Running A Business

5 Tips Memikat Hati Pelanggan Melalui Blog Bisnis

 

   

Salah satu media berbisnis kita adalah sebuah blog. Bisa dipastikan hampir setiap bisnis akan memiliki sebuah blog disamping website resmi bisnis mereka. Dan tidak ada lagi tujuan membuat blog bisnis selain untuk mendukung peningkatan penjualan bisnis tersebut. Namun dilihat dari fungsinya, sebuah blog akan lebih akrab di masyarakat jika digunakan untuk menyampaikan atau memberikan ilmu dan informasi kepada para pembaca, bukan untuk berjualan. Namun ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis dalam menarik perhatian pelanggan mereka melalui sebuah blog bisnis yang dibuat.

1. Jangan hanya menyebarkan pesan penjualan

Berbagai motif dan tujuan setiap pemilik bisnis yang membuat sebuah blog untuk usaha mereka. Ada yang ingin menghasilkan value atau memperkenalkan bisnis mereka secara lebih luas dan mudah. Ada pula dari mereka yang bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas website utama bisnis mereka. Tapi jika kita hanya menggunakan blog ini sebagai tempat untuk menyebarkan pesan penjualan, kita mungkin harus berjuang untuk menemukan pembaca yang benar – benar membutuhkan tulisan kita. Kita bisa saja tidak mendapatkan klien ataupun target yang kita cari. Blog kita bisa hanya terus berisik dengan konten berisi penuh pesan penjualan, tanpa ada pemerhati atau audiens yang akan membaca tulisan blog kita.

2. Singkirkan sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan

Ini blog bukan website perusahaan Anda. Cobalah untuk membedakan keduanya, sekalipun tujuan Anda adalah mendapatkan pembaca dan klien untuk bisnis Anda. Tapi untuk blog, jangan campur adukkan dengan urusan atau semua hal yang berbau perusahaan, seperti jangan berikan pilihan chatting, seperti pada website kita. Jangan berikan menu call center untuk audiens Anda. Dan yang ada hanya bagaimana Anda berinteraksi dan bertindak sebagai orang biasa yang ingin menyampaikan informasi atau ilmu melalui blog tersebut.

3. Buat headline yang menggoda pembaca

Pembaca atau penikmat blog akan suka dan terus mencari suatu blog yang terus update dan memberikan sebuah headline yang menarik. Terlebih saat pertama kali mereka membuka blog kita dan yang muncul adalah “Headline”. Ini akan membawa mereka untuk terus datang dan membaca setiap konten yang kita buat. Mereka akan terus menanti apa lagi yang baru dari tulisan di blog kita.

4. Buatlah sebuah paragraf pertama yang menarik

Ada kalanya seorang pembaca hanya akan membawa paragraf pertama pada sebuah artikel saja. Mereka beranggapan, bahwa paragraf pertama cukup untuk mewakili isi dari apa yang dituliskan selanjutnya. Itu sebabnya buatlah sebuah paragraf utama dalam postingan di blog kita semenarik, seinformatif dan sebagus mungkin. Audiens atau pembaca akan tertarik membaca kelanjutannya, saat pembukaannya saja sudah mengundang mereka.

5. Menulis kesimpulan

Selain paragraf pertama, audiens atau pembaca biasanya akan langsung mencari sebuah kesimpulan dari apa yang kita tuliskan. Jadi jangan lupa untuk setiap postingan blog kita, sertakan pula kesimpulan untuk penjelasan panjang yang kita tuliskan sebelumnya. Ini akan membawa minat mereka untuk membaca artikel keseluruhan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online

Reputasi Lebih dari Sekedar Pencapaian Target Bisnis

8 Cara Membuat Merek Booming Dipasaran


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *