Leadership

5 Tips Mengelola Keuangan Anda Sejak Dini

 
  • 4
    Shares

   

Bagi seorang karyawan atau pengusaha, Anda tentu saja harus memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan bijaksana. Hal ini bukan suatu kewajiban lagi, namun sudah menjadi suatu kebutuhan. Namun, banyak dari sekian orang yang tidak mengerti bagaimana cara menentukan planing keuangan untuk masa depannya. Mungkin saat ini beberapa dari Anda sudah memulai mengelola keuangan dengan menabung di bank, mengikuti asuransi, dll. Tetapi, semua itu tidak cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal di kemudian hari. Maka dari itu, di sini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengelola keuangan Anda saat ini, supaya Anda mendapatkan kesuksesan dalam mengelola keuangan dari sekarang.

1. Mulailah ikut asuransi

Bagi Anda yang baru memulai bekerja, pasti belum mengikuti kegiatan asuransi ini. Saran saya, segeralah mengikuti asuransi. Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi ke depannya. Asuransi sendiri tidak merugikan bagi Anda, malahan membuat Anda yang sering berbelanja atau shoping di mall, akan lebih menghemat lagi untuk menyisihkan uang untuk asuransi. Asuaransi yang Anda ikuti bisa untuk asuransi kesehatan terlebih dahulu. Kalau sudah memesuki usia dewasa, bisa mengikuti asuransi jiwa,dll.

2. Simpan suatu aset

Aset juga penting untuk keuangan sukses di masa depan. Dari sekarang, mulailah menabung untuk membeli aset tersebut. Simpanlah aset sebagai usaha Anda di kemudian hari yang mungkin di butuhkan oleh banyak orang pada saat itu.

3. Hindari penggunaan kartu kredit berlebih

Anda memiliki banyak kartu kredit? Lebih baik sisakan sedikit saja. Karena, menurut saya satu kartu kredit saja sudah cukup jika Anda seorang karyawan biasa. Hal ini untuk menghindari pengeluaran yang tidak terkontrol. Namun, untuk Anda yang memiliki usaha dan memerlukan banyak kartu kredit untuk usaha, tetap usahakan untuk pemakaian yang tidak berlebih. Kontrol pengeluaran kartu kredit Anda. Pergunakan untuk hal-hal yang penting dan prioritas untuk usaha Anda.

4. Mempersiapkan uang simpanan

Walaupun Anda sudah mengikuti asuransi, tetap sisakan uang Anda yang ada. Semua itu bertujuan untuk berjaga-jaga. Jika tiba-tiba Anda sakit atau kebutuhan mendadak yang membutuhkan uang cepat.

5. Gaya hidup seimbang

Anda merasa gaji yang Anda dapatkan berlebih? Tetap pergunakan untuk hal-hal seperlunya saja. Jangan asal shoping atau mengeluarkan uang untuk kebutuhan-kebutuhan sekunder. Dahulukan kebutuhan primer Anda. Dan fikirkan tujuan yang ingin Anda capai di kemudian hari.

Demikianlah tips yang bisa saya berikan untuk kita yang sedang sama – sama belajar dalam mengelola keuangan. ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *