Running A Business

5 Tips Super Membangun Trust dari Bisnis yang Akan Go Internasional

 
  • 33
    Shares

   

Menjadi seorang pebisnis tentu membuat kita memiliki banyak impian dan cita-cita yang ingin kita capai. Dengan target yang kita miliki, kita pun akan terus berusaha melakukan yang terbaik agar hal itu bisa kita wujudkan. Salah satu yang paling diidam idamkan para pebisnis adalah Go internasional. Dengan menjangkau pasar yang lebih luas, maka pelanggan dan keuntunganpun akan bertambah secara otomatis.

Namun masuk ke dalam pasar yang jauh lebih luas tentu bukanlah hal yang mudah. Butuh kesiapan dan juga keberanian agar produk, merek dan bisnis kita benar-benar bisa masuk dan diterima oleh masyarakat luar negeri. Dan yang terpenting dari usaha kita adalah bagaimana cara kita membuat mereka TRUST atau percaya dengan solusi atau produk yang kita miliki.

Dalam event Pesta Wirausaha Surabaya bersama TDA hari Minggu kemarin, 4 orang pebisnis sukses di Surabaya membagikan kisah mereka. Berbisnis dengan cara yang bahkan diluar dugaan, sehingga mereka mampu menjalankan bisnis dan mengeksport produknya sampai ke luar negeri.

1. Bangun website dan miliki domain pribadi

Menurut David Yulianto CEO PT. Bits Miliarta jika ingin Go Internasional, sebuah bisnis harus membangun dan mengembangkan strategi bisnisnya dengan website dan domain pribadi. Terutama untuk Go Online, website sangat penting. Bukan hanya sebagai wadah produk kita dipublikasikan, atau mempresentasikan company profile kita. Tapi dengan adanya website dan juga domain, kita bisa membranding bisnis kita dengan mudah. Hal ini yang akan membuat kita lebih mudah sukses memasarkan produk ke luar negeri.

2. Ikuti bazar atau event nasional

Lain lagi dengan wanita cantik yang satu ini, yaitu Sarah Rimadiana CCO Layria Diana. Menjalankan bisnis di bidang fashion, wanita ini sudah banyak mengikuti bazar atau pameran baik di daerah Surabaya ataupun di luar Surabaya. Menurutnya, mengikuti sebuah bazar dengan pengunjung atau target pasar orang luar negeri, akan jauh leih memudahkan kita dalam mengenalkan produk ke masyarakat luar negeri.

3. Ikut komunitas bisnis

Mengikuti komunitas bisnis juga menjadi salah satu jalan agar produk kita banyak dikenal dan bisa dipasarkan sampai ke luar negeri. Komunitas bisnis dengan anggota yang juga berasal dari banyak golongan dan negara membuat kita jauh lebih mudah dalam memperkenalka produk kita. Sehingga Ricky Pradipta yang merupakan CO-Founder Event Surabaya menyarankan bagi para pemula dalam bisnis agar terus mengikuti komunitas bisnis. Sehingga relasi jauh lebih banyak dan jauh lebih mudah dalam memasarkan produk.

4. Pakai iklan berbayar

Selain itu, menurut Ricky, menggunakan iklan berbayarpun juga cukup ampuh untuk mempromosikan produk dan bisnis kita sampai ke luar negeri. Kita bisa menentukan dan menetapkan target bisnis kita. Seperti Facebook Ads, Google Adwords dan sebagainya. Dengan menentukan siapa target pasar kita, akan jauh lebih mudah dalam menawarkan dan memasarkan produk.

5. Buat kesan terbaik

Nah, yang terakhir adalah dengan menciptakan kesan terbaik. Seperti membuat packaging produk yang baik, unik dan mengesankan. Dengan pelayanan yang nyaman dan membuat pelanggan senang juga akan membuat pelanggan tidak ragu memberikan testimonial terbaiknya kepada kita. Sebab melalui testimonial itu pula bisnis kita akan jauh lebih mudah untuk dipercaya oleh orang lain termasuk pelanggan yang berasal dari luar negeri.

Nah, jika sudah begini apakah masih mau berlama-lama menunda melakuan strategi ini? Jangan terlalu lama berpikir untuk mengembangkan bisnis dan go internasional. :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 33
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *