dijumpai billboard yang menampilkan iklan tentang berbagai toko online tertentu.

Tentu saja, dengan biaya yang tidak sedikit, promosi melalui media ini masih sangat ampuh mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk secara online. 37% dari jumlah responden mengaku terpengaruh untuk berbelanja online dari iklan outdoor, seperti Billboard.

5. Radio

radio

Dan media terakhir yang juga mempengaruhi 9% responden adalah radio. Media ini memang sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat, tapi tidak sedikit yang masih menikmati radio sebagai media mencari informasi dan hiburan. Beberapa acara di stasiun radio juga menyiarkan iklan setelah acara mereka. Mulai dari iklan produk offline dan juga toko online.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 106
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *