Running A Business

5 Hal yang Menandakan Produk Anda Sudah Sempurna Menurut Kickstarter

 

   

Kickstarter adalah sebuah platform pendanaan. Mereka memiliki misi yaitu membawa proyek – proyek atau ide – ide kreatif menjadi nyata. Saat ini sudah banyak program inkubasi yang terwujud melalui Kickstarter. Sejak diluncurkan, sudah ada lebih dari 5 juta orang yang mendanai lebih dari 50.000 proyek kreatif seperti film, musik, pertunjukan panggung, komik, jurnalisme, video game, dan food & beverage. Banyak proyek di Kickstarter telah menerima pendanaan penuh, namun tidak pernah menunjukkan kemajuannya. Butuh lebih dari sekedar uang untuk mendapatkan ide brilian dan produk yang sempurna. Nah, seperti apakah tandanya produk yang diciptakan sudah sempurna untuk dipasarkan menurut Kickstarter? Berikut 5 di antaranya:

1. Mudah dipresentasikan

Produk yang sempurna bukan produk yang terlihat mewah atau indah. Yang terpenting adalah mudah ditunjukkan ke pasar. Produk yang ingin dipasarkan harus mudah dipahami masyarakat, dan juga tidak sulit dikelola. Kebanyakan produk yang diinginkan pasar adalah produk yang memiliki waktu yang cepat baik produksi maupun operasi. Jika tidak, maka mereka mungkin akan kehilangan minat. Jika produk yang diciptakan masih dalam masa percobaan, Kickstarter tidak mungkin mengambilnya.

2. Menjadi solusi banyak orang

Produk baru diciptakan bukan hanya untuk memuaskan keinginan pasar atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Namun produk baru diciptakan agar mampu menjadi solusi bagi masalah banyak orang. Bukan hanya golongan atau hanya sebagian kecil dari sebuah kelompok. Karena Kickstarter adalah sebuah platform pendanaan, maka sulit untuk menarik dana yang anda butuhkan jika produk anda tidak berhubungan dengan konsumen yang jangkauannya sangat luas. Pastikan ada pasar yang besar untuk ide yang anda miliki. Jika tidak, mungkin Kickstarter sendiri tidak akan membantu anda.

3. Kemudahan saat produksi

Ini salah satu alasan terbesar produk yang didanai pernah benar – benar bisa dibuat. Semua yang berkaitan dengan proses produksi harus selalu diperhatikan. Dapatkah produk ini dibuat? Berapa biaya yang diperlukan dalam proses produksi? Apa sajakah yang bisa dihasilkan dari produk ini? Pertanyaan ini penting anda lalui di proses riset sebelum anda mulai untuk memproduksi.

4. Keseimbangan harga dan produk

Bagaimana menggambarkan keseimbangan? Pasti produk yang memiliki biaya produksi kecil, bisa diproduksi masal, dan mudah untuk dikelola. Inventarisasi dan pengiriman juga harus lebih mudah. Ketika anda baru memulai mengerjakan sebuah produk, Kickstarter tidak menyarankan untuk menggunakan alat elektronik kecuali produk memang dihasilkan melalui alat elektronik seperti software.

5. Anda memiliki rencana bisnis yang jelas

Sebuah usaha seharusnya diciptakan dengan rencana bisnis yang jelas. Tidak perlu lama, tetapi anda harus memiliki tujuan yang jelas. Ketika sebuah produk sudah berhasil pada launching pertama, anda harus memikirkan apa yang ingin anda lakukan setelah itu. Apakah meneruskan dengan produksi yang jauh lebih banyak, atau meningkatkan kualitasnya, atau justru anda ingin berhenti dan memulai dengan menciptakan produk baru dengan bentuk yang lain?

Kita bisa saja menjadi sangat boros dengan uang, terlebih ketika uang tersebut bukan dari kantong pribadi kita. Carilah mentor yang akan membantu anda menciptakan sebuah produk. Mulai dari perencanaan, produksi, lalu pengelolaannya… (Kickstarter).

sumber: Entrepreneur.com 
editor: Taufik M. Aditama

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *