Leadership

6 Cara Master SEO Tanpa Google Analytics

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

SEO atau yang biasa kita kenal dengan Seach Engine Optimization adalah sebuah kebutuhan bagi bisnis untuk bisa mendapatkan banyak customer. Dari mana bisa? Kebanyakan enterpreneur akan membuat konten atau sebuah tulisan yang didalamnya berisi kata – kata yang akan menarik perhatian customer. Kata – kata tersebut adalah sebuah kata kunci yang dibutuhkan dan banyak dicari oleh masyarakat. Inilah yang lebih dikenal dengan sebutan SEO. Dan salah satu kebutuhan akan itu adalah penggunaan Google Analytics. Dengan Google Analytics ini, kita bisa melihat bagaimana kata – kata yang bisa kita gunakan untuk SEO. Mungkin ada yang bilang ini lebih rumit dan membuat banyak waktu. Dan jika memang demikian, maka Anda bisa coba dengan 6 cara mudah berikut untuk membuat SEO tanpa adanya Google Analytics yang digunakan.

1. Berbicara dengan customer

Selama ini kita berfikir untuk memaksimalkan SEO bagi bisnis kita tentu sangat membutuhkan waktu yang banyak. Selain harus mencari banyak kata kunci dan memaksimalkan konten untuk dapat menaiki peringkat pertama di Google, kita juga harus terus menganalisa SEO kita melalui Google Analytics. Tapi sebenarnya ada cara yang paling mudah dan saya yakin semua orang bisa melakukannya, apalagi jika bukan dengan berbicara langsung dengan customer.

Menjalin komunikasi dengan customer memberikan penilaian dan keuntungan tersendiri bagi kita. Kita bisa mendapatkan banyak cerita dan feed back saat melakukan komunikasi dengan pelanggan. SEO pun juga akan berjalan dengan mudah. Interaksi yang terjalin secara langsung akan membuat Anda lebih dekat dengan semua customer Anda. Dan ini pastinya akan mempermudah proses Anda dalam memaksimalkan SEO bisnis Anda.

2. Fokus pada konten yang relevan

Tetap kembali kepada penggunaan konten sebagai media menyampai SEO dan penarik perhatian bagi seluruh customer. Di dunia digital seperti sekarang ini, masyarakat suka menggunakan apapun yang berbau instan, salah satunya yaitu dengan mendapatkan dan mencari segala informasi melalui internet. Pembuatan konten bisnis yang relevan, ditambah dengan masuknya berbagai kata kunci untuk peningkatan SEO Anda, maka akan membuat customer mudah untuk menemukan bisnis Anda. Pastikan kata kunci yang dibuat adalah kata kunci yang banyak digunakan dan dicari oleh masyarakat, dan tentu saja yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Contonya, untuk berbisnis di dunia digital seperti halnya hosting, Anda bisa menggunakan kata kunci yang bisa Anda cari melalui Google Trends atau melalui survey Anda sendiri. Ada banyak kata kunci yang bisa digunakan, seperti Hosting Indonesia Terbaik, Web Hosting Indonesia Terbaik, Jasa Web Hosting Indonesia, dan lain sebagainya. Ini kemudian yang bisa Anda kembangkan menjadi suatu artikel konten yang relevan dan menarik perhatian customer.

3. Memantau backlink

Dalam pemanfaatan konten dalam bentuk artikel, salah satu hal yang perlu mendapat perhatian lebih adalah adanya backlink dalam kata – katanya. Jika ada kata kunci yang Anda gunakan untuk SEO bisnis Anda, jangan lupa untuk memberinya sebuah backlink yang tertuju pada konten produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ini akan jelas memberikan kemudahan kepada customer untuk menemukan apa yang Anda tawarkan, bukan hanya apa yang Anda bicarakan.

Pantau terus backlink yang ada pada setiap konten yang Anda buat. Anda juga bisa memberikan sebuah backlink kepada artikel konten Anda lainnya. Kali ini bertujuan untuk lebih meningkatkan jumlah traffic pengunjung website Anda. Ketika pengunjung sudah banyak, maka kemungkinan besar Anda dalam mendapatkan customer juga akan semakin banyak.

4. Maksimalkan sosial media

Siapa bilang konten hanya bisa kita buat pada suatu halaman website ataupun blog. Sosial media juga memiliki wadah bagi kita untuk membuat konten bagi bisnis. Salah satunya yaitu dengan membuat sebuah halaman Fanpage Facebook bisnis kita. Di sana kita bisa menuliskan konten – konten menarik yang berhubungan dengan bisnis kita. Bisa mulai dari informasi umum, hingga pada sebuah konten penawaran. Dengan adanya Fanpase Facebook ini Anda bisa berkomunikasi dengan lebih mudah bersama dengan banyak customer Anda. Tentu itu sangat membantu Anda agar lebih dekat dengan customer Anda.

5. Gunakan alat untuk menganalisis anchor text

Untuk yang satu ini Anda tidak membutuhkan sebuah data dan analisis Google yang dapat membantu Anda dalam memahami pertumbuhan organik perusahaan Anda. Anda bisa menggunakan CognitiveSEO untuk dapat mengetahui anchor text yang sedang digunakan pembaca ketika ia mengembalikan link ke website Anda. Ini akan membantu Anda melihat istilah apa yang mendapat perhatian besar, sehingga penulis Anda dapat fokus untuk mengembangkan itu menjadi konten yang berkualitas.

6. Tetap informatif

Pembuatan sebuah konten bukan hanya harus relevan dan menarik, tetapi tetap harus informatif terhadap kebutuhan para customer. Kita bisa saja membuat banyak konten yang memang bertujuan untuk menarik perhatian customer untuk dapat  membeli produk kita. Tapi mereka akan bosan dan jenuh, ketika konten yang disajikan hanya muluk – muluk promosi. Berikan sebuah jeda untuk informasi apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Ini lebih bertujuan untuk menarik perhatian mereka terlebih dahulu, lalu kemudian kita bisa menambahkan kata – kata penjualan.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Cara Mengalahkan Pesaing Bisnis Lewat Optimasi SEO

Ilmu SEO Dasar yang Bisa Diterapkan di Website Anda

100 Website Paling Banyak Dicari oleh Netizens

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

2 komentar

  • 24 October 2014 - pukul 8:11

    saya sangat sepakat soal konten yang relevan karena dengan demikian bouncerate akan bisa di minimalisir dan jika semakin kecil persentasenya maka akan berdampak pada SERP-nya…post terus gan…!

    • Administrator
      24 October 2014 - pukul 8:52

      Siap Gan :D

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *