Running A Business

5 Tips Menciptakan Kesan Terbaik bagi Pelanggan

 

   

Layaknya udara yang menjadi kehidupan bagi manusia, maka pelanggan juga demikian terhadap jalannya sebuah bisnis. Peting kiranya kita menjaga hubungan baik dengan semua pelanggan bisnis kita. Pelanggan adalah raja bagi kelangsungan hidup bisnis kita. Untuk itu kita harus mampu memaksimalkan setiap layanan yang diberikan kepada pelanggan. Kita harus mampu menciptakan kesan terbaik kepada setiap pelanggan yang datang ke toko atau bisnis kita. Lalu bagaimana caranya?

1. Jangan lupa ucapkan mantra

Untuk memberikan kesan terbaik kepada pelanggan, jangan lupakan untuk mengucapkan satu mantra ini, yaitu Terima kasih. Terlihat mudah dan sederhana untuk diucapkan, tapi ucapan terimakasih memiliki kesan yang baik untuk siapa saja yang diucapkan atau yang mengucapkan. Kata – kata terimakasih menjadi satu kata mujarab yang dapat menimbulkan rasa dihargai oleh pelanggan. Pelanggan akan senang ketika kita ramah dan mengucapkan terimakasih setelah membeli apa yang kita jual. Mereka akan merasa dihargai dan diharapkan untuk datang kembali.

2. Jangan lupakan senyuman

Siapa yang suka ketika sedang berbelanja malah disuguhi oleh wajah yang tidak semangat atau bahkan terkesan galak. Pelanggan akan merasa ia tidak diharapkan kedatangannya ketika mereka disambut dengan tidak baik oleh penjual. Jangan lupa untuk memberikan senyuman ikhlas kepada para pelanggan Anda. Sekalipun dalam kondisi sedih atau sedang tertimpa masalah, jangan utarakan itu dari tingkah Anda saat melayani pelanggan yang datang. Berikan mereka senyuman dan keramahan kita dalam melayani setiap pelanggan yang datang.

3. Berilah pujian

Untuk membuat pelanggan merasa dihargai, tidak ada salahnya kita mengutarakan sepatah dua patah kata yang berisi pujian. Contohnya ketika ada seorang pelanggan yang datang dan mencoba beberapa pakaian di toko Anda. Sekalipun itu membosankan, mereka berharap Anda juga memberikan mereka pendapat atas apa yang mereka pilih. Jika memang terlihat bagus, maka jangan sungkan untuk memberikan pujian. Tapi tetap bedakan antara memuji dengan menjual. Pelanggan akan bosan ketika apa yang Anda katakan hanya berisi promosi produk Anda. Pujilah jika memang bisa untuk dipuji, jangan berbohong pada diri sendiri terlebih pelanggan.

4. Jangan berlebihan

Dalam memperlakukan pelanggan usahakan untuk tidak terlalu berlebihan, sekalipun kita ingin mendapatkan kesan terbaik dari mereka. Tapi tetaplah berada pada porsi Anda memperlakukan pelanggan dengan istimewa. Seperti halnya saat Anda memberikan mereka pujian. Janganlah berlebihan, karena itu tidak akan membuat mereka merasa dihormati, malah merasa diledek atau yang lainnya.

5. Ciptakan keakraban

Ciptakan suasana yang mudah diterima dan diingat oleh pelanggan. Buatlah pelanggan merasa menjadi raja ketika mereka berbelanja di toko Anda. Jangan sungkan untuk mengajak mereka ngobrol saat mereka memilih barang yang mereka inginkan. Ciptakan sebuah bentuk keakraban dalam komunikasi antara Anda dengan pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan merasa nyaman dan memiliki rasa ingin kembali ke toko Anda untuk berbelanja lagi.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

10 Rahasia Bagaimana Brand Ternama Bisa Mudah Meraih Kepercayaan Pelanggan

Menentukan Harga untuk Produk di Toko Online

5 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *