Technology

5 Tips Membuat Email Anda Tampak Hebat pada Mobile Device

 
  • 1
    Share

   

Email merupakan salah satu kebutuhan dalam marketing dan proses bisnis lainnya. Penawaran, tagihan hingga reminder kepada pelanggan terkadang akan dikirimkan melalui email pelanggan.Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda. Oleh sebab itu mulai dari isi hingga tampilan dari email perlu untuk diperhatikan. Saat ini bukan hanya melalui PC, laptop atau tablet saja email kita bisa diakses, tapi juga melalui perangkat mobile. Lalu bagaimana caranya agar email dapat berjalan dengan baik di device yang berbeda ini? Berikut ini tipsnya.

1. Menggunakan font yang sesuai

Perangkat mobile atau ponsel memang memiliki ciri khas yang berbeda dengan perangkat internet lainnya. Jika membuat email melalui PC atau tablet tentu kita tidak akan kesulitan dalam membaca konten yang ada. Tapi bagaimana jika konten yang sama dikirimkan ke media yang lebih kecil? Tentu akan sedikit kesulitan membaca dan memahami apa tulisan yang tertera. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan font dengan ukuran 14px sebagai ukuran minimum untuk body dan 22px untuk judul. Anda juga perlu memperhatikan bahwa ada beberapa perangkat yang akan mengubah ukuran font di bawah 13px secara otomatis, contohnya yaitu iOS.

Maka dari itu pilihlah jenis font dan ukuran yang sesuai dengan banyak device mobile. Anda bisa melakukan uji coba email ini terlebih dahulu sebelum mengeksekusi dan menggunakannya untuk email pada klien Anda.

2. Membuat konten yang efisien

Mengevaluasi setiap konten di email Anda itu perlu. Anda bahkan perlu menyingkirkan link yang kurang bermanfaat atau relevan dengan konten Anda yang lain. Anda juga bisa meringkas kalimat atau paragraf yang seharusnya ada, tapi ingat sekalipun ringkas tapi juga harus jelas dan mudah dimengerti. Semakin pendek konten yang masuk ke kotak email mereka, maka mereka semakin senang dapat membaca informasi dengan mudah dan cepat.

3. Hanya menggunakan 1 kolom saja

Banyak memang newsletter yang menggunakan kolom lebih dari satu, terlebih bagi mereka yang menjual atau menawarkan produk di toko online. Hal ini tidak menjadi masalah bila kita mengaksesnya melalui PC atau tablet yang ukuran layarnya jauh lebih besar. Tapi ini akan sulit bagi klien yang lebih banyak menggunakan ponsel sebagai media mereka. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk menggunakan email dengan 1 kolom saja. Agar mudah dibaca dan diketahui maksud dari email itu sendiri.

4. Button yang mudah

Jika Anda mengirimkan sebuah penawaran atau katalog pada pelanggan – pelanggan Anda, tentu Anda ingin mereka membeli dari email tersebut bukan? Salah satu yang memudahkan pelanggan Anda dalam membeli adalah dengan adanya tombol action yang mudah untuk ditemukan dan digunakan. Terlebih bagi perangkat mobile yang lebih kecil, tombol sangat penting untuk diperhatikan. Buatlah sebuah tombol aksi yang jelas dan menarik perhatian. Jangan hanya mengandalkan link saja, tapi tambahkan juga tombol.

5. Optimasi gambar

Dalam sebuah email terkadang kita menemukan adanya sebuah gambar yang mendukung penjelasan konten. Namun penggunaan file image ini sering sekali tidak sesuai dengan kemampuan device yang digunakan. Itu menyebabkan banyak gambar yang tidak ter-load atau tidak tampil saat email dibuka. Dan untuk menanggulangi ini, biasanya digunakan teknik Image Blocking. Teknik ini akan membantu si penerima email dalam menampilkan gambar yang hilang.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

7 Tips Membuat Email Marketing Anda Lebih Mobile Friendly

Bagaimana Mencegah Email Anda Dianggap Spam

10 Tips Agar Email Anda Dibaca oleh Penerima

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *