Running A Business

50 Tips Social Media Marketing untuk Bisnis Anda

 
  • 6
    Shares

600 post! Hal ini tidak akan tercapai tanpa dukungan anda. Maka khusus untuk kali ini, kami ingin berbagi sesuatu yang spesial. Kami memilih Social Media Marketing. Karena Social Media Marketing adalah salah satu checklist penting untuk dilakukan oleh bisnis anda. Apalagi di masa kini. Social Media seperti galaksi yang baru terbentuk di mana di dalamnya berisi jajaran planet-planet (Facebook, Twitter, Google+, dlsb) yang telah dihuni oleh jutaan akun yang ‘lapar’ akan informasi. Bayangkan jika bisnis anda bisa masuk di sini.

Jadi, mari lakukan sekarang juga. Berikut adalah 50 trik social media yang dapat anda terapkan di bisnis anda ;-)

1. Anda harus memiliki media Blog. Sebab kegiatan marketing sosial media tidak lepas dari berbagi konten, yakni posting artikel terbaru di Blog anda.

2. Ciptakan tulisan yang menginspirasi, informatif dan edukatif. Saking menariknya sampai orang lain ingin membagikannya pada sahhabat-sahabatnya. Inilah pondasi dasar dari marketing sosial media.

3. Menulislah dengan rutin, bertema, dan terjadwal, sehingga pembaca bersedia mengunjungi blog anda lagi dan lagi.

4. Belajarlah menulis headline/judul yang dapat menarik orang lain untuk membaca sisa artikel anda.

5. Tempatkan tombol Retweet di samping judul dan di bagian bawah post anda.

6. Tempatkan pula sebuah tombol Facebook Share di atas dan di bawah setiap post.

7. Pasang Facebook ‘like box’ pada bagian paling terlihat di sidebar blog anda, sehingga pembaca anda dapat ‘Like’ Facebook Page anda sembari membaca tulisan blog anda.

8. Buat “subscribe via email” atau “subscribe via RSS” anda bisa bekerja dengan sesempurna mungkin.

9. Sebarkan newsletter pada subscriber anda di mana di dalamnya tertera alamat Facebook ‘Page’ anda.

10. Tinggalkan komentar di blog milik blogger lain yang mengangkat tema yang sama dengan anda.

11. Tawarkan untuk menjadi contributor pada blog milik blogger populer lainnya, kemudian pasang backlink di setiap artikel anda sebagai bagian dari perjanjian.

12. Setelah anda dapat mengumpulkan trafik, award dan follower, pamerkan di blog anda untuk meningkatkan status.

13. Sekarang kita lanjut ke Facebook Marketing. Kita mulai dengan mendaftarkan akun baru. Gunakan model akun biasa untuk keperluan personal, dan gunakan model Facebook Page untuk bisnis anda.

14. Add friend sebanyak mungkin di akun personal untuk membangun jaringan. Pasang foto asli anda dengan gaya yang paling menarik. Jangan buat akun palsu. Sebab pengguna Facebook kini sudah pintar. Dan tidak ada siapapun yang suka dibohongi.

15. Jika sahabat anda sudah terkumpul banyak, undang mereka untuk Like Facebook Page anda.

16. Mengelola Fans Page perlu komitmen. Anda harus rutin update informasi di dalamnya.

17. Informasi-informasi anda tidak boleh monoton. Misalnya tentang produk atau promo saja. Anda bisa lebih informatif dan santai dengan update status jenis lain seperti konsultasi, tips trik, breaking news, hingga foto lucu 9gag. Namun ingat, komposisinya harus pas.

18. Update status Facebook ‘Page’ segera setiap kali artikel baru di blog selesai diposting.

19. Fans Page punya fitur statistik. Misalnya berapa total view status yang anda buat dan demografi dari likers Facebook anda. Di sini, status yang anda buat bisa lebih segmented.

20. Selenggarakan kompetisi Like berhadiah di Facebook ‘Page’ anda. Atau tawarkan barang gratis, misalnya 1 like 1 pembersih wajah.

21. Respon semua komentar dan reply setiap pesan yang masuk ke Facebook Page anda segera.

22. Buat sebuah polling pada status anda (fitur polling di atas kotak ‘Write something’) untuk membangun engagement dari audiens anda.

23. Gunakan tab custom sebagai landing page anda. Di dalamnya bisa berisi video atau penawaran menarik seperti voucher.

24. Regenerasi likers Facebook. Karena likers anda setahun yang lalu, belum tentu mereka aktif hari ini. Bisa jadi mereka jatuh ke kategori golongan tidak aktif.

25. Berikutnya kita lanjut ke bagian Twitter Marketing. Jika Anda belum punya akun Twitter untuk bisnis, sekarang juga daftarkan akun Anda. Karena username Twitter sama halnya seperti nama domain. Yaitu siapa cepat, dia dapat yang bagus.

26. Dapatkan sebanyak mungkin Follower. Kuantitas yang terpenting.

27. Follow mereka-mereka yang jadi target market anda. Gunakan tools seperti Twellow.com atau manageflitter.com untuk menemukan akun-akun tersebut.

28. Follow lebih dari seribu akun. Minta Follback. Semakin banyak Following, halaman muka anda memang akan semakin sesak dengan informasi tidak penting (status galau dan curhatan). Tidak apa-apa. Semakin banyak Follower, semakin luas jangkauan pesan anda.

29. Apabila anda merasa ‘perlu mendengar’ dari motivator-motivator, maka buat saja akun pribadi yang khusus Follow akun yang anda anggap anda ingin dengar pendapatnya.

30. Jika anda gunakan trik ini, jangan sampai anda Unfollow setelahnya. Kredibilitas brand anda yang dipertaruhkan di sini. Anda harus hati-hati bahwa kebencian mampu menyebar dengan cepat di Twitter.

31. Setelah Twitter anda terkumpul sekian banyak Follower, sekarang saatnya untuk RUTIN membuat tweet-tweet segar tentang tips-tips yang berkaitan dengan produk Anda atau sekedar jokes. Sertakan link ke website Anda.

32. Sertakan pula hashtag yang pas dengan tweet anda, misalnya #hosting #domain.

33. Bagikan konten pada akun-akun penting yang berkaitan dengan cara mention Twitter mereka. Misalnya @jagoanhosting. Apabila mereka suka, mereka akan Retweet konten anda ke Follower mereka. Promosi gratis bagi anda.

34. Gunakan tools seperti Twitterfeed.com untuk melakukan tweet otomatis setiap kali ada update baru di blog anda.

35. Gunakan Twitterfeed.com pula untuk tweet otomatis konten-konten dari blogger lain yang anda percayai.

36. Dokumentasikan percakapan anda melalui fitur Archive di dalam Twitter (klik menu Setting).

37. Gunakan jasa khusus Twitter Booster. Salah satunya woroworo.com.

38. Kebencian memang mampu menyebar dengan cepat di Twitter. Namun Cinta dapat menyebar dengan lebih cepat.

39. Terakhir, kita masuk ke Google+ & Youtube Marketing. Jika anda sudah punya GMAIL, maka sekarang juga anda bisa membuat akun Google+, akun Youtube, dan berbagai produk Google lainnya yang sudah terintegrasi jadi satu.

40. Update Google+ anda dengan informasi yang penting & menghibur, kemudian Add sebanyak mungkin user lain ke Circle anda. Jika mereka tertarik dengan update Google+ anda, mereka akan menambahkan anda ke Circle mereka.

41. Dengan fungsi Google+ Your World, SEO anda akan terbantu. Misalnya anda punya akun Google+ dengan circle-circle. Jika anda search “John Smith” di Google (ada sejuta orang di Amerika dengan nama John Smith). Maka yang akan ditampilkan pertama kali adalah John Smith yang punya paling banyak kaitan dengan circle-circle anda.

42. Maka semakin tinggi visibility anda di Google+, semakin tinggi pula visibility anda di pencarian Google.

43. Keuntungan lain Google+ adalah Google Authorship. Ketika melakukan pencarian, anda mungkin sering menemukan foto penulis yang dipampang di samping hasil pencarian. Inilah Google Authorship. Syarat utamanya adalah memiliki akun Google+.

44. Melalui fitur “Local” pada Google+, user  bisa saling berbagi rekomendasi mengenai tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi. Rekomendasi – rekomendasi ini akan ditampilkan apabila Anda klik menu “Local” di dalam Google+.

45. Youtube Marketing pada dasarnya sama seperti ngeblog. Namun di samping menyediakan konten tertulis, konten anda dikemas dalam bentuk video yang berkualitas.

46. Wawancarai figur-figur penting di dunia nyata. Atau liput fenomena terkini dengan gaya anda sendiri, tanpa gimmick dari penyedia berita lainnya.

47. Tulis headline yang sesuai dengan keyword bisnis anda. Tulis dengan gaya yang menggoda agar user mau memutar video anda.

48. Sertakan link yang mengarah ke website/blog anda di bagian profil dan deskripsi.

49. Share otomatis ke sosial media anda setiap kali selesai posting video terbaru (Temukan di menu Account settings > Activity Sharing).

50. Gunakan sosial media lain yang non mainstream, namun punya banyak user seperti LinkedIn, Tumblr, Pinterest, Slideshare, hingga Deviantart. Eksplor lebih jauh untuk mendatangkan semakin banyak Lead Generation (total pengunjung) bagi bisnis anda. Selamat mencoba ;-) [Team JagoanWeb.com]

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *